Blogger Jateng

KISI-KISI PTS PAI SD TERBARU 2022 (KELAS 5) SEMESTER 1


Kisi-Kisi PTS PAI Semester 1


KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1

KELAS V

TAHUN AJARAN 2022/ 2023

 

 

Mata Pelajaran       :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas                                    :  V

Jumlah Soal             :  30

Bentuk Soal             :  Pilihan Ganda, Isian Singkat, Essay

Penyusun                 :  ..........................................

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

No Soal

Bentuk Soal

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

1

3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-   Mā’ūn dengan baik dan tartil.

Mempelajari Surat At-Tin

Mengingat

(Cl)

Peserta didik dapat menyebutkan jumlah ayat yang terdapat pada surat At-Tin dengan benar

1

PG

Menerapkan

(C3)

Disajikan penggalan ayat dari Q.S At-Tin ayat 4, peserta didik dapat menentukan  hukum tajwid yang terdapat pada Q.S At-Tin ayat 4 dengan benar

 

2

PG

Menerapkan

(C3)

Disajikan bagan yang berisi Q.S. At-Tin ayat 1,2,dan 3 dan terjemahannya. Peserta didik dapat memasangkan lafadz dan terjemahnya dengan benar

3

PG

Analisis

(C4)

Disajikan Q.S. At-Tin ayat 4, Peserta didik dapat menelaah makna kandungan pada Q.S At-Tin ayat 4 dengan benar

4

PG

Mengingat

(C1)

 

Peserta didik dapat menyebutkan nabi yang menerima wahyu dibukit sinai dengan benar

5

PG

 

Mengingat

(C1)

Disajikan lafadz Q.S.At-Tin, pesertaa didik dapat menyebutkan Q.S.At-tin ayat 6 dengan benar

16

Isian

Pemahaman

(C2)

Peserta didik dapat membandingkan kesempurnaan manusia dibanding makhluk lain

17

Isian

Mengingat

(C1)

Disajikan ayat Q.S. At-Tin. Peserta didik dapat menafsirkan maksud dari kota yang aman berdasarkan Q.S at-Tin ayat 3 dengan benar

18

Isian

Menganalisis

(C4)

Disajikan lafadz Q.S. At-Tin, peserta didik dapat menganalisi kandungan yang terdapat dalam Q.S.At-Tin ayat 8 dengan benar

26

Essay

2

\

3.2              Memahami makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan al-Ahad.

 

Mengimani Asmaul Husna dan Kitab-kitab Allah Swt.

Memahami

(C2)

Peserta didik dapat mengartikan asmaul husna dengan benar

6

PG

 

Analisis

(C4)

Disajikan fenomena dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat mengidentifikasi makna asmaul husna Al-Qoyyum dengan benar

7

PG

Mengevaluasi

(C5)

Disajikan Q.S. Al-ikhlas ayat 3 siswa dapat menyimpulkan kandungan Asmaul husna Al-Ahad dari surah Al-Ikhlas dengan benar

8

PG

Analisis

(C4)

Disajikan kisah Nabi Nuh a.s, Peserta didik dapat menelaah makna Asmaul husna Al-Mumit dengan benar

19

Isian

Analisis

(C4)

Peserta didik dapat membuktikan bahwa Allah memiliki asmaul husna al;mumit dengan benar

27

Essay

3.4 Memahami mana diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulnya sebagai implementasi rukun iman

Mengingat

(C1)

Peserta didik dapat meyebutkan wahyu yang diterima Nabi Daud a.s dengan benar

9

PG

 

Memahami (C2)

Peserta didik dapat menentukan ajaran yang terkandungan dalam Al-Quran yang mengajarkan sejarah umat terdahulu dengan benar

10

PG

Mengingat

(C1)

Peserta didik dapat menyebutkan Rukun iman ke 3 dengan benar

20

Isian

Mengingat

(C1)

Peserta didik dapat menyebutkan kitab penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya dengan benar

21

Isian

Mengingat

(C1)

Peserta didik dapat menyebutkan 4 nama kitab-kitab Allah beserta Rosul yang menerima nya dengan benar

28

Essay

3

3.5              Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

Muslim yang berakhlak Mulia

Menerapkan

(C3)

Disajikan gambar peserta didik dapat menentukan contoh perilaku jujur terhadap Allah swt dengan benar

11

PG

Menerapkan

(C3)

Peserta didik dapat mengelompokan hikmah berperilaku jujur

12

PG

Pemahaman

(C2)

Peserta didik dapat menjelaskan makna jujur dengan benar

22

isian

3.6              Memahami makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

 

 

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat mencontohkan sikap hormat terhadap orang tua dengan benar

13

PG

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat mencontohkan sikap hormat terhadap guru disekolah dengan benar

14

PG

Mengingat

(C1)

Peserta didik dapat menyebutkan peran guru sebagai orang tua kedua dengan benar

23

PG

Pemahaman

(C2)

Peserta didik dapat menyebutkan makna birrul walidain dengan benar

24

PG

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat memberikan contoh cara hormat dan patuh terhadap orang tua dengan benar

29

Essay

3.7              Memahami makna saling menghargai sesama manusia.

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat menentukan sikap toleransi terhadap teman yang berbeda agama

15

PG

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat menentukkan sikap toleransi antar umat beragama dengan benar

25

Isian

Penerapan

(C3)

Peserta didik dapat memberikan contoh cara menghargai pendapat orang lain dalam bermusyaawarah dengan benar

30

Essay

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

............................................

............................................

 

 

 

Penyusun Soal

 

 

 

........................................

.........................................