Kisi-kisi PTS PAI SD |
KELAS 6 (ENAM)
TAHUN AJARAN 2022/ 2023
Mata Pelajaran : PAI DAN BUDI PEKERTI
Kelas : 6 (ENAM)
Jumlah Soal : 30 SOAL
Bentuk Soal : 15 PILIHAN GANDA, 10 ISIAN, 5 ESSAY
Penyusun : ASEP SAEPULAH, S.Pd.I
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
No.
Soal |
Bentuk Soal |
Pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
||||||
|
3.1 Memahami makna surat Al-Kafirun, surat Al-Maidah:
2-5, dan surat Al-Hujurat:12-13 dengan benar |
Indahnya Saling Menghormati |
C2 |
Melalui deskripsi singkat, Siswa dapat memahami sebab
diturunkannya QS. Al-kafirun dengan benar |
1 |
PG |
C4 |
Melalui daftar pernyataan, siswa dapat menganalisis
pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan QS. Al-Kafirun dengan benar |
2 |
PG |
|||
C1 |
Melalui ayat, siswa dapat menyebutkan ayat ke berapa
dari penggalan ayat dari QS Al-Kafirun dengan benar |
3 |
PG |
|||
C1 |
Melalui arti ayat, siswa dapat mengidentifikasi ayat
yang sesuai dengan arti dimaksud dengan benar |
4 |
PG |
|||
C1 |
Melalui deskripsi, siswa dapat menyebutkan padanan kata
toleransi dalam bahasa arab dengan benar |
5 |
PG |
|||
C4 |
Melalui wacana, siswa dapat menganalisis perbuatan yang
dibolehkan dan dilarang dalam toleransi beragama sesuai dengan isi kandungan
QS. Al-Kafirun dengan benar |
6 |
PG |
|||
4.1.2 Menulis surat
Al-Kafirun, surat Al-Maidah: 2-5, dan surat Al-Hujurat:12-13 dengan benar |
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat menuliskan penggalan ayat
berupa lafadz dari QS al-Kafirun dalam tulisan arab dengan benar |
16 |
Isian |
||
C1 |
Melalui penggalan ayat, siswa dapat menuliskan bunyi
bacaan lafadz dengan tulisan latin dengan benar |
17 |
Isian |
|||
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menuliskan bunyi ayat kedua
dari QS Al-Kafirun dengan benar |
18 |
Isian |
|||
C1 |
Melalui penggalan ayat, siswa dapat menyebutkan ayat
berapa penggalan ayat tersebut dengan benar |
19 |
Isian |
|||
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat menuliskan penggalan ayat
dari QS Al-Kafirun dengan benar |
26 |
Essay |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan sikap seorang
muslim yang dilarang dalam toleransi beragama dengan benar |
27 |
Essay |
|||
|
3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang
dapat membentuk perilaku akhlak mulia |
Beriman Kepada Hari Akhir |
C2 |
Melalui daftar acak urutan rukun iman, siswa dapat mengurutkan rukun iman dengan benar |
7 |
PG |
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan surat yang
menjelaskan kedahsyatan terjadinya kiamat kubra dengan benar |
8 |
PG |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh kejadian
yang bukan termasuk kiamat sugra dengan benar |
10 |
PG |
|||
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan arti dari nama lain
hari kiamat (yaumul hisab) dengan benar |
20 |
Isian |
|||
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda-tanda
akan terjadinya kiamat kubra dengan benar |
11 |
PG |
|||
C1 |
Melalui penggalan ayat, siswa dapat menyebutkan arti
ayat pertama surat az-Zalzalah tentang kiamat dengan benar |
12 |
PG |
|||
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda-tanda
kiamat kubra dengan benar |
21 |
Isian |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh sikap
sebagai implementasi beriman kepada hari akhir dengan benar |
9 |
PG |
|||
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan tanda orang
beriman kepada hari akhir dengan benar |
22 |
Isian |
|||
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan 2 contoh sikap
beriman kepada hari kiamat dengan benar |
28 |
Essay |
|||
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan perbedaan
kiamat sugra dengan kiamat kubra |
29 |
Essay |
|||
|
3.2 Memahami makna al-Asmaul Husna Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baaqi |
Indahnya nama-nama Allah Swt |
C1 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan arti dari nama
Allah as-Shamad dengan benar |
13 |
PG |
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan contoh sikap
memohon kepada Allah yang Maha dibutuhkan (as-Shamad) dengan benar |
14 |
PG |
|||
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat memahami pengertian dari
Asmaul Husna Allah Al-Muqtadir dengan benar |
15 |
PG |
|||
C2 |
Melalui wacana, siswa dapat memahami pengertian dari
Asmaul Husna Allah Al-Muqaddim dengan benar |
23 |
Isian |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menunjukkan contoh sikap
meneladani asmaul husna Al-Muqaddim dengan benar |
24 |
Isian |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menunjukkan contoh sikap
meneladani asmaul husna Al-Baaqi dengan benar |
25 |
Isian |
|||
C3 |
Melalui wacana, siswa dapat menyebutkan pengertian
Ash-Shamad dan menunjukkan contoh sikap meneladani Asmaul Husna Ash-Shamad
dengan benar |
30 |
Essay |
Mengetahui Kepala Sekolah SDN Pesantren SARIMAH, S.Pd NIP. 197807122007012018 |
Kota cirebon, 13 September 2022 Penyusun Soal, ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 198409072019031004 |