KISI KISI SUMATIF TENGAH SEMESTER KELAS 1 SEMESTER 1 |
KELAS I
TAHUN AJARAN 2022/ 2023
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : I (Satu)
Jumlah Soal : 25
Bentuk Soal : 15 Pilihan Ganda, 10 Isian
Penyusun : ....................................
No. |
Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
No Soal |
Bentuk Soal |
1 |
Al-Quran Hadits |
1.1 Peserta didik
mengidentifikasi huruf hija'iyyah, harakat sederhana (fathah, kasrah,
dhammah), dapat melafalkan huruf hijaiyah dan harakat secara lengkap. Dapat
melafalkan basmallah, serta 1 surah
pendek (al Fātihah ), berani
menunjukkan hafalan surah Al-Fatihah dengan lancar di depan guru, sehingga
menumbuhkan kebiasaan untuk suka melafalkan
ayat-ayat Al-Qur’an. |
Aku Cinta Al-Quran |
1 |
Menyebutkan
nama kitab suci umat Islam |
1 |
PG |
|
|
|
3 |
Memadukan
pasangan nama dan cara baca harakat yang tepat |
2 |
PG |
|
|
|
|
2 |
Menelaah
bacaan surah al-Fatihah sesuai nomor ayatnya |
3 |
PG |
|
|
|
|
1 |
Mengidentifikasi
lambang huruf hijaiyah |
4 |
PG |
|
|
|
|
2 |
Menganalisis
isi kandungan surah al-Fatihah |
5 |
PG |
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
jumlah ayat surah al-Fatihah |
16 |
Isian |
|
|
|
|
1 |
Menentukan
cara menulis huruf hijaiyah |
17 |
Isian |
|
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
arti harakat |
18 |
Isian |
2 |
Aqidah |
1.1 Peserta
didik menyebutkan rukun Iman terutama
Iman kepada Allah (Keesaan Allah/ al-Ahad) dan iman kepada Rasul. |
Mengenal
Rukun Iman |
1 |
Menyebutkan
arti rukun iman |
6 |
PG |
|
|
1.2 Peserta didik
Menyebutkan Peran Muhammad saw. sebagai Rasul |
|
2 |
Menyeleksi
benda-benda ciptaan Allah Swt. |
7 |
PG |
|
|
1.3 Peserta didik
Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri |
|
2 |
Menguraikan
cara meneladani iman kepada Allah Swt. |
8 |
PG |
|
|
|
|
2 |
Menguraikan
arti nabi dan rasul |
9 |
PG |
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
nama nabi dan rasul sesuai urutannya |
10 |
PG |
|
|
|
|
1 |
Menjelaskan
arti makhluk |
19 |
Isian |
|
|
|
|
2 |
Merinci
macam-macam rukun iman sesuai urutannya |
20 |
Isian |
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
tugas nabi dan rasul |
21 |
Isian |
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui |
22 |
Isian |
3 |
Akhlak |
1.1
Peserta didik Menyebutkan arti kalimah
thayibah basmalah dan hamdalah, dapat melafalkan basmalah dan hamdalah
beserta artinya, sehingga dapat menumbuhkan sikap terbiasa berkata baik. |
Aku
Suka Membaca Basmallah dan Hamdallah |
2 |
Mengaitkan
bacaan basmallah dan hamdallah dengan kegiatan yang dilakukan |
11, 13 |
PG |
|
|
1 |
Menyebutkan
arti basmallah dan hamdallah |
14 |
PG |
||
|
|
|
|
1 |
Menentukan
sikap rasa syukur |
12 |
PG |
|
|
|
|
2 |
Menelaah
contoh perilaku santun |
15 |
PG |
|
|
|
|
1 |
Menjelaskan
cara bersyukur terhadap nikmat Allah Swt. |
23 |
Isian |
|
|
|
|
2 |
Menguraikan
contoh perbuatan santun |
24 |
Isian |
|
|
|
|
1 |
Menyebutkan
lawan dari syukur nikmat |
25 |
Isian |
baca juga : KUMPULAN KISI-KISI PTS PAI SEMESTER 1 LENGKAP Mengetahui Kepala Sekolah
............................................. NIP. ............................................. |
Penyusun Soal
................................ NIP. .................................... |