Blogger Jateng

Obyek Wisata Sindangwangi Majalengka; Inilah Tips Bagi Yang Hendak Berkunjung

Akhir pekan adalah momen yang tepat untuk berlibur. Di akhir kesibukan akan pekerjaan, bolehlah kiranya sehari dua dimanfaatkan untuk mengunjungi sanak saudara atau tempat wisata atau kedua-duanya. Hal itu dilakukan tentu untuk merefresh kembali otak dan pikiran. Suasana baru, lingkungan atau pemandangan baru dapat mendatangkan energi positif, apalagi jenis wisata alam.

Ada beberapa orang di antara kita yang memilih berlibur ke tempat wisata. Terutama tempat wisata yang dekat dengan domisili. Di samping secara jarak lebih dekat, dompet yang dirogoh juga tidak terlalu dalam. Keindahan alam atau keasyikan juga tidak kalah dengan tempat-tempat wisata yang jauh atau yang wah. Tren memang kini orang berdarma wisata alam yang ada di pedesaan.

Kebetulan saya adalah warga kecamatan sindangwangi Majalengka. Untuk tempat wisata di daerah saya, telah ada banyak tempat wisata yang baru dibuka yang daya tariknya tak kalah dengan yang lain. Bahkan kecamatan Sindangwangi telah mengikrarkan diri sebagai wilayah Kawitwangi yaitu kependekan dari kawasan wisata Sindangwangi. Sebut saja di desa Bantaragung ada objek wisata curug Cipeuteuy, Awi Lega, Ciboer, di desa Padaherang ada Situ Cikuda, di Desa Lengkong ada telaga Pancar, di jerukleueut Ada talaga herang dan telaga beunteur, di desa Ujungberung ada Wisata Kebun Durian. Di tambah daerah sekitar misalnya di desa Pajajar ada Petilasan Mbah Prabu Siliwangi, di Rajagaluh ada bendungan Sindangpano dan di desa payung ada Cikadingdong dan Batu Nyongclo. Tempat-tempat wisata tersebut banyak menarik masyarakat untuk berkunjung.

Berikut adalah tips sederhana ketika hendak berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Majalengka lebih khususnya di Sindangwangi.

Pertama, perbekalan sederhana. Jas hujan, minuman atau makanan ringan. Tidak usah terlalu ribet bawa banyak bekal. Sebab di tempat-tempat wisata sindangwangi juga tersedia banyak warung. Dan, ini kelebihannya, di warung-warung itu harga makanannya terjangkau sekali alias murah. Tidak seperti tempat wisata di daerah lain yang kadang harga makanan dua atau tiga kali lipat lebih mahal. Harga makanan di wisata sindangwangi sama persis dengan harga warung biasa atau harga pasaran umum. Jadi anda tidak perlu khawatir tertipu dengan harga ketika berwisata di sindangwangi.

Kedua, gunakan motor atau mobil yang sehat. Makaudnya memang karena medan yang ditempuh adalah tanjakkan yang kadang curam. Apalagi jika di musim penghujan.

Ketiga, menghormati kearifan lokal budaya. Yaitu dengan cara berperilaku sopan dan santun baik terhadap masyarakat lokal maupun alam lingkungan wisata dengan tidak merusak dan mengotori atau menjadikannya tempat maksiat.

Keempat, sinyal operator agak susah. Tapi masih tetep ada. Cuma agak susah. So, anda lebih tahu apa yang harus dipersiapkan.

Kelima, ingat keamanan kendaraan selama berwisata. Meski pedesaan atau pegunungan, tak ada salahnya tetap waspada dan mengunci ganda kendaraan.

Keenam, jangan sembarangan berbuat atau berbicara di tempat-tempat tertentu seperti air atau batu. Dikhawatirkan ada makhluk selain manusia yang terusik. Sebaiknya menjaga ucapan dan perilaku dan menyisipkan kata permisi jika terpaksa melewati atau menempati tempat-tempat sejenis air atau batu tadi yang saya sebutkan.

Ketujuh, bolehlah membawa oleh-oleh khas seperti buah durian. Cinderamata yang menunjukkan pada oranglain bahwa anda telah berkunjung ke wisata Sundangwangi. Yang terakhir ini mungkin tips cocok untuk para wisatawan jauh dari wilayah sindangwangi.