KISI-KISI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1
KELAS V
TAHUN AJARAN 2022/ 2023
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
V
Jumlah Soal : 30
Bentuk Soal : Pilihan Ganda, Isian Singkat, Essay
Penyusun : ..........................................
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
No Soal |
Bentuk Soal |
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti |
||||||
1 |
3.1 Memahami
makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al- Mā’ūn
dengan baik dan tartil. |
Mempelajari
Surat At-Tin |
Mengingat (Cl) |
Peserta
didik dapat menyebutkan jumlah ayat yang terdapat pada surat At-Tin dengan
benar |
1 |
PG |
Menerapkan (C3) |
Disajikan penggalan ayat dari Q.S At-Tin
ayat 4, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S At-Tin
ayat 4 dengan
benar |
2 |
PG |
|||
Menerapkan (C3) |
Disajikan bagan yang berisi Q.S. At-Tin ayat
1,2,dan 3 dan terjemahannya. Peserta didik dapat memasangkan lafadz dan
terjemahnya dengan benar |
3 |
PG |
|||
Analisis (C4) |
Disajikan
Q.S. At-Tin ayat 4, Peserta didik dapat menelaah makna
kandungan pada Q.S At-Tin ayat 4 dengan benar |
4 |
PG |
|||
Mengingat
(C1) |
Peserta didik dapat menyebutkan nabi yang menerima
wahyu dibukit sinai dengan benar |
5 |
PG |
|||
|
Mengingat
(C1) |
Disajikan lafadz Q.S.At-Tin, pesertaa didik dapat
menyebutkan Q.S.At-tin ayat 6 dengan benar |
16 |
Isian |
||
Pemahaman (C2) |
Peserta didik dapat membandingkan kesempurnaan
manusia dibanding makhluk lain |
17 |
Isian |
|||
Mengingat (C1) |
Disajikan ayat Q.S. At-Tin. Peserta didik dapat
menafsirkan maksud dari kota yang aman berdasarkan Q.S at-Tin ayat 3 dengan
benar |
18 |
Isian |
|||
Menganalisis (C4) |
Disajikan lafadz Q.S. At-Tin, peserta didik dapat
menganalisi kandungan yang terdapat dalam Q.S.At-Tin ayat 8 dengan benar |
26 |
Essay |
|||
2 \ |
3.2
Memahami makna al-Asmā'u al-husnā: al-Mumīt, al-Hayyu, al-Qayyūm, dan
al-Ahad. |
Mengimani
Asmaul Husna dan Kitab-kitab Allah Swt. |
Memahami (C2) |
Peserta didik dapat mengartikan asmaul husna
dengan benar |
6 |
PG |
Analisis (C4) |
Disajikan fenomena dalam kehidupan sehari-hari
siswa dapat mengidentifikasi makna asmaul husna Al-Qoyyum dengan benar |
7 |
PG |
|||
Mengevaluasi (C5) |
Disajikan Q.S. Al-ikhlas ayat 3 siswa dapat
menyimpulkan kandungan Asmaul husna Al-Ahad dari surah Al-Ikhlas dengan benar |
8 |
PG |
|||
Analisis (C4) |
Disajikan kisah Nabi Nuh a.s, Peserta didik dapat menelaah
makna Asmaul husna Al-Mumit dengan benar |
19 |
Isian |
|||
Analisis
(C4) |
Peserta didik dapat membuktikan bahwa Allah
memiliki asmaul husna al;mumit dengan benar |
27 |
Essay |
|||
3.4
Memahami mana diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasulnya sebagai
implementasi rukun iman |
Mengingat (C1) |
Peserta
didik dapat meyebutkan wahyu yang diterima Nabi Daud a.s dengan benar |
9 |
PG |
||
|
Memahami
(C2) |
Peserta
didik dapat menentukan ajaran yang terkandungan dalam Al-Quran yang
mengajarkan sejarah umat terdahulu dengan
benar |
10 |
PG |
||
Mengingat (C1) |
Peserta
didik dapat menyebutkan Rukun iman ke 3 dengan benar |
20 |
Isian |
|||
Mengingat (C1) |
Peserta
didik dapat menyebutkan kitab penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya dengan
benar |
21 |
Isian |
|||
Mengingat (C1) |
Peserta
didik dapat menyebutkan 4 nama kitab-kitab Allah beserta Rosul yang menerima
nya dengan benar |
28 |
Essay |
|||
3 |
3.5
Memahami
makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
Muslim
yang berakhlak Mulia |
Menerapkan
(C3) |
Disajikan
gambar peserta didik dapat menentukan contoh perilaku jujur terhadap Allah
swt dengan benar |
11 |
PG |
Menerapkan
(C3) |
Peserta
didik dapat mengelompokan hikmah berperilaku jujur |
12 |
PG |
|||
Pemahaman
(C2) |
Peserta
didik dapat menjelaskan makna jujur dengan benar |
22 |
isian |
|||
3.6
Memahami
makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
Penerapan (C3) |
Peserta
didik dapat mencontohkan sikap hormat terhadap orang tua dengan benar |
13 |
PG |
||
Penerapan (C3) |
Peserta
didik dapat mencontohkan sikap hormat terhadap guru disekolah dengan benar |
14 |
PG |
|||
Mengingat (C1) |
Peserta
didik dapat menyebutkan peran guru sebagai orang tua kedua dengan benar |
23 |
PG |
|||
Pemahaman (C2) |
Peserta
didik dapat menyebutkan makna birrul walidain dengan benar |
24 |
PG |
|||
Penerapan
(C3) |
Peserta
didik dapat memberikan contoh cara hormat dan patuh terhadap orang tua dengan
benar |
29 |
Essay |
|||
3.7
Memahami
makna saling menghargai sesama manusia. |
Penerapan
(C3) |
Peserta
didik dapat menentukan sikap toleransi terhadap teman yang berbeda agama |
15 |
PG |
||
Penerapan (C3) |
Peserta
didik dapat menentukkan sikap toleransi antar umat beragama dengan benar |
25 |
Isian |
|||
Penerapan (C3) |
Peserta
didik dapat memberikan contoh cara menghargai pendapat orang lain dalam
bermusyaawarah dengan benar |
30 |
Essay |
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................ ............................................ |
Penyusun Soal ........................................ ......................................... |