Blogger Jateng

Download Soal Tes SKB CPNS 2018, Begini Cara Menyiasatinya

Saya ucapkan selamat bagi anda yang lulus tes seleksi CPNS tahap pertama atau biasa disebut Tes Kompetensi Dasar (TKD). 

Tentunya itu adalah hasil perjuangan anda dibantu dengan support orang-orang di sekitar anda. Namun perjuangan belum selesai. Ada satu tahap lagi untuk menjadi PNS, Yaitu LULUS tes SKB (seleksi kompetensi bidang).

Download Materi Tes SKB CPNS bid. GURU PAI gratis

Bagaiamana lika-liku tes SKB dari mulai persiapan teknis tidak akan dibahas di sini. Di sini saya hanya akan membahas strategi soal SKB yang nanti akan di hadapi. 

Pertama, soal akan berkaitan dengan kompetensi bidang formasi yang dilamar. Misalnya guru Agama. Maka soal-soal tes SKB akan berkutat masalah metode penbelajaran, administrasi guru, kurikulum, materi keagamaan seperti ayat dan hadits. 

Penguasaan materi tes SKB sebagaimana saya gambarkan singkat itu perlu dikuasai oleh peserta. Sebab akan menentukan kecepatan dalan mengerjakan soal. 


Dari informasi resmi bahwa Tes SKB akan terdiri dari 100 soal pilihan ganda. Sementara durasi waktu yang disediakan hanya 90 menit alias 1,5 jam. Itu artinya setiap peserta harus menyelesaikan tiap satu soal kurang dari satu menit. Makanya penting penguasaan materi demi mengotimalkan kecepatan. 


Cara menghafal materi bisa melalui catatan kecil atau rangkuman. Misalnya soal tes SKB untuk guru Pendidikan Agama Islam dengan membuat catatan:
-ayat tentang pendidikan anak
-ayat tentang ilmu pengetahuan
-hadits tentang ilmu
-hadits tentang belajar
-sedikit tentang sejarah pendidikan islam

Prediksi SKB 2020 Berdasarkan Lulus Tes SKB 2019
Catatan materi tes SKB yang sudah dicatat itu dipelajari dalam semalam atau dengan cara ditempel di depan meja kerja anda. Atau ditempel di tempat yang biasa anda duduki misalnya di dapur bagi ibu-ibu atau di samping televisi.

Kedua, pada saat mengerjakan soal tes SKD CPNS hendaknya memilih untuk mengerjakan soal yang mudah dulu. Yang sekiranya sulit ditinggalkan untuk dikerjakan nanti. Lagi-lagi cara ini untuk mengejar waktu. 

Ketiga, ulangi semua soal dan teliti. Soal-soal yang belum dikerjakan agar dikerjakan dan diisi. Meskipun ternyata soal tersebut sulit akan tetapi harus dikerjakan. Siapa tahu saja hawabannya benar. Sebab sistem penilaiannya tidak memberlakukan skor -1 bagi soal yang salah jawabannya. Jadi tidak ada resiko pengurangan nilai jika pun anda salah mengisi jawaban. 

Keempat, konsentrasi penuh dan jangan ada sedikitpun keinginan untuk tengok kanan kiri. Hal itu akan mengganggu konsentrasi anda. 

Kelima, waktu harus habis. Artinya, ketika anda telah selesai mengerjakan soal dengan penuh percaya diri, lalu ada sisa waktu maka manfaatkan untuk memahami dan mengulang beberapa soal yanh sulit. 

Terakhir, taris nafas dalam-dalam sebelum mengerjakan soal dan berdoalah pada Tuhan dengan doa-doa yang baik sehingga diberikan kesehatan dan tak ada aral rintangan serta mendapatkan nilai yang tinggi. 

Mengenai soal-soal latihan tes SKD CPNS dapat diunduh GRATIS Pada artikel saya beberapa hari yang lalu. Silakan ditelusuri.