Blogger Jateng

SOAL PPG PAI & JAWABANNYA || TES AKHIR MODUL TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

 


Soal Nomor 1

Menurut teori behavioristik, belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Berdasarkan teori tersebut, bagaimana seharusnya tindakan guru terhadap siswa yang sering melakukan tindakan pelanggaran disiplin kelas yang mengganggu  kelancaran proses pembelajaran

 A. Membiarkan siswa tersebut sampai dia mendapatkan kesadaran untuk disiplin ketika belajar dalam kelas
 B. Menyerahkan tanggung jawab kepada orang tua untuk mendidiknya di rumah
 C. Memberikan reward bagi siswa yang tidak melanggar disiplin kelas
 D. Memberikan hukuman bagi siswa melanggar disiplin kelas
 E. Semua tindakan di atas benar

 

Soal Nomor 2

Beberapa tokoh psikologi kognitif mengemukakan teori tentang belajar dengan penekanan pada aspek yang berbeda. Berikut ini yang tidak termasuk implikasi dari teori belajar kognitif adalah

 A. Siswa harus diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan perkembangan berpikirnya
 B. Belajar akan lebih bermakna kalau siswa diajak berpikir untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya
 C. Proses pembelajaran akan lebih efektif kalau dimulai dari yang sudah diketahui menuju kepada materi yang baru
 D. Mengajar siswa pada tingkat Sekolah Dasar ke bawah harus dengan memberikan contoh-contoh yang bersifat kongkrit
 E. Belajar akan mudah dilakukan kalau sering diberikan latihan untuk membentuk pembiasaan

 

Soal Nomor 3

Dalam suatu proses pembelajaran, ada sebuah kondisi yang menunjukkan bahwa siswa akan mempertahankan prestasi belajarnya jika guru memberikan reward (penghargaan) dan sebaliknya akan memperbaiki prestasi belajarnya jika mendapatkan nilai yang jelek sebagai bentuk hukuman.  Hal demikian merupakan contoh aplikasi dari hukum belajar dari teori behavioristik

 A. Law of exercise
 B. Law of effect
 C. Law of Readiness
 D. Law of attitude
 E. Law of partial activity

 

Soal Nomor 4

Berdasarkan teori humanistik, belajar adalah proses memanusiakan manusia. Di bawah ini adalah beberapa teori belajar dari para tokoh humanistik, kecuali

 A. Belajar akan lebih efektif kalau ada motivasi yang kuat dari siswa itu sendiri
 B. Guru berfungsi sebagai fasilitator yang dapat membantu siswa menemukan sendiri tujuannya dalam belajar
 C. Agar seseorang dapat terus mengembangkan dan menambah pengetahuannya maka diperlukan proses equilibrasi
 D. Proses belajar dikatakan berhasil apabila peserta didik telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri
 E. Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka

 

Soal Nomor 5

Ada beberapa ciri pembelajaran yang menggunakan teori konstruktivistik, di anataranya adalah…

 A. Mendorong siswa untuk belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan, dan teknologi untuk mengembangkan dirinya sendiri
 B. Belajar lebih dari sekedar menerima dan memproses informasi yang disampaikan oleh guru maupun apa yang diterima melalui teks
 C. Belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan yang harus dilakukan oleh siswa melalui keaktifan dalam berpikir, menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari
 D. Memandang siswa sebagai pribadi yang sudah memiliki kemampuan awal sebelum mempelajari sesuatu sebagai dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru
 E. Semuanya benar

 

 

Soal Nomor 6

Albert Bandura sebagai tokoh teori belajar social mengatakan bahwa pembelajaran pada hakikatnya berlangsung melalui proses peniruan (imitation) atau pemodelan (modeling). Berikut ini yang tidak termasuk implikasi dari konsep pembelajaran di atas adalah

 A. Guru harus menampilkan contoh perilaku yang baik dan yang buruk dari tokoh-tokoh yang dikenal oleh siswa
 B. Pengalaman langsung lebih penting dari pada mengamati perilaku orang lain
 C. Observasi adalah kegiatan pembelajaran yang paling utama dilakukan oleh siswa
 D. Dalam menentukan model, karakteristik model perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi efektif tidaknya modeling itu untuk siswa
 E. Reinforcement bukanlah syarat yang utama untuk terjadinya proses pembelajaran, karena yang paling penting adalah mengamati  model-model yang harus terus menerus diperkuat

 

Soal Nomor 7

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum KTSP tahun 2006 yang mengalami perubahan dari aspek Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Pengembangan dari aspek standar kompetensi lulusan pada kurikulum 2013 adalah…

 A. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan scientific approach dengan eknik-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan
 B. Penilaian dilakukan dengan menggunakan pendekatan authentic dengan eknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan terhadap aspek pengetahuan, sedangkan eknik non tes dilakukan terhadap aspek sikap dan keterampilan
 C. Kompetensi yang harus dikembangkan terdiri dari 4 Kompetensi Inti (KI), yaitu KI-1 tentang sikap keberagamaan, KI-2 tentang sikap social, KI-3 tentang pengetahuan, dan KI-4 tentang keterampilan
 D. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
 E. Penilaian sikap menggunakan teknik observasi, peer assessmentself evaluation, dan jurnal

 

 

Soal Nomor 8

Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, guru diharuskan melakukan analisis SKL, KI, KD, dan Indikator. Hubungan antara SKL, KI-KD, indikator, dan tujuan pembelajaran adalah

 A. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti
 B. KI adalah operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas
 C. Indikator adalah ukuran, karakteristik, atau ciri-ciri dari ketercapaian Kompetensi Dasar berdasarkan taksonomi kemampuan baik pada ranah sikap, pengetahuan, maupun keterampilan
 D. Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kriteria kemampuan hasil belajar yang diturunkan dari indikator hasil belajar
 E. Semuanya benar

 

Soal Nomor 9

Kurikulum 2013 mengalami perubahan yang disebabkan adanya kesulitan pada guru dalam mengimplementasikannya. Di antara poin-poin perubahan tersebut adalah

 A. Pendekatan scientific 5M adalah satu-satunya metode saat mengajar dan harus digunakan berurutan
 B. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran, kecuali hanya pada penilaian bidang studi PAI dan PPKN
 C. Dalam RPP harus dicatumkan adalah Tujuan, Materi Pelajaran, motode pembelajaran, proses pembelajaran, dan Evaluasi pembelajaran
 D. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai rata-rata dari 2 nilai tersebut
 E. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KI, KD, dan materi pembelajaran

 

Soal Nomor 10

Mengacu pada kurikulum 2013, ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan, di antaranya adalah Problem Based Learning (PBL). Salah satu ciri dari pendekatan PBL tersebut adalah…

 A. Model pembelajaran yang menantang peserta didik bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata
 B. Model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif
 C. Model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan
 D. Model pembelajaran yang didasarkan pada filosofi konstruktivistik yang mendorong peserta didik untuk mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya
 E. Model pembelajaran yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan sendiri materi pelajarannya. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran peserta didik dalam pembelajaran ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajarannya

 

Soal Nomor 11

Kurikulum 2013 menuntut  guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bersifat student centered dan salah satu metode tersebut adalah jigsaw. Salah satu ciri dari metode Jigsaw tersebut adalah…

 A. Meminta peserta didik untuk memetakan masalah agar dapat dicarikan solusinya secara tepat
 B. Mengajak peserta didik bekerja berpasangan dan bergantian untuk menjadi pembicara dan pendengar
 C. Meminta siswa untuk mengurutkan gambar berseri yang disusun secara acak. Dan diminta untukmemaparkan alas an pengurutannya
 D. Menginstruksikan pada para siswa menganalisis gambar secara berkelompok lalu mendiskusikan hasilnya
 E. Meminta siswa untuk membentuk tim dan masing-masing tim memiliki ahli untuk berdiskusi dan membicarakan hal yang salah

 

Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) adalah frame work dalam mendesain model pembelajaran baru bagi dan calon guru dengan menggabungkan tiga aspek utama, yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Aplikasi dari desain model pembelajaran ini adalah…

 A. Guru harus mendapatkan pemahaman tentang siswa siswa, baik secara psikologis maupun biologis
 B. Guru harus mendapatkan pemahaman tentang media pembelajaran yang dibutuhkan dalam menghadapi revolusi industry 4.0
 C. Guru harus mendapatkan pemahaman tentang materi pembelajaran yang diampunya, dari mulai teori, konsep, prinsip, dan metodologinya
 D. Guru harus menguasai teknologi , ilmu pendidikan, dan konsep tentang materi pembelajaran sekaligus
 E. Semuanya benar

 

KUMPULAN SOAL-SOAL PPG PAI LAINNYA SILAKAN KLIK LABEL PPG PAI DALJAB DI SAMPING KIRI BLOG