Blogger Jateng

LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI CPNS PUSDIKMIN POLRI BANDUNG (BAB 1)


Laporan Aktualisasi Dan Habituasi


BAB I

PENDAHULUAN

 Baca Juga BAB 2

A.            Latar Belakang

Peran negara dalam menjalankan roda pemerintahan membutuhkan kontribusi segenap anak bangsa. Sebab fungsi negara akan menemukan pijakannya ketika para abdi negara bekerja dengan penuh dedikasi dan pengabdian untuk bangsa dan negara itu sendiri. Aparatur Sipil Negara atau ASN adalah pilar penting dalam menjalankan amanah mempertahankan kedirian sebuah negara. Dan hal itu diatur melalui hukum yang tertuang dalam sebuah undang-undang.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), menyebutkan bahwa ASN merupakan pelaksana kebijakan publik memiliki peran penting dalam memerankan fungsinya sebagai abdi negara yang menjalankan roda pemerintahan. Selain sebagai pelaksana kebijakan publik, ASN berperan sebagai pelayan publik dan perekat serta pemersatu bangsa. ASN harus memiliki integritas dan kompetensi yang baik agar dapat berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Salah satu profesi pelayanan publik yang ada di masyarakat adalah profesi guru sebagai tonggak pendidikan nasional untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Salah satu tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia yang tertera dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
1
Tugas guru sesuai dengan pasal 52 Peraturan Pemerintah Nomor 74, yaitu merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada tugas pokok. Dengan kualitas guru yang baik, maka akan dihasilkan pula pembelajaran dan kualitas pemahaman nilai-nilai pembelajaran yang optimal pada siswa. Meskipun demikian, tidak semua pendidik sanggup untuk melaksanakan tugas-tugas seorang guru secara menyeluruh.
Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah kota cirebon tahun 2019. Di dalamnya terangkum segala aktivitas atau kegiatan aktualisasi sebagaimana yang telah direncanakan dan tertuang dalam rancangan aktualisasi dan habituasi. Selama sebulan sejak selesainya kegiatan latsar CPNS non polri yang bertempat di lemdiklat Pusdikmin Polri, penulis mempraktikkan ilmu yang didapat dalam lingkungan kerja yaitu SDN Pesantren Kota Cirebon.

B.      Tujuan
Adapun tujuan aktualisasi Nilai-nilai dasar ANEKA yang dilaksanakan di SDN Pesantren Kota Cirebon adalah :
1.         Mampu menerapkan nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi;
2.         Mampu menerapkan 3 (tiga) mata diklat Whole of Government. Manajemen ASN dan Pelayanan Publik;
3.         Mampu mewujudkan pembelajaran berkarakter yang dapat menumbuhkan IPTEK dan IMTAQ siswa.
4.         Secara spesifik, mampu melaksanakan tugas sebagai peserta diklat CPNS yaitu yang tertulis dalam rancangan aktualisasi dan habituasi nilai dasar ASN.

C.    Manfaat
Manfaat aktualisasi Nilai-nilai dasar ANEKA yang dilaksanakan di SDN Pesantren Kota Cirebon adalah :
1.         Manfaat untuk sekolah
a.        Meningkatkan efektivitas, efesiensi, inovasi, serta mutu pelayanan pendidikan di SDN Pesantren Kota Cirebon;
b.        Dapat memberikan kualitas layanan yang prima sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah (dalam hal ini sekolah).
2.         Manfaat untuk diri sendiri
a.        Dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat (baca: siswa) terhadap kualitas pelayanan yang diberikan ASN;
b.        Meningkatkan pendidikan karakter, keterampilan dan sikap peserta didik SDN Pesantren Kota Cirebon;
c.         Meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan anti korupsi sebagai landasan dalam menjalankan profesi sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Ahli Pertama.
d.        Membaur dalam instansi dimana penulis mengabdi yang notabene bagi penulis adalah lingkungan baru serta memberikan warna terbaik dalam suasana kerja demi pengabdian kepada negara.