Blogger Jateng

Materi PAI kls 3 : Shalat Kewajibanku (Hikmah Ibadah Shalat)




KOMPETENSI DASAR

3.8 Memahami makna shalat sebagai wujud dari pemahaman QS. Al-Kautsar 

4.8 Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S Al-Kautsar


Bab V SHALAT KEWAJIBANKU

Sub Bab : HIKMAH IBADAH SHALAT


Dalam melaksanakan shalat, seseorang hendaknya:

1. lakukan dengan ikhlas beribadah kepada Allah. Tidak boleh diniati karena yang lain. Tidak boleh Diniati karena disuruh orangtua, karena disuruh guru, untuk mendapatkan nilai dan lain sebagainya. akan tetapi untuk awal pembelajaran bolehlah diniati begitu. Tapi nanti setelah terbiasa melaksanakan shalat, maka harus ditingkatkan niatnya yaitu niat hanya karena Allah.

2. Berpakaian bersih dan rapi. bersih dari najis dan hadats, baik hadats kecil maupun hadats besar

3. Lakukan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa

4. Penuhi ketentuan-ketentuannya yaitu syarat dan rukun shalatnya, juga bacaan dan gerakannya lakukan dengan sempurna.

5. Sebaiknya lakukan secara bersama-sama atau biasa disebut Shalat berjamaah

6. Tinggalkan semua aktivitas ketika waktu shalat telah tiba

7. Istiqamah dalam menjalankan shalat lima waktu


Adapun Shalat mengandung banyak hikmah yang bisa dirasakan. Di antara sebagiannya itu ialah: 

1. Selalu mengingat Allah Swt

Dalam sehari semalam setidaknya seorang muslim mengingat Allah lima kali yaitu setiap ia melaksanakan shalat. Mengingat Allah dalam shalat juga sebagai pembiasaan agar dapat selalu mengingat Allah dalam aktivitas-aktivitas lainnya.

2. Disiplin waktu

Terbiasa melaksanakan shalat itu artinya seorang muslim terbiasa menaati aturan waktu. Sehingga orang muslim yang suka melaksanakan shalat akan patuh pada aturan waktu atau disiplin waktu. salah satu contoh, seorang siswa yang rajin shalat tepat pada waktunya ia akan datang ke sekolah tepat waktu, pulang juga tepat waktu. Ia tidak akan bolos atau terlambat.

3. Hidup bersih

Pembiasaan berwudlu atau mandi sebelum shalat adalah penanaman kebiasaan untuk hidup bersih. Artinya, kebersihan yang disyaratkan sebelum shalat dilaksanakan akan menjadi kebiasaan pula dalam kehidupan sehari-hari

4. Hidup Tertib

Tertib dan rapi adalah hal lain yang mengindikasikan orang-orang yang suka mengerjakan shalat. orang yang terbiasa tertib dalam pelaksanaan shalat maka lambat laun akan terbiasa pula hidup tertib dalam hal apapun

5. Rendah hati

bertawadlu dan khusu' di hadapan Allah membuat seorang muslim yang taat melaksanakan shalat tidak akan merasa sombong. Karena ia menyadari bahwa tidak ada yang perlu dibanggakan karena semua milik Allah, tidak boleh ada rasa jumawa karena yang boleh sombong hanya Allah. jika seseorang sombong maka berarti meniru iblis yang dilaknat Allah karena kesombongannya.

6. Hati menjadi tenang dan tentram

Tidak akan ada lagi gundah gulana atau istilah anak zaman sekarang baper (terbawa perasaan). orang muslim yang taat melaksanakan shalat lima waktu tidak akan mudah hati dan pikirannya goyah atau oleh. Ia akan cenderung teteg, kuat, dan istiqamah

7. Membina kebersamaan dan persaudaraan

Inilah hikmah shalat dilaksanakan secara bersama-sama atau berjamaah. Di masjid atau Mushollah, akan bertemu banyak orang sanak saudara dan tetangga. shalat berjamaah, selain pahalanya lebih besar juga membangun kerukunan, kebersamaan, dan persaudaraan sesama muslim.



Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan jejak.