Terimakasih telah berkunjung. Semoga modul ajar kurikulum merdeka PAI SD yang saya sajikan di sini bermanfaat. berikut juga ada beberapa modul ajar kurikulum Merdeka PAI SD yang lain yang bisa di akses di blog saya. Silakan tinggalkan komentar untuk perkembangan blog saya.
MODUL AJAR / RPP PAI SD KURIKULUM MERDEKA BAB 1-1
MODUL AJAR / RPP PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 1-2
MODUL AJAR / RPP PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 1-3
MODUL AJAR / RPP PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 1-4 (HABIS)
KISI-KISI PTS PAI SEMESTER GANJIL TERBARU 2022
MODUL
AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA
INFORMASI
UMUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. IDENTITAS MODUL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyusun
: ASEP SAEPULAH, S.Pd.I Instansi : SDN PESANTREN Tahun
Penyusunan : Tahun 2022 Jenjang
Sekolah : SD Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase
A, Kelas / Semester : I (Satu) / I (Ganjil) BAB
/ Tema : 3 / Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah Materi
Pokok : Membaca Basmalah Alokasi
Waktu : 2 x pertemuan (4x 35 Menit) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Peserta
didik diharapkan mampu membiasakan diri membaca basmalah · Peserta
didik diharapkan mampu melafalkan basmalah dengan lancar; · Peserta
didik diharapkan mampu menyebutkan arti basmalah dengan benar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Beriman
Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, · Berakhlak
Mulia, · Mandiri,
· Bernalar
Kritis, · Kreatif, · Bergotong-Royong,
· Berkebinekaan
Global |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Papan
tulis, spidol, serta alat tulis lainnya 2)
Proyektor LCD, pelantang (speaker)
aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video dan poster
bacaan basmalah |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Peserta
didik reguler/tipikal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Model
pembelajaran tatap muka. · Metode
pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan reading aloud |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPNEN
INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran : · Peserta
didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk membaca basmalah, melafalkan
basmalah dengan lancar, dan menyebutkan arti basmalah dengan benar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Membiasakan
diri membaca basmalah · Melafalkan
basmalah dengan lancar; · Menyebutkan
arti basmalah dengan benar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Menceritakan kegiatan yang
dilakukan oleh empat anak pada Gambar 3.2. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan a) Peserta
didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran
dengan berdoa b) Guru membangkitkan motivasi peserta didik
untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama. c) Guru meminta peserta didik untuk mengamati
Gambar 3.1 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk
selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.1 tersebut
menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1
sedang mempelajari materi membaca basmalah dan hamdalah. d) Guru memberikan penjelasan kepada peserta
didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3. e) Peserta didik mengamati peta konsep dan
guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan
alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3. a) Peserta didik dibagi ke dalam beberapa
kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat
anak. b) Peserta didik diarahkan untuk mengamati
Gambar 3.3. c) Guru menjelaskan bahwa penting untuk
mengawali kegiatan dengan membaca basmalah. d) Peserta didik yang sudah bisa melafalkan
basmalah dimotivasi untuk membacakannya. e) Guru menggunakan poster bacaan basmalah
untuk memberikan visualisasi bentuk huruf hijaiah. f) Peserta didik menirukan pelafalan basmalah
satu per satu beserta artinya. g) Guru memperhatikan pelafalan yang paling
bagus dari peserta didik. h) Beberapa peserta didik yang paling bagus
pelafalannya diminta bergantian melafalkan dengan keras, Peserta didik yang
lain diminta mendengarkan sambil melihat tulisan basmalah dan artinya. i) Setiap kelompok diminta melafalkannya
dengan keras secara bergantian. j) Setiap kelompok mengutus satu anggota
untuk diminta membaca keras. k) Guru mengajak peserta didik melafalkannya
bersama-sama dengan keras. l) Guru mengulang melafalkan dengan keras
beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap cukup tartil dan
lancar. m)
Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku akan membaca
basmalah setiap mengawali kegiatan” dan melafalkannya secara berulang-ulang
sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad yang kuat untuk
membaca basmalah setiap mengawali kegiatan. n) Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik
menebalkan kalimat kaligrafi basmalah sederhana beserta artinya sesuai dengan
Gambar 1.5 sekaligus menghiasnya dengan cara mewarnainya. Guru bisa
memfotokopi kaligrafi basmalah tersebut kemudian membagikan kertas kaligrafi
tersebut kepada peserta didik untuk ditebalkan sekaligus dihias dan diwarnai. o) Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta
didik saling menyimak bacaan basmalah beserta artinya secara bergantian. p) Untuk menambah pengetahuan peserta didik
terkait dengan membaca basmalah, guru menayangkan video tentang bacaan
basmalah. q) Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta
didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru. Kegiatan Penutup a) Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan
meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi
pembelajaran yang telah dilaksanakan. b) Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan
doa dan salam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. REFLEKSI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada
akhir pelajaran, guru dapat memandu peserta didik untuk melakukan aktivitas
refleksi agar peserta didik dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN
/ PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagaiberikut.
2) Penilaian sikap sosial dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal
sebagai berikut.
2) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya
jawab dengan peserta didik. Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik
diminta mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa. 3)
Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik.
Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut. Nama
Peserta didik: ........................................
• Skor
4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria. • Skor
3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria. • Skor
2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria. • Skor
1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria. • Skor
0 diberikan apabila peserta didik memenuhi kriteria sama sekali. Contoh kriteria: benar, tartil,
jelas, dan fasih Catatan:
Guru dapat memilih teknik dan strategi pengembangan instrumen penilaian
sendiri. Kunci Jawaban 1.
Sebelum memulai kegiatan, kita membaca .... (basmalah) 2.
Bismill<hir-ra[m<nir .... (rahim) 3.
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha .... (Penyayang) Penskoran: Tiap
butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30. Nilai
= Perolehan Nilai x 100 Jumlah Skor |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN
REMEDIAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Tindak Lanjut 1)
Perbaikan Kesempatan perbaikan
nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara
meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu
mencoba memberikan penilaian kembali. 2)
Pengayaan Kegiatan pengayaan
diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan
dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan
literasi yang terdapat pada buku siswa. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK (LKPD) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Ke-1 Nama
: Kelas
: Petunjuk! Aku akan menebalkan tulisan basmalah di bawah ini
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. BAHAN BACAAN GURU
& PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Buku
panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI
Tahun 2021 · Buku
siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun
2021 · Sumber
Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. GLOSARIUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Glosarium aktivitas : keaktifan;
kegiatan alternatif : pilihan di antara
dua atau beberapa kemungkinan. asmāul-ḥusnā : nama Allah Swt. yang
jumlahnya ada 99. card sort : model pembelajaran
aktif dengan memilah dan memilih kartu. drill and practice : teknik mengajar dengan
latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan
dan kecakapan tertentu. firman :
kata (perintah) Tuhan; sabda. forum grup discussion : model pembelajaran
aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara
kelompok. instrumen : alat yang dipakai untuk
mengerjakan sesuatu. interaksi :
hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan. kaisa : model pembelajaran
aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan
pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang
disesuaikan dengan arti tiap ayat. kaligrafi : seni menulis indah
dengan pena. karakteristik : mempunyai sifat khas sesuai
dengan perwatakan tertentu. kitab suci : wahyu Tuhan yang
dibukukan. komentar : ulasan atau
tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau
menjelaskan). make a match : model pembelajaran aktif
dengan cara mencari pasangan kartu. makhluk : sesuatu yang
dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan
tumbuh-tumbuhan). makharijul huruf : tempat keluarnya huruf. mind mapping : metode pembelajaran dengan
menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang
berkaitan. mukjizat : kejadian
(peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia. pahala : ganjaran Tuhan atas perbuatan
baik manusia; buah perbuatan baik. poster : plakat yang
dipasang di tempat umum. poster comment : model pembelajaran aktif
dengan mengomentari poster atau gambar. rakaat : bagian dari salat
(satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud). refleksi : cerminan;
gambaran. relevan : bersangkut paut;
berguna secara langsung. Rezeki : segala sesuatu yang dipakai
untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan
(sehari-hari); nafkah. role playing : model pembelajaran
aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan. snowball throwing : model pembelajaran aktif
dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan
imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas. Strategi : rencana yang
cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. syukur : rasa terima kasih
kepada Allah Swt. talking stick : metode
pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat
terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi
pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran. tartil : membaca Al-Qur’an
dengan pelan. tauhid : keesaan Allah;
kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu. teladan : sesuatu yang patut
ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan
sebagainya). video comment : model pembelajaran aktif
dengan mengomentari video. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Daftar
Pustaka Al-Jauziyah,
Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna.
Yogyakarta: Mitra Pustaka. Ariani
Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan
untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif. Asy,
Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi
Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang. Badan
Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V
versi daring resmi. B.Uno,
Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Daradjat,
Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran
Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Departemen
Agama RI. 2006. Al qur’an dan
Terjemahnya. Jakarta : Depag RI Dimyati
dan Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Kementerian
Agama Republik Indonesia. 2015. Modul
Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan
Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah. Lajnah
Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital. Melvin
L. Siberman. 2014. Active Learning; 101
Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Muchith,
Saekhan. 2008. Pembelajaran
Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup. Rusdianto.
2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para
Nabi. Jogjakarta: Diva Press. Sumantri,
Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016.
Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar.
Depok: PT Rajagrafindo Persada. Shihab,
M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah:
Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I. Yamin,
Martini. 2009. Strategi Pembelajaran
Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press. Yamin,
Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran
Konstruktivistik. Jakarta: Referensi. |
Untuk Modul Ajar PAI SD Kelas 1 Bab 3 Bagian 2 sialan klik di bawah ini:
MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 2 (DARI 4)
BACA JUGA