Blogger Jateng

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 4 (HABIS)

 

Modul Ajar PAI SD Kelas 1

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA

 


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun                           :   ASEP SAEPULAH,S.Pd.I

Instansi                              :   SDN  PESANTREN

Tahun Penyusunan           :   Tahun 2022

Jenjang Sekolah                :   SD

Mata Pelajaran                 :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fase A, Kelas / Semester  :        I (Satu)  / I (Ganjil)

BAB / Tema                       :   3 / Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Materi Pokok                     :   Mensyukuri Nikmat Allah Swt

Alokasi Waktu                   :   2 x pertemuan (4x 35 Menit)

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersyukur

·      Peserta didik diharapkan mampu memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video tentang alam semesta, dan gambar/poster anggota tubuh.

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan card sort.

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersyukur dan memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Membiasakan diri untuk bersyukur

·      Memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Anggota badan yang sempurna, siapa yang memberikannya, dan apa yang harus dilakukan

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

a)  Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

b)  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

c)  Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.10 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.10 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi Mensyukuri Nikmat Allah Swt.

d)  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

e)  Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

a)  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

b)  Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.9.

c)  Guru menjelaskan bahwa semua nikmat yang kita peroleh adalah pemberian Allah Swt. dan kita wajib mensyukurinya.

d)  Guru menggunakan poster berisi gambar anggota tubuh manusia sebagai alat peraga untuk memberikan visualisasi bentuk nikmat pemberian Allah Swt.

e)  Tiap-tiap kelompok diberikan guntingan kertas berisi nama anggota tubuh dan beberapa nama benda di sekitar. Kemudian, peserta didik diminta menyortir kartu yang tidak berisi nama anggota tubuh manusia.

f)  Tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil menyortir kartu.

g)  Pada rubrik Sikapku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku selalu bersyukur atas nikmat Allah Swt.” secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam rasa syukur atas nikmat Allah Swt.

h)  Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas dan menyebutkan nikmat Allah Swt. yang telah diterimanya. Peserta didik diminta mengamati Gambar 3.10 pada buku siswa.

i)  Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan rasa syukur atas nikmat Allah Swt., guru menayangkan video pembelajaran tentang cara mensyukuri nikmat Allah dalam salindia yang ditayangkan melalui proyektor LCD.

j)  Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diminta mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

a)  Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 3) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, tes tulis dilakukan dengan meminta peserta didik mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa.

 

Kunci Jawaban

1. Nikmat yang kita terima adalah pemberian .... (Allah Swt.)

2. Ketika mendapatkan nikmat, kita membaca .... (hamdalah)

3. Bersyukur dilakukan dengan membaca .... (Alhamdulillahi rabbil ‘alamin)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30.

                                        Nilai = Perolehan Nilai x 100

                                                           Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

Rubrik "Aku Pelajar Pancasila"

Dengan dipandu dan didampingi guru, peserta didik diminta membaca kalimat pada rubrik Aku Pelajar Pancasila. Selanjutnya, peserta didik diminta mengamati dan menceritakan Gambar 3.13.

 

Rubrik "Ayo, Menyanyi"

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Baca Basmalah dan Hamdalah” dengan nada lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” atau nada lain yang relevan sebagai ice breaking. Kegiatan menyanyi ini boleh dilaksanakan pada awal, pertengahan, dan akhir pembelajaran.

 

Rubrik "Rangkuman"

Guru menyampaikan rangkuman materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah” dengan bahasa sendiri, lalu meminta siswa untuk berlatih membaca rangkuman pada buku siswa dengan cermat.

 

Rubrik "Ayo, Kerjakan"

Siswa diminta mengerjakan rubrik ini dengan memberikan tanda centang pada kolom B atau S. Rubrik ini bisa dipakai sebagai bentuk penilaian pengetahuan bagi siswa dalam materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah”. Setelah peserta didik selesai mengerjakannya, guru membahas soal tersebut dengan kunci jawaban sebagai berikut.

No.

Pernyataan

B

S

1

Memulai kegiatan dengan membaca basmalah

 

 

2

Mengakhiri kegiatan dengan membaca hamdalah

 

 

3

Bersikap santun kepada siapa pun

 

 

4

Bersyukur dengan membaca basmalah

 

 

5

Bacaan hamdalah adalah Alhamdulill<hi rabbil ‘alamin.

 

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 50.

                            Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

 

Rubrik "Aku Ingin Tahu"

Pada rubrik ini, peserta didik dimotivasi untuk mendalami materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah” dengan cara mencari dan melihat video tentang cara bersyukur di internet. Dalam mencari video tersebut peserta didik didampingi oleh orang tua di rumah. Pada pelajaran selanjutnya, peserta didik diminta menceritakan kembali video yang dilihatnya kepada bapak atau ibu guru di kelas.

 

Rubrik "Pengayaan"

Rubrik ini hanya diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pengayaan ditampilkan tambahan materi “Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah”. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat membacanya sendiri atau dipandu oleh guru/orang tua.

 

Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Interaksi antara guru dan orang tua/wali murid terkait dengan perkembangan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dapat dilakukan dengan dengan cara sebagai berikut.

1. Orang tua/wali murid dapat menuliskan komentar pada rubrik Komentar Orang Tua pada buku siswa terkait dengan perkembangan belajar peserta didik, penguasaan terhadap materi pembelajaran, dan keterampilan. Komentar tersebut dapat ditulis pada buku penghubung orang tua/wali murid dengan guru ataupun ditulis pada buku tulis peserta didik masing-masing dengan disertai tanda tangan orang tua/wali murid.

2. Guru dapat memperoleh informasi dari orang tua terkait dengan kebiasaan mengaji dan melaksanakan ibadah salat peserta didik di rumah.

3. Guru dan orang tua/wali murid dapat bertukar informasi terkait dengan kesulitan belajar yang dialami peserta didik.

4. Komunikasi dan interaksi antara guru dan orang tua/wali murid dapat dilakukan melalui kunjungan rumah, komunikasi melalui media telekomunikasi/media sosial, atau melalui buku penghubung/rubrik komentar orang tua pada buku siswa.

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Nikmat yang kita terima adalah pemberian ....

2. Ketika mendapatkan nikmat, kita membaca ....

3. Bersyukur dengan membaca ....

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

C.   GLOSARIUM

Glosarium

 

aktivitas                        : keaktifan; kegiatan

alternatif                       : pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

asmāul-ḥusnā               : nama Allah Swt. yang jumlahnya ada 99.

card sort                        : model pembelajaran aktif dengan memilah dan memilih kartu.

drill and practice          : teknik mengajar dengan latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan dan kecakapan tertentu. firman : kata (perintah) Tuhan; sabda.

forum grup discussion : model pembelajaran aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok.

instrumen                      : alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. interaksi : hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan.

kaisa                               : model pembelajaran aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti tiap ayat.

kaligrafi                         : seni menulis indah dengan pena.

karakteristik                 : mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.

kitab suci                       : wahyu Tuhan yang dibukukan.

komentar                       : ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan).

make a match                : model pembelajaran aktif dengan cara mencari pasangan kartu.

makhluk                         : sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

makharijul huruf          : tempat keluarnya huruf.

mind mapping               : metode pembelajaran dengan menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.

mukjizat                        : kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

pahala                            : ganjaran Tuhan atas perbuatan baik manusia; buah perbuatan baik.

poster                             : plakat yang dipasang di tempat umum.

poster comment            : model pembelajaran aktif dengan mengomentari poster atau gambar.

rakaat                            : bagian dari salat (satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud).

refleksi                           : cerminan; gambaran.

relevan                           : bersangkut paut; berguna secara langsung.

Rezeki                            : segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.

role playing                    : model pembelajaran aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan.

snowball throwing        : model pembelajaran aktif dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas.

Strategi                           : rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

syukur                            : rasa terima kasih kepada Allah Swt.

talking stick                   : metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran.

tartil                               : membaca Al-Qur’an dengan pelan.

tauhid                             : keesaan Allah; kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu.

teladan                           : sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

video comment              : model pembelajaran aktif dengan mengomentari video.

 

D.   DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka

 

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ariani Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif.

Asy, Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V versi daring resmi.

B.Uno, Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Al qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Depag RI

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital.

Melvin L. Siberman. 2014. Active Learning; 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup.

Rusdianto. 2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para Nabi. Jogjakarta: Diva Press.

Sumantri, Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Shihab, M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I.

Yamin, Martini. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.