Blogger Jateng

KISI-KISI PTS PAI SD TERBARU 2022 (KELAS 4) SEMESTER 1

 

KISI-KISI PTS PAI TERBARU KELAS 4


KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1

KELAS IV

TAHUN AJARAN 2022/ 2023

 

 

Mata Pelajaran         :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas                          :  IV

Jumlah Soal             :  30

Bentuk Soal             :  PG, Isian, Uraian

Penyusun                 :  ........................................

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

No Soal

Bentuk Soal

PAI dan BP

1

4.1Mari Belajar Q.S Al- Hujarat

Membaca, menulis, Menjelaskan pesan pokok dan menghafal serta membuat  paparan yang  berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, berani mempresentasikan paparan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait,  sehingga  terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah.

 

1.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan  makna meneladani Surah Al Hujurat ayat 13

1

 

PG

 

 

2.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan lafal “ agar kamu saling mengenal”

2

PG

 

3.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hukum tajwid

3

PG

 

4.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hadist tentang keberagaman

1

Isian

 

5.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan tujuan Allah menciptakan manusia beragam

2

Isian

 

6.      Disajikan soal, siswa mampu mengartikan lafal وَقَبَائِلَ

3

Isian

 

7.        disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap toleransi

1

Uraian

2

4.2 Memahami makna Asmaul Husna

Menjelaskan arti Asmaul Husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As- Salām dan al-Mu’min, dapat membuat karya berupa kaligraf al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min  beserta artinya secara berkelompok sehingga  meyakini adanya Allah SWT. yang Maharaja, Mahamulia, Mahasuci, Mahasejahtera, Maha Pemberi keamanan, suka berbuat mulia dan menciptakan kedamaian.

 

1.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti asmaul husna

6

PG

 

2.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan surat Al-Qur’an mengenai asmaul husna

7

PG

 

3.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Mu’min

8

PG

 

4.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan perilaku mandiri dalam asmaul husna

9

PG

 

5.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Qudus

10

PG

 

6.      disajikan soal, siswa mampu mengartikan apa itu iman

4

Isian

 

7.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui arti asmaul husna maha pemberi keamanan

5

Isian

 

8.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui jumlah asmaul husna

6

Isian

 

9.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui arti Allah Maha Agung

7

Isian

 

10.   disajikan soal, siswa mampu menjelaskan adanya Allah SWT

2

Uraian

 

11.   disajikan soal, siswa mampu meneladani sikap Al-Azis

3

Uraian

 

 

 

 

 

 

 

3

4.3 keragaman agar Saling Mengenal

Mendeskripsikan keragaman agar Saling Mengenal (litaʿārafū), menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain Islam, meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah, menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman, saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya.

 

1.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi

4

PG

 

2.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan makna kebragaman dan perbedaan

5

PG

 

3.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui sikap yang tidak termasuk perbuatan tercela

11

PG

 

4.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui perbuatan yang merugikan orang lain

12

PG

 

5.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan makna saling menghargai

13

PG

 

6.      disajikan soal, siswa mampu mengetahui perbuatan tercela yang harus di bersihkan hati

14

PG

 

7.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi kepada teman yang berbeda agama

15

PG

 

8.      disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap patuh terhadap guru

8

Isian

 

9.      disajikan soal, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam berdiskusi

9

Isian

 

10.   disajikan soal, siswa mampu mencontohkan sikap menghargai teman

10

Isian

 

11.   disajikan soal, siswa mampu menyebutkan keragaman dilingkungan sekolah

4

Uraian

 

12.   disajikan soal, siswa mampu menghargai perbedaan

5

Uraian

 

 

 

 

13.    

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

.................................................

NIP. ...............................................

 

 

 

Penyusun Soal

 

 

 

.....................................

NIP. ..............................................