KISI-KISI PTS PAI TERBARU KELAS 4 |
KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1
KELAS IV
TAHUN AJARAN 2022/ 2023
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas : IV
Jumlah Soal : 30
Bentuk Soal : PG, Isian,
Uraian
Penyusun : ........................................
No. |
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
No
Soal |
Bentuk Soal |
PAI dan BP |
||||||
1 |
4.1Mari Belajar Q.S Al- Hujarat |
Membaca,
menulis, Menjelaskan pesan pokok dan menghafal serta membuat paparan yang berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang
keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, berani mempresentasikan
paparan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis
terkait, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil,
menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah. |
|
1. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan makna
meneladani Surah Al Hujurat ayat 13 |
1 |
PG |
|
2. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan lafal “ agar kamu saling
mengenal” |
2 |
PG |
|||
|
3. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan hukum tajwid |
3 |
PG |
|||
|
4. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan hadist tentang keberagaman |
1 |
Isian |
|||
|
5. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan tujuan Allah menciptakan manusia beragam |
2 |
Isian |
|||
|
6. Disajikan soal, siswa mampu mengartikan lafal وَقَبَائِلَ |
3 |
Isian |
|||
|
7.
disajikan soal,
siswa mampu menyebutkan sikap toleransi |
1 |
Uraian |
|||
2 |
4.2 Memahami makna Asmaul Husna |
Menjelaskan arti Asmaul Husna al-Mālik, al-Azīz,
al-Quddūs, As- Salām dan al-Mu’min, dapat membuat karya berupa kaligraf
al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min beserta artinya secara berkelompok
sehingga meyakini adanya Allah SWT.
yang Maharaja, Mahamulia, Mahasuci, Mahasejahtera, Maha Pemberi keamanan,
suka berbuat mulia dan menciptakan kedamaian. |
|
1. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan arti asmaul husna |
6 |
PG |
|
2. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan surat Al-Qur’an mengenai asmaul husna |
7 |
PG |
|||
|
3. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Mu’min |
8 |
PG |
|||
|
4. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan perilaku mandiri dalam asmaul husna |
9 |
PG |
|||
|
5. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Qudus |
10 |
PG |
|||
|
6. disajikan
soal, siswa mampu mengartikan apa itu iman |
4 |
Isian |
|||
|
7. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui arti asmaul husna maha pemberi keamanan |
5 |
Isian |
|||
|
8. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui jumlah asmaul husna |
6 |
Isian |
|||
|
9. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui arti Allah Maha Agung |
7 |
Isian |
|||
|
10. disajikan
soal, siswa mampu menjelaskan adanya Allah SWT |
2 |
Uraian |
|||
|
11. disajikan
soal, siswa mampu meneladani sikap Al-Azis |
3 |
Uraian |
|||
|
|
|
|
|
|
|
3 |
4.3 keragaman agar Saling Mengenal |
Mendeskripsikan keragaman agar Saling Mengenal
(litaʿārafū), menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain
Islam, meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah, menghormati orang lain
sebagai cerminan dari iman, saling menghormati dan menghargai pemeluk agama
yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya. |
|
1. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi |
4 |
PG |
|
2. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan makna kebragaman dan perbedaan |
5 |
PG |
|||
|
3. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui sikap yang tidak termasuk perbuatan tercela |
11 |
PG |
|||
|
4. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui perbuatan yang merugikan orang lain |
12 |
PG |
|||
|
5. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan makna saling menghargai |
13 |
PG |
|||
|
6. disajikan
soal, siswa mampu mengetahui perbuatan tercela yang harus di bersihkan hati |
14 |
PG |
|||
|
7. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi kepada teman yang berbeda agama |
15 |
PG |
|||
|
8. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan sikap patuh terhadap guru |
8 |
Isian |
|||
|
9. disajikan
soal, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam berdiskusi |
9 |
Isian |
|||
|
10. disajikan
soal, siswa mampu mencontohkan sikap menghargai teman |
10 |
Isian |
|||
|
11. disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan keragaman dilingkungan sekolah |
4 |
Uraian |
|||
|
12. disajikan
soal, siswa mampu menghargai perbedaan |
5 |
Uraian |
|||
|
|
|
|
13. |
|
|
Mengetahui Kepala Sekolah ................................................. NIP. ............................................... |
Penyusun Soal ..................................... NIP. .............................................. |