- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 2
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 3
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 4
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 5
MODUL AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI
I.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Asep Saepulah, S.Pd.I
Nama
Sekolah : SDN Pesantren
Tahun
Penyusunan : 2022
Modul Ajar : PAIdBP
Fase/Kelas :
B/IV
Alokasi
Waktu : 8 JP x 35 menit
(3 Pertemuan)
B. KOMPETENSI
AWAL
1.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah, memahami ajaran
kebaikan dalam Islam serta meneladani sikap toleransi.
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6.
Kreatif
dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang
berhubungan dengan topik materi.
D. SARANA DAN
PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan
Bahan :
a.
Matching Card ( Kartu Pasangan) untuk
pembelajaran make a match
b.
Worksheet
c.
Video atau
poster tentang keragaman
d.
LCD
Projector
e.
Laptop
3.
Materi dan
Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
E. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F. Model
Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik
mampu:
1.
Mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal (lita’arafu) dengan benar.
2.
Menyebutkan
ajaran kebaikan dari agama islam dan agama selain Islam dengan tepat.
3.
Mengungkapkan
perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan
baik.
4.
Saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan
sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar.
5.
Meyakini
bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar.
6.
Menghormati
orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik.
B.
Capaian
Pembelajaran:
1.
Menghormati
dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan
positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.
2.
Memahami
arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).
3.
Mengenal
norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.
C. Pemahaman
Bermakna
1.
Menghargai
perbedaan budaya yang ada dan menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa
menerima perbedaan yang ada.
D. Pertanyaan
Pemantik
1.
Pernahkah
kalian bertemu dengan beberapa orang dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana
kalian bertemu mereka? Apa yang kalian lakukan kepada mereka?
2.
Tahukah
kalian apa yang dinamakan kebaikan dalam agama islam?
3.
Pernahkah
kalian mengalami hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?
E. Persiapan
Pembelajaran
1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan
buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 3.3. 2.
Guru
menjelaskan terkait keragaman sebagai sebagai Sunnatullah dalam buku siswa. 3.
Peserta
didik membentuk beberapa kelompok (sesuai kondisi peserta didik dalam satu
kelas). 4.
Guru
menyampaikan tugas kelompok yaitu mencari jenis keragaman penduduk Indonesia. 5.
Setiap
kelompok mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai keragaman penduduk Indonesia (keragaman
bangsa, suku dan agama) pada rubrik Aktivitas Kelompok. 6.
Hasil
penelusuran informasi ditulis di kertas origami dengan warna yang berbeda,
lalu ditempel di kertas manila/plano dengan tata letak yang menarik. 7.
Setiap
kelompok memajang kertas manila/plano di dinding kelas, lalu tiap kelompok
saling mengunjungi galeri kelompok lain, untuk menambah informasi tentang
materi keragaman peserta didik bisa melakukan tanya jawab. 8.
Peserta
didik menyanyikan lagu Penduduk Indonesia secara klasikal atau kelompok
tampil di depan dengan gaya penampilan grup musik pada rubrik Ayo Bernyanyi. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta didik
membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang keragaman sebagai
Sunnatullah. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang ajaran
kebaikan dalam Islam dan selain Islam. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Kedua (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membaca teks pelajaran tentang kebaikan dalam agama Islam dalam buku
siswa. 2.
Guru
memberikan penguatan dan penegasan, lalu guru dan peserta didik bertanya
jawab terkait materi kebaikan dalam agama Islam. 3.
Peserta
didik mencari contoh perilaku baik kepada Allah, sesama manusia dan alam pada
rubrik Aktivitasku. 4.
Peserta
didik mengamati cerita bergambar dalam buku siswa, lalu guru memberikan satu
pertanyaan, mengapa Maria dan ibunya berbuat baik kepada Nadiya, padahal mereka berdua bukan
orang Islam? 5.
Peserta
didik membaca jawaban atas pertanyaan tersebut sekaligus memahami materi
pokok ajaran kebaikan menurut agama selain Islam. 6.
Peserta
didik membentuk kelompok yang terdiri dari 2-3 anak. 7.
Peserta
didik secara berkelompok berdiskusi tentang berita sesuai petunjuk yang ada
di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang saling
menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Ketiga (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru bertanya
kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 3.5. 2.
Peserta
didik membaca teks pelajaran tentang saling menghormati dan menghargai orang
yang berbeda agama dalam buku siswa. 3.
Peserta
dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok A menyiapkan kuis tentang materi contoh toleransi Rasulullah
saw. Kelompok B menyiapkan kuis tentang materi toleransi dan batasannya. 4.
Setiap
kelompok saling menguji, lalu guru dan peserta didik bertanya jawab terkait
materi tersebut. 5.
Peserta
didik menulis pengalamannya bergaul dengan orang lain: teman, tetangga atau kenalan yang berbeda
agama sesuai petunjuk di buku siswa pada rubrik Aktivitasku. 6.
Guru dan
peserta didik menyegarkan pikiran dan suasana dengan ice breaking seperti senam ringan, bertepuk atau bernyanyi. 7.
Peserta
didik secara berkelompok melakukan diskusi sesuai petunjuk di buku siswa pada
rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G. Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan
pemantik sebelum pembelajaran dimulai. ·
Tanya
jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami keragaman sebagai
Sunnatullah dan meneladani sikap toleransi. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (isian benar salah dan
uraian) |
H. Kegiatan
Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan
remedial:
Peserta didik yang
hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan
pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk
memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan
pengayaan:
Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi
Peserta Didik
Pertanyaan refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Sudahkah kalian memahami keragaman sebagai
Sunnatullah |
|
|
|
Apakah kalian sudah tahu ajaran kebaikan dari
Agama Islam dan Agama selain Islam |
|
|
|
Dapatkah kalian mengungkapkan perasaan mengenai
pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama |
|
|
|
Apakah kalian sudah meneladani sikap saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan
sekolah maupun tempat tinggal |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari
ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi
Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh
kegiatan ini? |
Apabila bisa diulang apa yang akan
dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami oleh
peserta didik? |
III.
LAMPIRAN
A. Penilaian
1. Penilaian
Diagnostik
a.
Diagnostik
Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan
psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar
di rumah, kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan
sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1.
Pernahkah
kalian bertemu dengan beberapa orang dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana
kalian bertemu mereka? Apa yang kalian lakukan kepada mereka?
2.
Tahukah
kalian apa yang dinamakan kebaikan dalam agama islam?
3.
Pernahkah
kalian mengalami hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?
2. Penilaian
Formatif
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku meyakini bahwa keragaman sebagai
sunnatullah. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku meyakini bahwa keragaman
sebagai sunnatullah. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku menunjukkan sikap saling
menghormati dan menghargai antar umat
beragama sebagai cerminan dari iman dengan baik dan benar. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku menunjukkan sikap saling
menghormati dan menghargai antar umat
beragama sebagai cerminan dari iman dengan baik dan benar. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian
Keterampilan
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
1. |
Menyanyikan
lagu Penduduk Indonesia |
|
|
|
|
|
2. |
Menunjukkan
sikap saling menghromati dan menghargai keberagaman |
|
|
|
|
|
Skor 4 diberikan apabila peserta didik
memenuhi empat kriteria.
·
Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga
kriteria.
·
Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua
kriteria.
·
Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu
kriteria.
·
Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu
memenuhi kriteria sama sekali.
Contoh kriteria: benar dan jelas.
Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk
mengembangkan instrumen penilaian sendiri.
c.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Penilaian
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 2 :
Carilah contoh perilaku baik kepada Allah, sesama
manusia dan alam sekitar!
No |
Akhlak kepada |
Contoh perilaku Baik |
1 |
Allah Swt. |
|
2 |
Sesama manusia |
|
3 |
Alam sekitar |
|
Kunci
jawaban
No |
Akhlak kepada |
Contoh perilaku Baik |
Skor |
1 |
Allah Swt. |
Mendirikan salat, membaca Al-Qur’an, ikhlas. (kebijakan guru: sesuai
ketepatan jawaban peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang benar 2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
2 |
Sesama manusia |
Berkata jujur, besikap santun, membantu (kebijakan guru: sesuai ketepatan jawaban peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang benar 2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
3 |
Alam sekitar |
Menyiram tumbuhan, merawat hewan, menjaga kebersihan. (kebijakan guru: sesuai ketepatan jawaban
peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang benar
2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
18
Penilaian
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan kesimpulan terhadap berita |
Estetika (nilai seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1. |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2. |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3. |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4. |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
No |
Nama siswa |
Kriteria |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Keruntunan cerita |
Kesesuaian cerita dengan tema |
Penggunaan bahasa |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila alur cerita runtun. |
3 |
Apabila sebagian besar alur
cerita runtun |
2 |
Apabila Sebagian kecil alur
cerita runtun. |
1 |
Apabila alur cerita tidak runtun. |
Kesesuaian
cerita dengan tema
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila isi cerita sesuai dengan
tema. |
3 |
Apabila sebagian besar isi
cerita, sesuai dengan tema. |
2 |
Apabila Sebagian kecil isi cerita
sesuai dengan tema. |
1 |
Apabila isi cerita tidak sesuai
dengan tema. |
Penggunaan
bahasa
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila menggunakan bahasa yang
baik dan benar. |
3 |
Apabila sebagian besar
menggunakan bahasa yang baik dan benar. |
2 |
Apabila Sebagian kecil menggunakan
bahasa yang baik dan benar |
1 |
Apabila alur cerita tidak
menggunakan bahasa yang baik dan benar. |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Kesesuaian antara mosi dengan argumentasi (relevansi). |
Kemampuan untuk menjelaskan argumentasi dengan jelas dan runtut
(elaborasi). |
Kemampuan untuk menyanggah dan menanggapi argumentasi lawan (respon). |
|||
1 |
Kelompok
Pro |
|
|
|
|
2 |
Kelompok
Kontra |
|
|
|
|
Skor |
Keterangan |
4 |
Semua mosi dengan argumentasi
sesuai (relevansi). |
3 |
Sebagian besar mosi dengan
argumentasi sesuai (relevansi). |
2 |
Sebagian besar mosi dengan
argumentasi tidak sesuai (relevansi). |
1 |
mosi dengan argumentasi tidak
sesuai (relevansi). |
Skor |
Keterangan |
4 |
Sangat mampu menjelaskan
argumentasi dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
3 |
Mampu menjelaskan argumentasi
dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
2 |
Cukup mampu menjelaskan
argumentasi dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
1 |
Tidak mampu menjelaskan
argumentasi dengan jelas dan runtut(elaborasi). |
Skor |
Keterangan |
4 |
Sangat mampu menyanggah dan
menanggapi argumentasi lawan (respon). |
3 |
mampu menyanggah dan menanggapi
argumentasi lawan (respon). |
2 |
Cukup menyanggah dan menanggapi
argumentasi lawan (respon). |
1 |
Tidak mampu menyanggah dan
menanggapi argumentasi lawan (respon). |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
3. Penilaian
Sumatif
A.
Lingkarilah
huruf B jika pernyataan benar dan S apabila pernyataan salah. Paparkan pula alasanmu di bawahnya!
1.
(B – S) Keragaman
manusia merupakan kehendak Allah Swt. (sunnatullah)
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
2.
(B – S)
Terciptanya keragaman manusia menjadi berbagai bangsa dan suku untuk saling
bersaing dan menjatuhkan.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
3.
(B – S)
Umat Islam tidak boleh mengikuti kegiatan ibadah saudaranya yang bukan Islam
demi menjaga persaudaraan.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
4.
(B –
S) Nadia tidak mau bergaul dengan teman
yang berbeda agama.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
5.
(B – S)
Semua agama mengajarkan pemeluknya untuk saling menghargai.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
B.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Keragaman
dan perbedaan manusia adalah sunatullah agar kita saling mengenal.
Jelaskan dua perbuatan yang
mencerminkan perilaku saling mengenal!
2.
Bacalah dan
pahami potongan hadis berikut!
..... الْبِرُّحُسْنُ
الْخُلُقِ
Apa yang dimaksud kebaikan dalam
potongan hadis tersebut?
3.
Mengapa
semua agama menganjurkan untuk saling menolong?
4.
Tulislah
satu contoh toleransi yang dilakukan oleh Rasulullah saw.!
5.
Apa batasan
toleransi antar umat beragama?
Kunci
Jawaban
A.
1.
B
Alasan: Karena Allah telah
menciptakan keragaman dalam diri manusia sejak awal penciptaannya yang tidak
bisa dicipta sendiri oleh manusia.
2.
S
Alasan: Sebab persaingan dan saling
menjatuhkan akan mengakibatkan kerusakan pada manusia dan manusia tidak akan
menghendakinya.
3.
B
Alasan: Karena tidak mungkin dua
keyakinan atau ibadah dicampuradukkan. Tidak boleh mengorbankan prinsip keyakinan
dan ibadah untuk alasan persudaraan. Persaudaraan dikuatkan dengan hubungan
baik dalam pergaulan bukan dalam ibadah
4.
S
Alasan: Karena semua agama
mengajarkan untuk berbuat baik dan bergaul kepada semua orang tanpa melihat
latar belakang agama, suku, dan golongan.
5.
B
Alasan: Karena saling menghargai
merupakan ajaran kebaikan yang secara umum dinyatakan baik oleh setiap agama.
Pedoman
Skor
Skor |
Keterangan |
4 |
Jawaban benar dan alasan benar |
3 |
Jawaban benar dan sebagian besar
alasan benar. |
2 |
Jawaban benar dan sebagian kecil
alasan benar. |
1 |
Jawaban benar dan alasan salah |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
20
B.
1.
Dua
perbuatan yang mencerminkan perilaku saling mengenal:
a.
Berdialog
untuk saling menggali informasi mengenai perbedaan sehingga timbul saling memahami perbedaan tersebut.
b.
Saling
bekerja sama dan mendukung dalam kegiatan sosial atau kemasyarakatan seperti
gotong royong di lingkungan.
Skor 4 jika menjawab 2
jawaban yang benar
Skor 2 jika menjawab 1
jawaban yang benar
2.
Kebaikan
adalah akhlak yang baik.
Skor 4
3.
Karena
saling menolong merupakan perbuatan yang ajaran kebaikan yang diakui oleh
seluruh agama.
Skor 4
4.
Suatu hari
Rasulullah mendapati rombongan yang mengangkut jenazah lewat di hadapan beliau.
Nabi pun berdiri menghormati. Sahabat beliau segera memberi tahu dengan nada
seolah protes, “Itu jenazah orang Yahudi.” “Bukankah ia juga manusia?” sahut
Rasulullah saw.
Skor 4
5.
Toleransi
hanya berlaku pada perilaku hubungan baik dalam pergaulan sebagai anggota
masyarakat dan tidak pada aqidah dan ibadah.
Skor 4
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
20
B.
Lembar Kerja Peserta
Didik
Lembar kerja
membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati
gambar berikut ini.
Isi Cerita
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan
Bacaan Guru
·
Buku PAI
yang relevan dengan materi pembelajaran Indahnya Saling Menghargai dalam
Keragaman.
2.
Bahan
Bacaan Siswa
·
Worksheet.
·
Video atau
poster tentang keragaman.
D.
GLOSARIUM
·
Sunatullah : hukum Allah Swt. yang disampaikan kepada
umat manusia melalui para rasul, undang-undang keagamaan yang diterapkan oleh
Allah Swt. yang termaktub di dalam Al-Qur’an, hukum (kejadian dan sebagainya)
alam yang berjalan secara tetap dan otomatis.
·
Toleran : bersifat atau bersikap menenggang
(menghargai, membolehkan, membiarkan) pendirian (pendapat, pandangan,
kepercayaan, kebiassaan, kelakuan dan sebagainya) yang berbeda atau
bertentangan dengan pendirian sendiri.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.