Blogger Jateng

Blog Bagi Pemula Yang hebat

Apa itu blog?
Bagi pemula, penting mengetahui apa itu blog. Menurut saya, blog itu nuku catatan. Semua orang tentu punya. Tapi ada juga yang tidak punya. Ya semacam dokumentasi namun berupa tulisan. Bisa juga ditambahkan foto atau video.
Apakah catatan itu penting? Tentu jawabannya iya. Sebab zaman sekarang apa-apa kalau tidak dicatat lupa. Kalau tidak dicatat tak ada bukti. Jadi harus dicatat. Agar tidak punah.

Pikiran itu anugerah. Apalagi pikiran positif. Jadi baik pula mencatatkannya di blog.

Mengapa harus blog?
Sebenarnya bisa juga di wordpress. Tapi kebetulan penulis sukanya blog ya nulisnya di blog.

Bisa juga di situs seperti yang berakhiran .net atau .id atau .com. Tapi hostingnya berbayar. Kalau blogger kan gratis tis tis. Hehe..

Apa saja isinya?
Ya isinya bisa macem-macem. Ada yang isinya pengalaman pribadi, ada yang pemikiran, hasil kajian, syair, berita, cerpen, curhatan, pelajaran, konsultasi, bisnis berdagang, dan lain sebagainya. Tergantung kitanya lho yang bikin. Ada juga yang campur-campur. Karena kadang yang campur itu enak seperti es campur.

Apa manfaatnya?
Manfaatnya ya pikiran dan gagasn kita tidak hilang ditelan zaman. Atau, pikiran dan ide kita bisa dibaca orang dan bermanfaat bagi orang tersebut.

Bisa juga manfaat finansial. Tapi itu nomer dua. Yang terpenting adalah kita menulis yang kita pikirkan atau kita rasakan. Dengan harapan bisa diambil manfaatnya oleh orang lain.

Misalnya kita tuangkan pikiran kita berhubungan dengan mata pelajaran anak-anak siswa. Maka manfaatnya akan terasa bagi mereka. Misalnya meringankan tugas siswa dari guru karena terbantu tulisan atau artikel kita.

Bagaimana membuat blog?
Nah untuk pertanyaan ini jawabannya bisa anda langsung praktik melalui tutorial ahlinya. Kebetulan saya belajar dari para senior seperti kang rohman bandung KR TUTORIAL. Atau dari mas sugeng yang link nya saya bagikan di sini buat kalian para pemula yang minat dg dunia dokumentasi dan kepenulisan dan memulai hidup sebagai blogger.

Berikut link nya selamat belajar
Tutorial Membuat Blog Oleh Mas Sugeng