- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 2
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 3
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 4
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 5
MODUL
AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI
I.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Asep Saepulah, S.Pd.I
Nama
Sekolah : SDN Pesantren
Tahun
Penyusunan : 2022
Modul Ajar : PAIdBP
Fase/Kelas : B/IV
Alokasi
Waktu : 8 JP x 35 menit
(3 Pertemuan)
B. KOMPETENSI
AWAL
1.
Peserta
didik dapat memahami tanda-tanda usia balig serta membiasakan sikap bersyukur,
taat beribadah dan bertanggung jawab.
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6.
Kreatif
dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang
berhubungan dengan topik materi.
D. SARANA DAN
PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan
Bahan :
a.
PAI Kelas
IV
b.
Worksheet
untuk tugas kelompok
c.
Stick (tongkat
kecil)
d.
LCD
Projector
e.
Laptop
3.
Materi dan
Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
E. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F. Model
Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik
mampu:
1.
Menyebutkan
tanda-tanda usia balig atau kedewasaan
menurut ilmu fikih dengan benar.
2.
Menyebutkan
tanda-tanda usia balig atau kedewasaan menurut ilmu biologi dengan benar.
3.
Membuat
paparan mengenai tanda-tanda usia balig dalam pandangan ilmu fikih dan ilmu
biologi dengan benar.
4.
Membiasakan
sikap bersyukur, taat beribadah dan bertanggung jawab.
B.
Capaian
Pembelajaran:
1.
Melaksanakan
puasa, salat jumat dan salat sunnah
dengan baik.
2.
Memahami
konsep balig dan tanggung jawab yang
menyertainya (taklif).
C. Pemahaman
Bermakna
1.
Mengetahui
tanda-tanda balig dan dalil-dalilnya dengan baik dan benar.
D. Pertanyaan
Pemantik
1.
Apakah
kalian telah mengetahui tanda-tanda balig menurut fikih? Apakah ada perbedaan
antara anak laki-laki dan perempuan?
2.
Tahukah
kalian tanda-tanda anak laki-laki yang masuk masa puber?
3.
Dapatkah
kalian menemukan contoh kewajiban pada anak balig pada aspek aqidah, ibadah dan
akhlak?
E. Persiapan
Pembelajaran
1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan
buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati
peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 4.3. 2.
Peserta
didik membaca dan memahami kisah tentang mimpi basah pada buku siswa. 3.
Guru
menyiapkan sebuah tongkat (satu kelas), lalu memberikan kepada peserta didik
secara acak dan bergiliran, setelah itu guru memberikan pertanyaan atau
memberikan kesempatan untuk menceritakan kisah yang telah dikuasainya. 4.
Peserta
didik yang memegang tongkat harus menjawab atau menjelaskannya, demikian
seterusnya hingga sebagian besar peserta didik mendapat tugas untuk menjawab
pertanyaan atau menceritakan kisah tersebut. 5.
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang pengertian mimpi basah pada rubrik
Aktivitasku. 6.
Guru
dapat berinovasi agar pembelajaran tidak membosankan. Misalnya dengan ice
breaking yang menghibur atau iringan instrumen lagu pada metode talking
stick. 7.
Peserta
didik berburu cerita terkait
pengalaman bermimpi basah sesuai petunjuk di buku siswa pada Aktivitas
Kelompok. 8.
Peserta
didik membaca dan memahami kisah tentang haid (menstruasi) bagi anak
perempuan pada buku siswa. 9.
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang pengertian haid pada rubrik Aktivitasku. 10. Peserta didik berburu cerita terkait pengalaman
pertama haid sesuai petunjuk di buku siswa pada Aktivitas Kelompok. 11. Peserta didik mempelajari materi tanda ke 3 usia
balig yakni berumur lima belas tahun dalam hitungan kalender hijriyah pada
buku siswa. 12. Pada materi tata cara mandi wajib, guru
mendemonstrasikan tata cara mandi sesuai urutan di buku siswa, lalu peserta
didik mempraktikkan tata cara mandi wajib bagi yang berhadas besar. 13. Peserta didik membaca larangan-larangan bagi orang
yang berhadas besar, lalu menyebutkan hal-hal yang dilarang bagi orang yang
berhadas besar dengan metode artikulasi. 14. Guru bersama peserta didik meyegarkan suasana
belajar dengan tepuk pada rubrik Ayo Tepuk. Guru dapat memodifikasi dan
mengimprovisasi kegiatan ini supaya peserta didik semakin senang dan semangat
belajar. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang tanda-tanda usia balig menurut ilmu fikih. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu biologi. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Kedua (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membaca teks tentang tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu biologi
pada buku siswa. 2.
Peserta
didik mengamati Gambar 4.4 dalam buku siswa. 3.
Guru
menjelaskan terkait mengenal masa puber melalui tanda-tandanya bagi anak
laki-laki. 4.
Peserta
didik mencari tanda-tanda puber bagi anak laki-laki dari berbagai sumber buku
atau internet pada rubrik Aktivitasku. 5.
Peserta
didik mengamati Gambar 4.5 dalam buku siswa. 6.
Guru
menjelaskan terkait mengenal masa puber melalui tanda-tandanya bagi anak
perempuan. 7.
Peserta
didik mencari tanda-tanda puber bagi anak perempuan dari berbagai sumber buku
atau internet pada rubrik Aktivitasku. 8.
Peserta
didik secara berkelompok membuat paparan tentang tanda-tanda balig dalam ilmu fikih dan biologi sesuai
petunjuk di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu biologi. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang kewajiban
setelah usia balig. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Ketiga (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati
peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membaca teks pelajaran kewajiban setelah usia balig dalam buku siswa,
lalu guru menjelaskan terkait materi tersebut. 2.
Peserta
didik mencari beberapa contoh aturan terkait aqidah, ibadah dan akhlak sesuai
petunjuk di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. 3.
Peserta
didik membaca dan memahami aturan-aturan yang wajib dipatuhi dalam buku
siswa. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang kewajiban setelah
usia balig. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G. Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan
pemantik sebelum pembelajaran dimulai. ·
Tanya
jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami tanda-tanda usia
balig atau kedewasaan dengan benar serta kewajiban bagi anak yang telah
balig. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (isian jawaban singkat
dan uraian) |
H. Kegiatan
Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan
remedial:
Peserta didik yang
hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan
pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk
memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan
pengayaan:
Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi
Peserta Didik
Pertanyaan refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Apakah kalian mengetahui tanda-tanda balig
menurut fikih |
|
|
|
Sudahkah kalian tahu apa perbedaan antara anak
laki-laki dan perempuan |
|
|
|
Sudahkah kalian mengetahui tanda-tanda balig
menurut biologi |
|
|
|
Apakah kalian sudah mengetahui
kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh anak yang telah balig |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari
ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi
Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh
kegiatan ini? |
Apabila bisa diulang apa yang akan
dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami oleh
peserta didik? |
III.
LAMPIRAN
A. Penilaian
1. Penilaian
Diagnostik
a.
Diagnostik
Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan
psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar
di rumah, kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan
sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1.
Apakah
kalian telah mengetahui tanda-tanda balig menurut fikih? Apakah ada perbedaan
antara anak laki-laki dan perempuan?
2.
Tahukah
kalian tanda-tanda anak laki-laki yang masuk masa puber?
3.
Dapatkah
kalian menemukan contoh kewajiban pada anak balig pada aspek aqidah, ibadah dan
akhlak?
2. Penilaian
Formatif
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku memahami tanda-tanda balig
merupakan salah satu perkara penting, karena kewajiban-kewajiban syariat yang
dikaitkan dengannya. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku memahami tanda-tanda balig
merupakan salah satu perkara penting, karena kewajiban-kewajiban syariat yang
dikaitkan dengannya. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku menunjukkan sikap menjadi pribadi
yang pandai bersyukur, rajin beribadah dan
tanggung jawab. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku menunjukkan sikap menjadi
pribadi yang pandai bersyukur, rajin beribadah dan tanggung jawab. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian
Keterampilan
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
1. |
Menyanyikan
Tepuk Tanda Dewasa |
|
|
|
|
|
2. |
Menunjukkan
sikap bersyukur, rajin beribadah dan
tanggung jawab |
|
|
|
|
|
Skor 4 diberikan apabila peserta didik
memenuhi empat kriteria.
·
Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga
kriteria.
·
Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua
kriteria.
·
Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu
kriteria.
·
Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu
memenuhi kriteria sama sekali.
Contoh kriteria: benar dan jelas.
Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk
mengembangkan instrumen penilaian sendiri.
c.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
a.
Buatlah
kesimpulan tentang pengertian mimpi basah!
b.
Buatlah
kesimpulan tentang pengertian haid!
Kunci jawaban
a.
Mimpi basah
ialah mimpi yang berisi kegiatan seksual dan menyebabkan keluarnya air mani.
b.
Haid ialah
darah yang keluar dari rahim perempuan setelah usia balig dengan cara yang
normal pada waktu tertentu tanpa ada sebab-sebab tertentu.
Penilaian hasil kerja
individu
No |
Nama siswa |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Bahasa |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua jawaban benar/tepat |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh jawaban benar. |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
8
Penilaian
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
................ |
|
|
|
|
2 |
................ |
|
|
|
|
3 |
................ |
|
|
|
|
4 |
................ |
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Kelompok |
Aspek yang Dinilai (Skor Maksimal 4) |
Jumlah Nilai |
||
Pedoman Wawancara |
Sumber Data |
Laporan Wawancara |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat baik |
Aspek yang dinilai (pedoman
wawancara, sumber data dan laporan wawancara) benar |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar aspek yang dinilai
(pedoman wawancara, sumber data dan laporan wawancara) benar |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh aspek yang dinilai
(pedoman wawancara, sumber data dan laporan wawancara) benar |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil aspek yang dinilai
(pedoman wawancara, sumber data dan laporan wawancara) benar |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Aktivitas Pembelajaran 2 :
a.
Carilah
tanda-tanda puber bagi anak laki-laki dari berbagai sumber seperti buku atau
internet!
b.
Carilah
tanda-tanda puber bagi anak perempuan dari berbagai sumber seperti buku atau
internet!
Kunci
jawaban
a.
Tanda puber
pada anak laki-laki
1)
Bentuk
tubuh berubah
2)
Perubahan
suara
3)
Tumbuh
jerawat
4)
Dst.
Nilai Akhir
: 5 x 20 = 10
b.
Tanda puber
pada anak perempuan
1)
Payudara
membesar
2)
Tumbuh bulu
ketiak
3)
Tumbuh bulu
di kemaluan
4)
Dst.
Nilai Akhir
: 5 x 20 = 100
Penilaian
Kelompok
Membuat paparan tentang tanda-tanda balig menurut ilmu
fikih dan biologi.
Tanda Balig Menurut Ilmu Fikih
1.
Mimpi basah
(laki-laki dan perempuan).
2.
Haid
(perempuan).
3.
Berumur
lima belas tahun menurut kalender hijriyah (laki-laki dan perempuan).
Tanda
Balig Menurut Ilmu Biologi
Laki-laki:
Perubahan
fisik:
a.
Wajah yang
ditumbuhi jambang, kumis dan jenggot.
b.
Tumbuh
rambut alat kelamin dan rambut ketiak.
c.
Badan
tampak lebih kekar dan berotot.
d.
Tumbuh
jakun.
e.
Suaranya
terdengar lebih berat.
f.
Pertumbuhan
badan bertambah cepat/cepat besar.
g.
Gerak
menjadi lebih aktif.
h.
Nafsu makan
meningkat, makan lebih banyak.
Perkembangan
mental:
a.
Laki-laki
menjadi cenderung bersikap cuek, tenang, dan rasional.
b.
Bila
mengalami masalah, maka ia cenderung diam dan menyelesaikan secara praktis.
Perempuan:
Perubahan
fisik:
a.
Haid.
b.
Membesarnya
pinggul dan payudara,
c.
Tumbuh
rambut pada alat kelamin dan ketiak.
d.
Kulit
perempuan lenih halus dibanding laki-laki.
e.
Suaranya
tmenjadi lebih merdu
f.
Pertumbuhan
badan bertambah cepat/cepat besar.
g.
Gerak
menjadi lebih aktif,
h.
Nafsu makan
meningkat, makan lebih banyak.
Perkembangan
mental:
a.
Perempuan
menjadi cenderung mengutamakan perasaan, ingin dimanja dan penuh perhatian.
b.
Apabila menghadapi
sebuah masalah ia mudah menangis, mengadu, atau menyesali diri.
Penilaian kinerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
............... |
|
|
|
|
2 |
............... |
|
|
|
|
3 |
............... |
|
|
|
|
4 |
............... |
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban berdasar materi pelajaran |
Estetika (nilai seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1. |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2. |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3. |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4. |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
Peserta didik mengerjakan tugas
kelompok yaitu menemukan contoh kewajiban pada anak balig pada aspek aqidah,
ibadah dan akhlak. Masing-masing menemukan 4 contoh pada masing-masing aspek.
Pedoman
Skor: setiap 1 jawaban mempunyai skor 2
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
24
3. Penilaian
Sumatif
A.
Isilah
titik-titik berikut dengan tepat!
1.
Balig
secara bahasa berarti ....
2.
Cermati tanda-tanda
balig berikut!
a.
Mimpi basah
b.
Haid
c.
Berumur 15
tahun
Tanda-tanda
balig pada daftar tersebut yang terjadi pada anak laki-laki dan perempuan
adalah ....
3.
Ilmu yang
mempelajari tentang makhluk hidup disebut ....
4.
Hormon yang
berfungsi untuk pembentukan sperma di dalam testis yaitu ....
5.
Anak yang
sudah balig disebut mukalaf. Mukalaf artinya ....
B.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Sebutkan
tanda-tanda balig dalam pendangan ilmu fikih!
2.
Jelaskan
pengertian haid menurut ilmu biologi?
3.
Bagaimana
perubahan fisik pada anak laki-laki dan perempuan yang memasuki masa puber?
4.
Bagaimana
perubahan mental pada anak laki-laki dan perempuan yang memasuki masa puber?
5.
Sebutkan 5
contoh kewajiban yang harus dilakukan anak setelah memasuki usia balig!
Kunci
Jawaban
A.
Isian
Pedoman skor
No |
Jawaban |
Skor |
1 |
Sampai |
2 |
2 |
a dan c |
4 |
3 |
Biologi |
2 |
4 |
Testosteron |
2 |
5 |
Orang dewasa yang wajib
menjalankan hukum agama |
5 |
Jumlah |
15 |
B.
Uraian
Pedoman skor
No |
Jawaban |
Skor |
1 |
Mimpi basah, haid dan berumur 15
tahun (hijriyah) |
6 |
2 |
Haid adalah luruhnya sel telur
(ovum) karena tidak dibuahi sperma bersama dengan lapisan dinding rahim.
Peristiwa ini ditandai dengan keluarnya darah melalui alat kelamin perempuan |
8 |
3 |
Perubahan fisik: Laki-laki ü
Wajah
yang ditumbuhi jambang, kumis dan jenggot ü
Tumbuh
rambut alat kelamin dan rambut ketiak ü
Badan
tampak lebih kekar dan berotot ü
Tumbuh
jakun ü
Suaranya
terdengar lebih berat ü
Pertumbuhan
badan bertambah cepat/cepat besar ü
Gerak
menjadi lebih aktif ü
Nafsu
makan meningkat, makan lebih banyak Perempuan: ü
Haid ü
Membesarnya
pinggul dan payudara ü
Tumbuh
rambut pada alat kelamin dan ketiak ü
Kulit
permpuan lebih halus dibanding laki-laki ü
Suaranya
menjadi lebih merdu ü
Pertumbuhan
badan bertambah cepat/cepat besar ü
Gerak
menjadi lebih aktif ü
Nafsu
makan meningkat, makan lebih banyak |
33 |
4 |
Perubahan mental Laki-laki ü
Laki-laki
menjadi cenderung bersikap cuek, tenang, dan rasional ü
Bila
mengalami masalah, maka ia cenderung diam dan menyelesaikan secara praktis Perempuan ü
Perempuan
menjadi cenderung mengutamakan perasaan, ingin dimanja dan penuh perhatian ü
Apabila
menghadapi sebuah masalah ia mudah menangis, mengadu, atau menyesali diri. |
8 |
5 |
5 contoh kewajiban yang harus
dilakukan anak setelah memasuki usia balig: Salat, puasa, menutup aurat,
mencari ilmu, berbuat baik kepada orang tua |
10 |
Jumlah |
65 |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
80
B.
Lembar Kerja Peserta
Didik
Lembar kerja
membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati
gambar berikut ini.
Setelah mengamati gambar di atas,
apa kesimpulan kalian terhadap gambar tersebut? Ayo kemukakan kepada
teman-temanmu!
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan
Bacaan Guru
·
Buku PAI
yang relevan dengan materi pembelajaran Menyambut usia balig.
2.
Bahan
Bacaan Siswa
·
Video-video
tentang tanda-tanda balig di internet.
D.
GLOSARIUM
·
Aurat : bagian badan yang tidak boleh
kelihatan (menurut hukum Islam).
·
Balig:
cukup umur.
·
Biologi : ilmu tentang keadaan dan sifat
makhluk hidup (manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan).
·
Estrogen : hormon kelamin yang dihasilkan
terutama oleh indung telur dan berfungsi antara lain untuk merangsang munculnya
tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan atau binatang betina.
·
Fikih : ilmu tentang hukum Islam.
·
Haid : keluar darah dari rahim wanita
dewasa setiap bulan sebagai bagian dari siklus hidup biologisnya; datang bulan;
menstruasi.
·
Jakun : ujung kerongkongan yang tampak
menonjol pada leher orang laki-laki dewasa.
·
Progesteron : hormon perempuan yang dihasilkan korpus
luteum, korteks adrenal, dan plasenta yang menyebabkan timbulnya stadium
sekresi pada selaput lendir uterus.
·
Puber : jenjang usia remaja.
·
Testis : alat kelamin laki-laki yang
menghasilkan mani; buah zakar.
·
Testosteron : hormon laki-laki yang dihasilkan oleh
testis yang menyebabkan timbulnya ciri seks sekunder laki-laki.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.