Blogger Jateng

Mengatasi Kesulitan Anda Dalam Menulis

Mengatasi Kesulitan Anda Dalam Menulis--Sedang tidak bisa menulis puisi,  apalagi artikel.  Otak sepertinya blank.  Entah efek apakah.  Yang jelas malas datang dan melingkupi.

Kalau lagi begini nih butuh pencerahan.  Butuh inspirasi bahkan lebih dari itu,  sedang butuh motivasi. Daya dorong yang bisa membangkitkan gairah semangat menulis lagi. 


Benerapa minggu ini memang begitu.  Dipikir mungkin karena kesibukan. Tapi dipikir lagi itu alasan klise.  Tengah dirasakan bahwa kemalasan memang butuh alasan dan alasan selalu ada dibalik kemalasan.  Dulu dan masih sering saya koar koar bahwa loser have a thousand reason,  pecundang punya seribu alasan.  Tapi sekarang itu tengah dirasakan.  

Winner have a thousand solution. Sebaliknya,  pemenang selalu punya seribu jalan keluar.  Pada akhirnya secara jujur saya berpikir,  lebih baik segera bangkit dan mencari solusi daripada ndumel, solilukoi, dan memperpanjang daftar alasan. 

Tidak mudah memang untuk menulis.  Tapi tidak sulit juga untuk menulis.  Selama mau berpikir dan berusaha.  

Seperti tulisan saya ini,  diawali kemalasan yang saya tuangkan maka jadilah tulisan.  Ya,  kemalasan yang dirasakan saja bisa jadi tulisan.

Memang tulisan ini lebih dekat curhat daripada memaparkan,  menganalisis,  atau menghadirkan solusi,  tetapi itulah saya apa adanya. Ya begini ini. 

Poin pentingnya adalah para pembaca bisa menelaah kesulitan saya menulis.  Termasuk pergumulan saya dengan kemalasan.  Kata-kata bijak di atas bolehlah para pembaca gunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Mungkin penerapannya bukan pada kemalasan menulis seperti saya,  tetapu pada hal lain semisal pekerjaan atau ibadah.  

Harapannya,  meski tulisan ini ringan,  tak beraturan dan loncat-loncat,  saya tetap berharap dapat menjadi referensi atau inspirasi bagi kemajuan dan perbaikan cara kita semua hidup,  cara kita semua menghadapi persoalan-persoalan hidup sehari-hari..