Blogger Jateng

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 3 (DARI 4)

 

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1


MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA

 


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun                         :   ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

Instansi                            :   SDN PESANTREN

Tahun Penyusunan         :   Tahun 2022

Jenjang Sekolah              :   SD

Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Fase A, Kelas / Semester  :        I (Satu)  / I (Ganjil)

BAB / Tema                       :   3 / Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

Materi Pokok                    :   Bersikap Santun

Alokasi Waktu                  :   2 x pertemuan (4x 35 Menit)

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri bersikap santun

·      Peserta didik diharapkan mampu memberikan contoh bersikap santun dengan tepat

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global

D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran anak yang bersikap santun, dan gambar/poster perilaku santun

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka

·      Metode pembelajaran, tanya jawab, dan diskusi dan problem solving

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan diri untuk bersikap santun dan memberikan contoh bersikap santun dengan tepat.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Membiasakan diri bersikap santun

·      Memberikan contoh bersikap santun dengan tepat

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Siapa orang tua kita dan apa yang harus kita lakukan kepada meraka

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

a)  Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

b)  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

c)  Guru meminta peserta didik untuk mengamati Gambar 3.8 pada buku teks. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa tersebut, untuk selanjutnya diberikan penguatan oleh guru bahwa pada Gambar 3.8 tersebut menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas 1, dimana anak-anak kelas 1 sedang mempelajari materi Bersikap Santun.

d)  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 3.

e)  Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 3.

 

Kegiatan Inti

a)  Peserta didik diminta duduk di tempat duduknya masing-masing.

b)  Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 3.11.

c)  Guru menjelaskan bahwa penting untuk bersikap santun kepada siapa pun, terutama kepada orang tua dan guru.

d)  Guru menggunakan poster/gambar perilaku sehari-hari seorang anak yang berperilaku santun sebagai alat peraga untuk memberikan visualisasi bentuk perilaku santun.

e)  Pada rubrik Sikapku, peserta didik diajak mengucapkan kalimat “Aku selalu bersikap santun kepada siapa saja” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad untuk bersikap santun kepada siapa saja.

f)  Pada rubrik Kegiatanku, tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas. Mereka diajak bermain peran tentang cara berpamitan kepada ayah dan ibu. Bapak atau ibu guru berperan sebagai orang tua. Kemudian, tiap-tiap anak mempraktikkan cara berpamitan dengan bersalaman, mencium tangan, meminta doa, dan mengucapkan salam.

g)  Untuk menambah pengetahuan peserta didik terkait dengan berperilaku santun, guru menayangkan video pembelajaran tentang cara berperilaku santun dalam salindia yang ditayangkan melalui proyektor LCD.

h)  Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik diminta mengerjakan soal isian singkat pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

 

Kegiatan Penutup

a)  Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam

 

E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Haidar

 

 

 

2

 

Halwa

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, tes tulis dilakukan dengan meminta peserta didik mengerjakan soal isian singkat yang tersedia pada buku siswa.

4)  Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik pada saat peserta didik mempraktikkan cara berpamitan. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

1

Bersalaman

 

 

 

 

2

Mencium Tangan

 

 

 

 

3

Meminta Doa Restu

 

 

 

 

4

Mengucapkan Salam

 

 

 

 

• Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

• Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

• Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

• Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

Kunci Jawaban

1. Ketika berangkat sekolah, kita berpamitan kepada .... (ayah dan ibu)

2. Kita mencium tangan orang tua dan memohon .... (doa restu)

3. Yang termasuk salah satu sikap anak santun adalah .... (berpamitan

kepada orang tua saat berangkat sekolah)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 30.

                         Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                            Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

 

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Ketika berangkat sekolah, berpamitan kepada ....

2. Mencium tangan orang tua dan memohon ....

3. Termasuk salah satu sikap anak santun adalah ....

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·      Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

 

C.   GLOSARIUM

Glosarium

 

aktivitas                        : keaktifan; kegiatan

alternatif                       : pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

asmāul-ḥusnā               : nama Allah Swt. yang jumlahnya ada 99.

card sort                        : model pembelajaran aktif dengan memilah dan memilih kartu.

drill and practice          : teknik mengajar dengan latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan dan kecakapan tertentu. firman : kata (perintah) Tuhan; sabda.

forum grup discussion : model pembelajaran aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok.

instrumen                      : alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. interaksi : hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan.

kaisa                               : model pembelajaran aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti tiap ayat.

kaligrafi                         : seni menulis indah dengan pena.

karakteristik                 : mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.

kitab suci                       : wahyu Tuhan yang dibukukan.

komentar                       : ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan).

make a match                : model pembelajaran aktif dengan cara mencari pasangan kartu.

makhluk                         : sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

makharijul huruf          : tempat keluarnya huruf.

mind mapping               : metode pembelajaran dengan menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.

mukjizat                        : kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

pahala                            : ganjaran Tuhan atas perbuatan baik manusia; buah perbuatan baik.

poster                             : plakat yang dipasang di tempat umum.

poster comment            : model pembelajaran aktif dengan mengomentari poster atau gambar.

rakaat                            : bagian dari salat (satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud).

refleksi                           : cerminan; gambaran.

relevan                           : bersangkut paut; berguna secara langsung.

Rezeki                            : segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.

role playing                    : model pembelajaran aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan.

snowball throwing        : model pembelajaran aktif dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas.

Strategi                           : rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

syukur                            : rasa terima kasih kepada Allah Swt.

talking stick                   : metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran.

tartil                               : membaca Al-Qur’an dengan pelan.

tauhid                             : keesaan Allah; kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu.

teladan                           : sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

video comment              : model pembelajaran aktif dengan mengomentari video.

 

D.   DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka

 

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ariani Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif.

Asy, Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V versi daring resmi.

B.Uno, Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Al qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Depag RI

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital.

Melvin L. Siberman. 2014. Active Learning; 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup.

Rusdianto. 2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para Nabi. Jogjakarta: Diva Press.

Sumantri, Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Shihab, M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I.

Yamin, Martini. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.


Untuk Modul Ajar PAI SD Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bab 3 Bagian 4 silakan Klik di bawah ini: 

MODUL AJAR PAI SD KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 BAB 3 BAGIAN 4 (HABIS)