Blogger Jateng

Mana Pokok Mana Ranting

 salam.

Edisi curhat nieh. biasanya kalau edisi curhat nulisnya lancar. hehe. terus udah pegel juga otak pake mikir yang seriuus terus. bolehlah santai barang sejenak. namun tetap pakai akal sehat. 

Seperti judul: mana pokok mana ranting. waspadalah dalam berpikir. sebab banyak orang terperosok pada kesalahan berpikir. akhirnya, karena salah mikir, jadi salah berbuat. mikirnya salah ya cenderung perbuatannya akan salah pula. hatinya kotor atau pikirannya kotor yang cenderung perbuatannya juga akan buruk. mungkin begitu kalau dari sudut pandang agama sih. 



Maksudnya bagaimana nih membedakan pokok dan ranting? ya, harus paham dan ngerti bahwa dalam sebuah hal pasti ada pokok dan ada ranting. artinya, yang didahulukan ya pokok dulu. okelah aku sederhanakan, antara yang wajib dan yang sunnah ya tentu harus ya wajib dulu baru yang sunnah. misalnya nih ada kasus dalam sebuah cerita pendek,

Seorang anak merasa pelajaran di sekolah kemenag terlalu banyak dan lebih memusingkan dibanding dulu waktu smp bersekolah di sekolah diknas. karena pelajarannya memang lebih banyak dan materinya banyak yang baru. ia curhat tentang kesulitannya itu ke ibunya.

Lalu anak itu diajak oleh sepupunya untuk berkunjung ke rumah nenek yang ada dipegunungan. kata sepupunya sekaligus sambil rekreasi. sementara anak itu harus sekolah, sedangkan sepupunya memang sudah tak sekolah. ibunya menyetujui karena memang kasihan sama anaknya yang terlalu capek dengan sekolah madrasah aliyyah. dalam pikiran ibunya, wajarlah barang sehari izin atau bolos. 

Nah, sementara itu ayah si anak tidak mengizinkan karena memang harus sekolah. menurut ayahnya, liburan ke rumah nenek bisa kapan hari saja ketika liburan sekolah. capek atau pusing dalam menghadapi pelajaran di sekolah menurut ayahnya itu hal wajar dan toh bukan dirinya saja, banyak anak lain serupa. 

Nah, dari cerita singkat di atas kita coba ambil kesimpulan:

1. mana yang pokok mana yang ranting antara liburan dan sekolah?

2. SIKAP siapa yang mencerminkan paham pada pokok dan ranting?

3. SIKAP siapa yang mencerminkan tidak paham pada pokok dan ranting?

4. pikiran siapa yang logis?

5. pikiran siapa yang baper?


Udah segitu dulu. nanti dilanjut ya. beberapa mungkin akan saya edit dan sempurnakan. berhubung waktu udah beranjak pagi. oya jangan lupa tinggalkan jejak sekedar komen atau klik iklan. terimakasih.