Blogger Jateng

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 2 (DARI 4)

 

MODUL AJAR PAI SD KURKULUM MERDEKA KELAS 1

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA

 


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun                           :   ASEP SAEPULAH,S.Pd.I

Instansi                              :   SDN PESANTREN

Tahun Penyusunan           :   Tahun 2022

Jenjang Sekolah                :   SD

Mata Pelajaran                 :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fase A, Kelas / Semester  :        I (Satu)  / I (Ganjil)

BAB / Tema                       :   3 / Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Materi Pokok                     :   Membaca Hamdalah

Alokasi Waktu                   :   2 x pertemuan (4x 35 Menit)

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri membaca hamdalah

  • Peserta didik diharapkan mampu melafalkan hamdalah dengan lancar;
  • Peserta didik diharapkan mampu menyebutkan arti hamdalah dengan benar

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, dan media pembelajaran interaktif berupa video dan poster bacaan hamdalah

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

  • Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan reading aloud

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk membaca hamdalah, melafalkan hamdalah dengan lancar, dan menyebutkan arti hamdalah dengan benar..

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

  • Membiasakan diri membaca hamdalah
  • Melafalkan hamdalah dengan lancar;
  • Menyebutkan arti hamdalah dengan benar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Aku mengakhiri setiap kegiatan dengan membaca ....

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

a)  Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

b)  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

c)  Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.5 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.5 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi membaca hamdalah.

d)  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

e)  Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

a)  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

b)  Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.6.

c)  Guru menjelaskan bahwa penting untuk mengakhiri kegiatan dengan membaca hamdalah.

d)  Peserta didik yang sudah bisa melafalkan hamdalah dimotivasi untuk membacakannya.

e)  Guru menggunakan poster bacaan hamdalah untuk memberikan visualisasi bentuk huruf hijaiah.

f)   Peserta didik menirukan pelafalan hamdalah satu per satu beserta artinya.

g)  Guru memperhatikan pelafalan yang paling bagus dari peserta didik.

h)  Beberapa peserta didik yang paling bagus pelafalannya diminta bergantian melafalkannya dengan keras, sedangkan peserta didik yang lain mendengarkan sambil melihat tulisan hamdalah dan artinya.

i)   Setiap kelompok diminta melafalkan dengan keras secara bergantian.

j)   Setiap kelompok mengutus satu anggota untuk diminta membacakannya dengan keras.

k)  Guru mengajak peserta didik melafalkannya dengan keras secara bersama-sama.

l)   Guru mengulang pelafalan dengan keras beberapa kali sampai semua bacaan peserta didik dianggap cukup tartil dan lancar.

m) Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku akan membaca hamdalah setiap mengakhiri kegiatan” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad untuk membaca hamdalah setiap mengakhiri kegiatan.

n)  Pada rubrik Kegiatanku, peserta didik menebalkan kaligrafi hamdalah sederhana beserta artinya sesuai dengan Gambar 3.7 sekaligus menghias dengan cara mewarnainya. Guru bisa memfotokopi kaligrafi hamdalah tersebut kemudian membagikan kertas kaligrafi tersebut kepada peserta didik untuk ditebalkan sekaligus dihias dan diwarnai.

o)  Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik saling menyimak bacaan hamdalah beserta artinya secara bergantian.

p)  Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan membaca hamdalah, guru menayangkan video tentang bacaan hamdalah.

q)  Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab soal pada buku siswa secara singkat dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

a)  Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

 

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)   Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik. Sementara itu, untuk tes tulis, peserta didik mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa.

4)   Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Melafalkan bacaan hamdalah

 

 

 

 

 

2

Menyebutkan arti bacaan hamdalah

 

 

 

 

 

3

Menunjukkan hafalan bacaan hamdalahbeserta artinya

 

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

• Skor 0 diberikan apabila peserta didik memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar, tartil, jelas, dan fasih

Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri.

 

Kunci Jawaban

1) Setelah mengakhiri kegiatan, aku membaca .... (hamdalah)

2) Alhamdulillahi rabbil .... (‘alamin)

3) “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh ....” (alam)

 

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

 

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

 

 

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Ke-1

 

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Aku akan menebalkan bacaan hamdalah di bawah ini

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

C.   GLOSARIUM

Glosarium

 

aktivitas                        : keaktifan; kegiatan

alternatif                       : pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

asmāul-ḥusnā               : nama Allah Swt. yang jumlahnya ada 99.

card sort                        : model pembelajaran aktif dengan memilah dan memilih kartu.

drill and practice          : teknik mengajar dengan latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan dan kecakapan tertentu. firman : kata (perintah) Tuhan; sabda.

forum grup discussion : model pembelajaran aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok.

instrumen                      : alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. interaksi : hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan.

kaisa                               : model pembelajaran aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti tiap ayat.

kaligrafi                         : seni menulis indah dengan pena.

karakteristik                 : mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.

kitab suci                       : wahyu Tuhan yang dibukukan.

komentar                       : ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan).

make a match                : model pembelajaran aktif dengan cara mencari pasangan kartu.

makhluk                         : sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

makharijul huruf          : tempat keluarnya huruf.

mind mapping               : metode pembelajaran dengan menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.

mukjizat                        : kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

pahala                            : ganjaran Tuhan atas perbuatan baik manusia; buah perbuatan baik.

poster                             : plakat yang dipasang di tempat umum.

poster comment            : model pembelajaran aktif dengan mengomentari poster atau gambar.

rakaat                            : bagian dari salat (satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud).

refleksi                           : cerminan; gambaran.

relevan                           : bersangkut paut; berguna secara langsung.

Rezeki                            : segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.

role playing                    : model pembelajaran aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan.

snowball throwing        : model pembelajaran aktif dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas.

Strategi                           : rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

syukur                            : rasa terima kasih kepada Allah Swt.

talking stick                   : metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran.

tartil                               : membaca Al-Qur’an dengan pelan.

tauhid                             : keesaan Allah; kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu.

teladan                           : sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

video comment              : model pembelajaran aktif dengan mengomentari video.

 

D.   DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka

 

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ariani Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif.

Asy, Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V versi daring resmi.

B.Uno, Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Al qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Depag RI

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital.

Melvin L. Siberman. 2014. Active Learning; 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup.

Rusdianto. 2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para Nabi. Jogjakarta: Diva Press.

Sumantri, Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Shihab, M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I.

Yamin, Martini. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.


Untuk Modul Ajar PAI SD Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bab 3 Bagian 3 Silakan Klik Di Bawah Ini: 

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 3 (DARI 4)