Blogger Jateng

LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI CPNS PUSDIKMIN POLRI BANDUNG (BAB 4 Habis)


Laporan Aktualisasi Dan Habituasi CPNS



BAB IV
PENUTUP

Baca Juga Bab 1

A.        Simpulan
Laporan akhir aktualisasi dan habituasi yang dilaksanakan di SDN Pesantren Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon mengandung penerapan nilai-nilai dasar ASN seperti akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, serta penerapan asas-asas whole of government, manajemen ASN, dan pelayanan publik di lingkungan unit kerja untuk mewujudkan guru yang profesional dalam melayani masyarakat.
Kegiatan aktualisasi dan habituasi ini terdiri atas Tujuh kegiatan. Kegiatan aktualisasi dan habituasi yang dilaksanakan antara lain: (1) Penyusunan RPP dan Promes; (2) Kegiatan 3s (senyum, salam, sapa) menyambut siswa pagi hari; (3) Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM); (4) Melaksanakan kegiatan Bimbingan Belajar; (5) Membuat media pembelajaran; (6) Membuat kisi-kisi dan naskah soal. Aktualisasi dan habituasi ini dilaksanakan di SDN Pesantren Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon pada tanggal 1 Juli sampai 27 Juli 2019.
Kegiatan-kegiatan selama pelaksanaan aktualisasi dan habituasi dikembangkan sesuai dengan konteks dan kondisi di lingkungan kerja. Nilai-nilai dasar profesi aparatur sipil negara (ASN) dijadikan sebagai landasan pelaksanaan, yang dilanjutkan dengan analisis dampak dan kontribusi kegiatan-kegiatan tersebut terhadap organisasi dan lingkungan kerja.
Pengaktualisasian nilai-nilai dasar profesi ASN di lingkungan kerja memberikan stimulan dan dorongan positif kepada peserta diklat untuk lebih profesional penuh berintegritas dalam proses melaksanakan setiap tugas dan kewajiban sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ahli pertama di SDN Pesantren Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Pelaksanaan kegiatan diharapkan memberikan kontribusi terhadap pemberian pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik berdasarkan nilai-nilai dasar profesi ASN.
Demikian laporan akhir ini dibuat untuk mewujudkan kemampuan guru sebagai pelayan masyarakat yang benar-benar mencerminkan aparatur yang profesional dan kompeten terhadap pekerjaannya.

B.        Saran

Penulisan laporan akhir aktualisasi dan habituasi yang dilaksanakan di SDN Pesantren ini masih memiliki kekurangan, sehingga membutuhkan saran dan masukan untuk dapat dihabituasikan dilingkungan kerja penulis. Oleh sebab itu, pembaca dapat memberikan saran yang membangun guna terlaksananya kegiatan aktualisasi dan habituasi yang lebih baik.