Blogger Jateng

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 1 BAGIAN 3 (DARI 4)

 

MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 1

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA

 


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

 

Nama Penyusun             : ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

Nama Sekolah                : SDN PESANTREN

Jenjang Sekolah              : SD

Tahun Penyusunan        : 2022

Modul Ajar                     : PAIdBP

Fase/Kelas                       : A / 1/ Ganjil

BAB / Tema                     : 1 / Aku Cinta Al Qur’an

Materi pokok                  : Aku Tahu Harakat

             Alokasi Waktu                 : 2 x Pertemuan (4 X 35 Menit)

 

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan harakat sederhana dengan baik;

·      Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan macam–macam harakat

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Al-Qur’an, papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Projector LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, media pembelajaran interaktif, gambar/poster huruf hijaiah, buku Iqra’/Tilawati, alat peraga huruf hijaiah, dan kartu hijaiah

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Dan make a match

KOMPONEN  INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu mengenal harakat sederhana dengan baik.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Menyebutkan arti harakat dengan baik;

·      Menyebutkan macam–macam harakat

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Jumlah Huruf Hijaiyah Ada Berapa?

·      Bagaimana cara melafalkan huruf Hijaiah?

·      Tuliskan contoh huruf hijaiah berharakat ?

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

a)  Guru memulai pembelajaran dengan berdoa dan bertemu dengan peserta didik

b)  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi bersama dan bertepuk.

c)  Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.5 pada buku teks di bagian awal Bab 1.

d)  Peserta didik diberi motivasi untuk menceritakan gambar yang terdapat di dalam buku siswa, untuk  selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa dalam gambar tersebut Kereta harakat.

e)  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 1.

f)  Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 1.

 

Kegiatan Inti

a)  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak 4 anak.

b)  Peserta didik diarahkan untuk mengamati kereta harakat pada Gambar 1.6 sekaligus menyimak penjelasan guru.

c)  Guru menjelaskan bahwa huruf hijaiah bisa dibunyikan apabila diberi harakat sehingga peserta didik harus mengenal dan menghafal harakat.

d)  Peserta didik yang sudah mengenal harakat dimotivasi untuk menyebutkan satu per satu lambang harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) beserta namanya.

e)  Guru menggunakan poster huruf hijaiah dan harakat atau alat peraga huruf hijaiah dan harakat tiga dimensi untuk memberikan visualisasi bentuk huruf hijaiah dan harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah).

f)  Peserta didik menirukan pelafalan harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) serta menunjukkan lambangnya dan menyebutkan bunyinya.

g)  Peserta didik mencoba membaca contoh huruf hijaiah berharakat yang terdapat di dalam buku siswa.

h)  Guru memberikan penjelasan contoh lebih luas tentang cara membaca huruf hijaiah berharakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) dengan menggunakan media video pembelajaran huruf hijaiah ataupun media gambar.

i)  Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku akan berlatih membaca huruf hijaiah berharakat” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan tekad dan semangat berlatih membaca huruf hijaiah berharakat dapat tertanam di dalam jiwa peserta didik.

j)  Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik diajak bermain kartu harakat. Metode yang digunakan adalah make a match. Untuk itu, disediakan 3 kartu lambang harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) dan 3 kartu nama harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah). Untuk melekasanakan permainan tersebut, peserta didik diminta mengamati Gambar 1.7 pada buku siswa.

k)  Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan pengenalan harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah), guru menayangkan bentuk visual atau video tentang harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah).

l)  Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diminta memasangkan (menarik garis) nama harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) yang berada di sebelah kiri dan lambang harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) yang berada di sebelah kanan.

 

Kegiatan Penutup

a)  Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu peserta didik untuk melakukan aktivitas refleksi agar peserta didik dapat mengemukakan pendapatnya terhadap materi pembelajaran yang telah dilaksanakan seperti dengan cara memancing pertanyaan, membuat ajakan, memberikan ulasan singkat ataupun menanamkan semacam persepsi dan sejenisnya terhadap peserta didik setelah materi pelajaran disampaikan oleh guru.

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

3)   Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu guru menunjukkan salah satu harakat sederhana, lalu peserta didik menyebutkan nama harakat tersebut. Sementara itu, tes tulis dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk memasangkan (menarik garis) nama harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) yang berada di sebelah kiri dan lambang harakat sederhana (fat[ah, kasrah, dan {ammah) yang berada di sebelah kanan.

4)   Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik. Instrumen yang digunakan berupa rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Membedakan harakat sederhana

 

 

 

 

 

2

Menunjukkan hafalan harakat sederhana

 

 

 

 

 

3

Melafalkan huruf hijaiah berharakat

 

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

• Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar, tartil, jelas, dan fasih

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi strategi mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

 

Kunci Jawaban

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan

penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Pasangkan nama dan lambang harokat berikut dengan menarik garis!

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

C.   GLOSARIUM

Glosarium

 

aktivitas                        : keaktifan; kegiatan

alternatif                       : pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

asmāul-ḥusnā               : nama Allah Swt. yang jumlahnya ada 99.

card sort                        : model pembelajaran aktif dengan memilah dan memilih kartu.

drill and practice          : teknik mengajar dengan latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan dan kecakapan tertentu. firman : kata (perintah) Tuhan; sabda.

forum grup discussion : model pembelajaran aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok.

instrumen                      : alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. interaksi : hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan.

kaisa                               : model pembelajaran aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti tiap ayat.

kaligrafi                         : seni menulis indah dengan pena.

karakteristik                 : mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.

kitab suci                       : wahyu Tuhan yang dibukukan.

komentar                       : ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan).

make a match                : model pembelajaran aktif dengan cara mencari pasangan kartu.

makhluk                         : sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

makharijul huruf          : tempat keluarnya huruf.

mind mapping               : metode pembelajaran dengan menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.

mukjizat                        : kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

pahala                            : ganjaran Tuhan atas perbuatan baik manusia; buah perbuatan baik.

poster                             : plakat yang dipasang di tempat umum.

poster comment            : model pembelajaran aktif dengan mengomentari poster atau gambar.

rakaat                            : bagian dari salat (satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud).

refleksi                           : cerminan; gambaran.

relevan                           : bersangkut paut; berguna secara langsung.

Rezeki                            : segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.

role playing                    : model pembelajaran aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan.

snowball throwing        : model pembelajaran aktif dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas.

Strategi                           : rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

syukur                            : rasa terima kasih kepada Allah Swt.

talking stick                   : metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran.

tartil                               : membaca Al-Qur’an dengan pelan.

tauhid                             : keesaan Allah; kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu.

teladan                           : sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

video comment              : model pembelajaran aktif dengan mengomentari video.

D.   DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka

 

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ariani Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif.

Asy, Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V versi daring resmi.

B.Uno, Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Al qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Depag RI

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital.

Melvin L. Siberman. 2014. Active Learning; 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup.

Rusdianto. 2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para Nabi. Jogjakarta: Diva Press.

Sumantri, Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Shihab, M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I.

Yamin, Martini. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.


Untuk Modul Ajar PAI SD Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bab 1 Bagian 4 Silakan Klik di Bawah ini:

 MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 1 BAGIAN 4 (HABIS)