- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 2
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 3
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 4
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 5
MODUL
AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI
I.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Asep Saepulah, S.Pd.I
Nama
Sekolah : SDN Pesantren
Tahun
Penyusunan : 2022
Modul Ajar : PAIdBP
Fase/Kelas : B/IV
Alokasi
Waktu : 8 JP x 35 menit
(2 Pertemuan)
B. KOMPETENSI
AWAL
1.
Peserta
didik dapat mengenal dan memahami Asmaulhusna serta meneladani sikap mulia
Asmaulhusna.
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6.
Kreatif dengan
cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan
dengan topik materi.
D. SARANA DAN
PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan
Bahan :
a.
Asmaulhusna
dan Artinya (youtube atau dokumen pribadi) yang dilagukan
b.
Matching
Card (Kartu Pasangan) untuk pembelajaran make a match
c.
Worksheet
untuk pembuatan mind mapping/kertas buram/kertas bekas
d.
LCD
Projector
e.
Laptop
3.
Materi dan
Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
b.
Ensiklopedia
Asmaulhusna
c.
Belajar
Akhlak dengan 99 Asmaulhusna
E. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F. Model
Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik
mampu:
1.
Menjelaskan
Asmaulhusna dan artinya.
2.
Membuat
kaligrafi Asmaulhusna dan artinya secara berkelompok.
3.
Membiasakan
sikap suka menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup tertib.
B.
Capaian
Pembelajaran:
1.
Memahami
sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para
nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.
C. Pemahaman
Bermakna
1.
Menanamkan
sifat teladan mulia Asmaulhusna dengan baik.
D. Pertanyaan
Pemantik
1.
Apakah
kalian sudah menghafal Asmaulhusna? Jika hafal, bagaimana perasaanmu? Apabila
belum hafal, apa yang akan kalian lakukan?
2.
Pernahkah
kalian mengalami peristiwa seperti gambar tersebut? Bagaimana pengalaman kalian
saat dicurangi oleh teman waktu bermain?
E. Persiapan
Pembelajaran
1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan
buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membentuk 5 kelompok (bisa berubah sesuai kondisi). 2.
Peserta
didik dalam kelompok diberi materi yang berbeda yakni, satu anak mendapat
materi satu Asmaulhusna dan penjelasan artinya. 3.
Kelompok
dari anggota yang berbeda yang telah mempelajari materi berkumpul dalam satu
kelompok baru (tim ahli) untuk mendiskusikan materi mereka. 4.
Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli, peserta didik kembali ke kelompok asal
dengan bergantian mengajar teman satu kelompok tentang materi yang telah
dikuasai dan anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh. 5.
Guru
mengevaluasi proses kegiatan pembelajaran dan memberi penjelasan ulang
tentang materi Asmaulhusna dan artinya sehingga tidak terjadi kesalahan
konsep. 6.
Peserta
didik menyanyikan lagu terkait Asmulhusna melalui internet atau dokumen guru
pada rubrik Ayo Bernyanyi. 7.
Peserta
didik memasangkan Asmaulhusna dan artinya dengan meghubungkan garis pada rubrik Aktivitasku. 8.
Peserta
didik secara berkelompok membuat kaligrafi Asmaulhusna dan artinya sesuai
petunjuk pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang Asmaulhusna dan
artinya. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
berakhlak dengan Asmaulhusna. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Kedua (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membentuk kelompok secara berpasangan. 2.
Guru
memberikan materi Asmaulhusna pada setiap peserta didik untuk dibaca dan
membuat ringkasan. 3.
Guru dan
peserta didik menetapkan anak yang pertama berperan sebagai pembicara dan
anak yang menjadi pendengar. 4.
Pembicara
membaca hasil ringkasannya dengan lengkap, lalu kelompok lain menyimak dengan
baik, mengoreksi dan menyampaikan ide-ide pokok yang kurang lengkap. 5.
Kelompok
lain juga membantu mengingat ide-ide pokok dengan menghubungkan materi
sebelumnya atau dengan materi lainnya. 6.
Bertukar
peran, kelompok yang berperan sebagai pembicara berganti menjadi pendengar
dan sebaliknya, lalu guru dan peserta didik membuat kesimpulan. 7.
Peserta
didik melakukan kegiatan sesuai petunjuk di buku siswa pada rubrik
Aktivitasku. 8.
Peserta
didik secara berkelompok membuat poster yang berisi ajakan menjaga lisan
dengan menggunakan kalimat yang santun sesuai petunjuk di buku siswa pada
rubrik Aktivitas kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang berakhlak dengan Asmaulhusna. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G. Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan
pemantik sebelum pembelajaran dimulai. ·
Tanya
jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik mengenal dan memahami
Asmaulhusna. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (isian kolom dan uraian) |
H. Kegiatan
Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan
remedial:
Peserta didik yang
hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan
pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk
memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan
pengayaan:
Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi
Peserta Didik
Pertanyaan refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Sudahkah kalian mengenal Asmaulhusna |
|
|
|
Apakah kalian sudah hafal Asmaulhusna |
|
|
|
Dapatkah kalian meneladani sifat Allah dalam
Asmaulhusna |
|
|
|
Apakah kalian sudah meneladani sikap suka menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup
tertib |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari
ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi
Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh
kegiatan ini? |
Apabila bisa diulang apa yang akan
dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami oleh
peserta didik? |
III.
LAMPIRAN
A. Penilaian
1. Penilaian
Diagnostik
a.
Diagnostik
Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan psikologi
peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar di rumah,
kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar, karakter, dan
minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan
sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1.
Apakah
kalian sudah menghafal Asmaulhusna? Jika hafal, bagaimana perasaanmu? Apabila
belum hafal, apa yang akan kalian lakukan?
2.
Pernahkah
kalian mengalami peristiwa seperti gambar tersebut? Bagaimana pengalaman kalian
saat dicurangi oleh teman waktu bermain?
2. Penilaian
Formatif
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku meyakini bahwa Allah Swt mempunyai
nama-nama indah dan istimewa yakni Asmaulhusna. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku meyakini bahwa Allah Swt
mempunyai nama-nama indah dan istimewa yakni Asmaulhusna. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku menunjukkan sikap berdoa dan
menyebut asmaulhusna dalam keseharian kita agar selalu mengingat Allah Swt di
setiap langakah kita. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku menunjukkan sikap berdoa dan
menyebut asmaulhusna dalam keseharian kita agar selalu mengingat Allah Swt di
setiap langakah kita. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian
Keterampilan
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
1. |
Menghafalkan
Asmaulhusna |
|
|
|
|
|
2. |
Menyanyikan
lagu Asmaulhusna |
|
|
|
|
|
3. |
Membuat
karya kaligrafi Asmaulhusna |
|
|
|
|
|
4. |
Menunjukkan
sikap teladan mulia Asmaulhusna |
|
|
|
|
|
Skor 4 diberikan apabila peserta didik
memenuhi empat kriteria.
·
Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga
kriteria.
·
Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua
kriteria.
·
Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu
kriteria.
·
Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu
memenuhi kriteria sama sekali.
Contoh kriteria: benar, tartil, jelas
dan fasih.
Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk
mengembangkan instrumen penilaian sendiri.
c.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Pedoman
penilaian Aktivitas Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek penilaian |
Jumlah |
Kejuaraan |
|||
Kerapian |
Design |
Paduan warna |
Estetika |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor:
4: sangat
baik, 3: baik, 2: cukup, 1: kurang
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 2 :
1)
Berdasar
pengalamanmu, bagaimana cara menahan diri ketika akan berbuat sesuatu yang
merugikan? Dan apa manfaatnya?
Kunci
jawaban
Cara menahan diri: menenangkan
diri, berfikir akibat buruk yang ditimbulkan dari perbuatan tersebut.
Manfaatnya: hubungan baik tetap
terjaga, orang lain tidak tersakiti.
(Kebijakan guru: ketetapan jawaban
sesuai dengan pertanyaan)
Skor maksimal:
100
2)
Ayo temukan
manfaat hidup mandiri supaya kalian lebih semangat lagi untuk membiasakannya!
Kunci
jawaban
Manfaat hidup mandiri:
a.
Melatih
tanggungjawab
b.
Tidak
bergantung kepada orang lain
c.
Menjadi
kreatif
d.
Meningkatkan
keterampilan
Skor
setiap jawaban: 25
3)
Bagaimana
menjaga kebersihan?
No |
Kebersihan |
Cara menjaganya |
1. |
Badan |
|
2. |
Lingkungan |
|
3. |
Hati |
|
Kunci
jawaban
No |
Kebersihan |
Cara menjaganya |
Skor |
1. |
Badan |
Mandi dengan teratur Menghindari tempat kotor |
2 2 |
2. |
Lingkungan |
Menyapu setiap hari Membuang sampah pada tempatnya |
2 2 |
3. |
Hati |
Banyak zikir Berteman dengan anak saleh |
2 2 |
(Kebijakan guru: ketepatan jawaban sesuai dengan
pertanyaan
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
4)
Membuat
poster
No |
Nama kelompok |
Aspek penilaian |
Jumlah |
Kejuaraan |
||
Keaslian karya (10-30) |
Kesesuaian dengan tema (10-30) |
Kreatifitas (10-40) |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5)
Tulislah
pengalamanmu hidup tertib!
Nama tempat |
Aturan |
Perilaku terhadap aturan |
|
|
|
Kunci
jawaban
Nama tempat |
Aturan |
Perilaku terhadap aturan |
Sekolah Masjid |
Berpakaian rapi Dilarang bergurau |
Berpakaian rapi Tidak bergurau |
Pedoman
penilaian
Sangat Baik : jika semua perilaku
menunjukkan taat pada aturan
Baik : jika sebagian besar perilaku menunjukkan taat pada
aturan
Cukup : jika setengah jawaban menunjukkan perilaku taat pada
aturan
Kurang : jika sebagian kecil perilaku menunjukkan taat pada
aturan
3. Penilaian
Sumatif
A.
Isilah
kolom sebelah kanan dengan Asmaulhusna yang sesuai dengan pernyataan pada kolom
sebelah kiri!
Pernyataan |
Asmaulhusna |
Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan |
.............................................. |
Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa
damai. |
.............................................. |
Allah Swt adalah penguasa atas
semua makhluk-Nya. |
.............................................. |
Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh
makhluk-Nya. |
.............................................. |
Allah Swt. pemilik tunggal segala kemuliaan. |
.............................................. |
B.
Tulislah contoh
perilau terpuji (di kolom kanan) yang mencerminkan teladan Asmaulhusna
(kolom kiri)!
Asmaulhusna |
Contoh perilaku terpuji |
Al-Quddus |
.............................................. |
As-Salam |
.............................................. |
Al-Malik |
.............................................. |
Al-Mu’min |
.............................................. |
Al-Aziz |
.............................................. |
C.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1.
Perhatikan
4 profesi berikut ini!
a.
Guru
b.
Petugas
kebersihan
c.
Polisi
d.
Petani
Tentukan profesi di atas yang
meneladani Asmaulhusna Al-Quddus beserta alasan!
2.
Jelaskan
arti dari Asmaulhusna As-Salam!
3.
Damar
terpilih menjadi ketua kemarin. Dia ingin melaksanakan tugasnya dengan baik.
Jelaskan 2 hal harus dilakukan oleh Damar sebagai ketua kelas untuk meneladani
Asmaulhusna Al-Mu’min?
4.
Bacalah
dengan cermat pernyataan berikut!
Andi selalu bersikap santun kepada
temannya. Ia menjaga lisannya. Tidak berkata kotor. Perkatannya selalu
menyenangkan.
Apakah Andi meneladani Asmaulhusna
Al-Aziz? Kemukakan alasanmu!
5.
Perhatikan
kalimat ajakan berikut yang mencerminkan Asmaulhusna As-Salam!
“Mari
sebarkan hidup damai di negeri kita!”
Buatlah kalimat ajakan yang
juga mencerminkan teladan Asmaulhusna
As-Salam!
Kunci
Jawaban
A.
Pernyataan |
Asmaulhusna |
Skor |
Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan |
Al-Quddus |
2 |
Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa
damai. |
As-Salam |
2 |
Allah Swt adalah penguasa atas
semua makhluk-Nya. |
Al-Malik |
2 |
Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh
makhluk-Nya. |
Al-Mu’min |
2 |
Allah Swt. pemilik tunggal segala kemuliaan. |
Al-Aziz |
2 |
B.
Asmaulhusna |
Contoh perilaku terpuji |
Skor |
Al-Quddūs |
Mandi dengan teratur, menyapu, rendah hati. |
3 |
As-Salām |
Tenang Ketika berada di acara, tertib di kelas |
3 |
Al-Mālik |
Menahan diri saat marah, menahan diri mengganggu teman |
3 |
Al-Mu’min |
Santun, berkata sopan. |
3 |
Al-‘Azīz |
Senang membantu orang, beribadah istiqamah |
3 |
C.
No |
Contoh perilaku terpuji |
Skor |
1 |
Polisi, alasan: membersihkan penyakit-penyakit masyarakat di
tengah-tengah warga. Seperti pencurian, pembunuhan, narkoba dan lain-lain Guru, alasan: membersihkan masyarakat dari kebodohan Petugas kebersihan, alasan: menjaga kebersihan lingkungan (Kebijakan guru: ketepatan
jawaban peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 profesi dan alasan yang benar 4 jika menjawab 2 profesi dan alasan benar 2 jika menjawab 1 profesi dan alasan benar |
2 |
As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha Menyelamatkan. Makna
yang terkandung dalam makna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun
kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah SWT.
pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya. |
Skor 4 |
3 |
Yang harus dilakukan Damar antara lain: 1. Menjaga ketertiban anggota kelas 2. Mengayomi semua anggota kelas. (Kebijakan guru:ketepatan jawaban
peserta didik dan soal) |
Skor 4 bila menjawab 2 2 jika menjawab 1 |
4 |
Ya, karena Andi telah bersikap santun dan menjaga lisan sehingga akan
terjaga kemuliaannya. (Kebijakan guru sesuai dengan
jawaban peserta didik) |
Skor 5 |
5 |
“Ayo jaga kedamaian menuju negeri yang nyaman” (Kebijakan guru:ketepatan jawaban
peserta didik dan soal) |
Skor 6 |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
50
B.
Lembar Kerja Peserta
Didik
Lembar kerja
membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati
gambar berikut ini.
Isi Cerita
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan
Bacaan Guru
·
Buku PAI
yang relevan dengan materi pembelajaran Teladan Mulia Asmaulhusna.
·
Ensiklopedia
Asmaulhusna.
·
Belajar
Akhlak dengan 99 Asmaulhusna.
2.
Bahan
Bacaan Siswa
·
Asmaulhusna
dan Artinya (youtube atau dokumen pribadi) yang dilagukan.
·
Kartu yang
berisi penjelasan arti 5 Asmaulhusna.
D.
GLOSARIUM
·
Asmaulhusna : nama-nama yang baik yang dimiliki Allah Swt.
yang terdapat di dalam Al-Qur’an, jumlahnya 99 nama.
·
Kaligrafi : seni
lukis indah dengan pena.
·
Mandiri : dalam keadaan
dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.