Soal Nomor 1
Menurut teori behavioristik, belajar adalah
proses perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus
dan respon. Berdasarkan teori tersebut, bagaimana seharusnya tindakan guru
terhadap siswa yang sering melakukan tindakan pelanggaran disiplin kelas yang
mengganggu kelancaran proses pembelajaran
A. Membiarkan siswa tersebut sampai dia mendapatkan kesadaran untuk
disiplin ketika belajar dalam kelas
B. Menyerahkan tanggung jawab kepada orang tua untuk mendidiknya di
rumah
C. Memberikan reward bagi siswa yang tidak melanggar disiplin kelas
D. Memberikan hukuman bagi siswa melanggar disiplin kelas
E. Semua tindakan di atas benar
Soal Nomor 2
Beberapa tokoh psikologi kognitif mengemukakan
teori tentang belajar dengan penekanan pada aspek yang berbeda. Berikut ini
yang tidak termasuk implikasi dari teori belajar kognitif adalah
A. Siswa harus diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan
perkembangan berpikirnya
B. Belajar akan lebih bermakna kalau siswa diajak berpikir untuk
menganalisis fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya
C. Proses pembelajaran akan lebih efektif kalau dimulai dari yang
sudah diketahui menuju kepada materi yang baru
D. Mengajar siswa pada tingkat Sekolah Dasar ke bawah harus dengan
memberikan contoh-contoh yang bersifat kongkrit
E. Belajar akan mudah dilakukan kalau sering diberikan latihan
untuk membentuk pembiasaan
Soal Nomor 3
Dalam suatu proses
pembelajaran, ada sebuah kondisi yang menunjukkan bahwa siswa akan
mempertahankan prestasi belajarnya jika guru memberikan reward (penghargaan)
dan sebaliknya akan memperbaiki prestasi belajarnya jika mendapatkan nilai yang
jelek sebagai bentuk hukuman. Hal demikian merupakan contoh aplikasi dari
hukum belajar dari teori behavioristik
A. Law of exercise
B. Law of effect
C. Law of Readiness
D. Law of attitude
E. Law of partial activity
Soal Nomor 4
Berdasarkan teori humanistik, belajar adalah
proses memanusiakan manusia. Di bawah ini adalah beberapa teori belajar dari
para tokoh humanistik, kecuali
A. Belajar akan lebih efektif kalau ada motivasi yang kuat dari
siswa itu sendiri
B. Guru berfungsi sebagai fasilitator yang dapat membantu siswa
menemukan sendiri tujuannya dalam belajar
C. Agar seseorang dapat terus mengembangkan dan menambah
pengetahuannya maka diperlukan proses equilibrasi
D. Proses belajar dikatakan berhasil apabila peserta didik telah
memahami lingkungannya dan dirinya sendiri
E. Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak
relevan dengan kehidupan mereka
Soal Nomor 5
Ada beberapa ciri pembelajaran yang
menggunakan teori konstruktivistik, di anataranya adalah…
A. Mendorong siswa untuk belajar menemukan sendiri kompetensi,
pengetahuan, dan teknologi untuk mengembangkan dirinya sendiri
B. Belajar lebih dari sekedar menerima dan memproses informasi yang
disampaikan oleh guru maupun apa yang diterima melalui teks
C. Belajar merupakan suatu proses pembentukan
pengetahuan yang harus dilakukan oleh siswa melalui keaktifan dalam berpikir,
menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari
D. Memandang siswa sebagai pribadi yang sudah memiliki kemampuan
awal sebelum mempelajari sesuatu sebagai dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan
yang baru
E. Semuanya benar
Soal Nomor 6
Albert Bandura sebagai tokoh teori belajar
social mengatakan bahwa pembelajaran pada hakikatnya berlangsung melalui proses
peniruan (imitation) atau pemodelan (modeling). Berikut ini yang
tidak termasuk implikasi dari konsep pembelajaran di atas adalah
A. Guru harus menampilkan contoh perilaku yang baik dan yang buruk
dari tokoh-tokoh yang dikenal oleh siswa
B. Pengalaman langsung lebih penting dari pada mengamati perilaku
orang lain
C. Observasi adalah kegiatan pembelajaran yang paling utama
dilakukan oleh siswa
D. Dalam menentukan model, karakteristik model perlu diperhatikan
karena akan mempengaruhi efektif tidaknya modeling itu untuk siswa
E. Reinforcement bukanlah syarat yang utama untuk terjadinya proses
pembelajaran, karena yang paling penting adalah mengamati model-model
yang harus terus menerus diperkuat
Soal Nomor 7
Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari
kurikulum KTSP tahun 2006 yang mengalami perubahan dari aspek Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Pengembangan dari
aspek standar kompetensi lulusan pada kurikulum 2013 adalah…
A. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan scientific
approach dengan eknik-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan
B. Penilaian dilakukan dengan menggunakan pendekatan authentic dengan
eknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan terhadap aspek pengetahuan,
sedangkan eknik non tes dilakukan terhadap aspek sikap dan keterampilan
C. Kompetensi yang harus dikembangkan terdiri dari 4 Kompetensi
Inti (KI), yaitu KI-1 tentang sikap keberagamaan, KI-2 tentang sikap social,
KI-3 tentang pengetahuan, dan KI-4 tentang keterampilan
D. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas
mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
E. Penilaian sikap menggunakan teknik observasi, peer
assessment, self evaluation, dan jurnal
Soal Nomor 8
Dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran, guru diharuskan melakukan analisis SKL, KI, KD, dan Indikator.
Hubungan antara SKL, KI-KD, indikator, dan tujuan pembelajaran adalah
A. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran
minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada
masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti
B. KI adalah operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus
dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas
C. Indikator adalah ukuran, karakteristik, atau ciri-ciri dari ketercapaian
Kompetensi Dasar berdasarkan taksonomi kemampuan baik pada ranah sikap,
pengetahuan, maupun keterampilan
D. Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kriteria kemampuan hasil
belajar yang diturunkan dari indikator hasil belajar
E. Semuanya benar
Soal Nomor 9
Kurikulum 2013 mengalami perubahan yang
disebabkan adanya kesulitan pada guru dalam mengimplementasikannya. Di antara
poin-poin perubahan tersebut adalah
A. Pendekatan scientific 5M adalah satu-satunya
metode saat mengajar dan harus digunakan berurutan
B. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata
pelajaran, kecuali hanya pada penilaian bidang studi PAI dan PPKN
C. Dalam RPP harus dicatumkan adalah Tujuan, Materi Pelajaran,
motode pembelajaran, proses pembelajaran, dan Evaluasi pembelajaran
D. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yang diambil adalah
nilai rata-rata dari 2 nilai tersebut
E. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu
KI, KD, dan materi pembelajaran
Soal Nomor 10
Mengacu pada kurikulum 2013, ada beberapa
model pembelajaran yang dapat digunakan, di antaranya adalah Problem
Based Learning (PBL). Salah satu ciri dari pendekatan PBL
tersebut adalah…
A. Model
pembelajaran yang menantang peserta didik bekerja secara berkelompok untuk
mencari solusi dari permasalahan dunia nyata
B. Model pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali konten
(materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan
melakukan eksperimen secara kolaboratif
C. Model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk
memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya
sampai kepada suatu kesimpulan
D. Model pembelajaran yang didasarkan pada filosofi
konstruktivistik yang mendorong peserta didik untuk mengaitkan informasi baru
dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya
E. Model pembelajaran yang menekankan kepada proses
mencari dan menemukan sendiri materi pelajarannya. Materi pelajaran tidak diberikan
secara langsung. Peran peserta didik dalam pembelajaran ini adalah mencari dan
menemukan sendiri materi pelajarannya
Soal Nomor 11
Kurikulum 2013 menuntut guru untuk
menggunakan metode pembelajaran yang bersifat student centered dan salah satu
metode tersebut adalah jigsaw. Salah satu ciri dari metode Jigsaw tersebut
adalah…
A. Meminta peserta didik
untuk memetakan masalah agar dapat dicarikan solusinya secara tepat
B. Mengajak
peserta didik bekerja berpasangan dan bergantian untuk menjadi pembicara dan
pendengar
C. Meminta
siswa untuk mengurutkan gambar berseri yang disusun secara acak. Dan diminta
untukmemaparkan alas an pengurutannya
D. Menginstruksikan
pada para siswa menganalisis gambar secara berkelompok lalu mendiskusikan
hasilnya
E. Meminta
siswa untuk membentuk tim dan masing-masing tim memiliki ahli untuk berdiskusi
dan membicarakan hal yang salah
Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) adalah frame work dalam
mendesain model pembelajaran baru bagi dan calon guru dengan menggabungkan tiga
aspek utama, yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Aplikasi dari desain model
pembelajaran ini adalah…
A. Guru harus mendapatkan
pemahaman tentang siswa siswa, baik secara psikologis maupun biologis
B. Guru harus mendapatkan
pemahaman tentang media pembelajaran yang dibutuhkan dalam menghadapi revolusi
industry 4.0
C. Guru harus mendapatkan
pemahaman tentang materi pembelajaran yang diampunya, dari mulai teori, konsep,
prinsip, dan metodologinya
D. Guru harus menguasai teknologi
, ilmu pendidikan, dan konsep tentang materi pembelajaran sekaligus
E. Semuanya benar
KUMPULAN SOAL-SOAL PPG PAI LAINNYA SILAKAN KLIK LABEL PPG PAI DALJAB DI SAMPING KIRI BLOG