Blogger Jateng

KISI-KISI PTS PAI SD TERBARU 2022 (Kelas 6) SEMESTER 1

Kisi-kisi PTS PAI SD
KISI-KISI PTS PAI TERBARU 2022 (KELAS 4) SEMESTER 1

KISI-KISI PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1

KELAS 6 (ENAM)

TAHUN AJARAN 2022/ 2023

 

 

Mata Pelajaran           :  PAI DAN BUDI PEKERTI

Kelas                            :  6 (ENAM)

Jumlah Soal               :  30 SOAL

Bentuk Soal               :  15 PILIHAN GANDA, 10 ISIAN, 5 ESSAY

Penyusun                   :  ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

 

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

No. Soal

Bentuk Soal

Pendidikan agama Islam dan budi pekerti

 

3.1 Memahami makna surat Al-Kafirun, surat Al-Maidah: 2-5, dan surat Al-Hujurat:12-13 dengan benar

Indahnya Saling Menghormati

C2

Melalui deskripsi singkat, Siswa dapat memahami sebab diturunkannya QS. Al-kafirun dengan benar

1

PG

C4

Melalui daftar pernyataan, siswa dapat menganalisis pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan QS. Al-Kafirun dengan benar

2

PG

C1

Melalui ayat, siswa dapat menyebutkan ayat ke berapa dari penggalan ayat dari QS Al-Kafirun dengan benar

3

PG

C1

Melalui arti ayat, siswa dapat mengidentifikasi ayat yang sesuai dengan arti dimaksud dengan benar

4

PG

C1

Melalui deskripsi, siswa dapat menyebutkan padanan kata toleransi dalam bahasa arab dengan benar

5

PG

C4

Melalui wacana, siswa dapat menganalisis perbuatan yang dibolehkan dan dilarang dalam toleransi beragama sesuai dengan isi kandungan QS. Al-Kafirun dengan benar

6

PG

4.1.2 Menulis surat Al-Kafirun, surat Al-Maidah: 2-5, dan surat Al-Hujurat:12-13 dengan benar

C2

Melalui wacana, siswa dapat menuliskan penggalan ayat berupa lafadz dari QS al-Kafirun dalam tulisan arab dengan benar

16

Isian

C1

Melalui penggalan ayat, siswa dapat menuliskan bunyi bacaan lafadz dengan tulisan latin dengan benar

17

Isian

C1

Melalui wacana, siswa dapat menuliskan bunyi ayat kedua dari QS Al-Kafirun dengan benar

18

Isian

C1

Melalui penggalan ayat, siswa dapat menyebutkan ayat berapa penggalan ayat tersebut dengan benar

19

Isian

C2

Melalui wacana, siswa dapat menuliskan penggalan ayat dari QS Al-Kafirun dengan benar

26

Essay

C3

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan sikap seorang muslim yang dilarang dalam toleransi beragama dengan benar

27

Essay

 

3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

Beriman Kepada Hari Akhir

C2

Melalui daftar acak urutan rukun iman, siswa dapat  mengurutkan rukun iman dengan benar

7

PG

C2

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan surat yang menjelaskan kedahsyatan terjadinya kiamat kubra dengan benar

8

PG

C3

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh kejadian yang bukan termasuk kiamat sugra dengan benar

10

PG

C1

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan arti dari nama lain hari kiamat (yaumul hisab) dengan benar

20

Isian

C1

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda-tanda akan terjadinya kiamat kubra dengan benar

11

PG

C1

Melalui penggalan ayat, siswa dapat menyebutkan arti ayat pertama surat az-Zalzalah tentang kiamat dengan benar

12

PG

C1

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda-tanda kiamat kubra dengan benar

21

Isian

C3

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh sikap sebagai implementasi beriman kepada hari akhir dengan benar

9

PG

C2

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda orang beriman kepada hari akhir dengan benar

22

Isian

C2

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan 2 contoh sikap beriman kepada hari kiamat dengan benar

28

Essay

C1

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan perbedaan kiamat sugra dengan kiamat kubra

29

Essay

 

3.2 Memahami makna al-Asmaul Husna Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baaqi

Indahnya nama-nama Allah Swt

C1

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan arti dari nama Allah as-Shamad dengan benar

13

PG

C3

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh sikap memohon kepada Allah yang Maha dibutuhkan (as-Shamad) dengan benar

14

PG

C2

Melalui wacana, siswa dapat memahami pengertian dari Asmaul Husna Allah Al-Muqtadir dengan benar

15

PG

C2

Melalui wacana, siswa dapat memahami pengertian dari Asmaul Husna Allah Al-Muqaddim dengan benar

23

Isian

C3

Melalui wacana, siswa dapat menunjukkan contoh sikap meneladani asmaul husna Al-Muqaddim dengan benar

24

Isian

C3

Melalui wacana, siswa dapat menunjukkan contoh sikap meneladani asmaul husna Al-Baaqi dengan benar

25

Isian

C3

Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan pengertian Ash-Shamad dan menunjukkan contoh sikap meneladani Asmaul Husna Ash-Shamad dengan benar

30

Essay

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

SDN Pesantren

 

 

 

SARIMAH, S.Pd

NIP. 197807122007012018

 

Kota cirebon, 13 September 2022

 

Penyusun Soal,

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 198409072019031004