Blogger Jateng

Menerapkan Nilai-Nilai ANEKA Dalam Keluarga

Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di antaranya tercakup dalam singkatan ANEKA; yaitu
A kuntabilitas
N asionalisme
E tika publik
K omitmen mutu
A nti korupsi
Selain itu ada juga yang disebut Whole of Government (WoG) manajemen ASN dan Manajemen Mutu

Nah, dalam hal ini saya tidak dalam kapasitas menjelaskan pengertian satu persatu, saya persembahkan tulisan ini untuk siapapun yang belajar mengintisari dan menerapkan nilai-nilai di atas dalam kehidupan keluarga.

Mengapa demikian terperinci dan segitunya, sampai-sampai dalam keluarga juga dianggap harus ada nilai-nilai ANEKA? Jawabannya simple sih, sebab bagi saya, institusi non formal dan terpenting adalah keluarga. Bagi saya, dari lingkungan keluarga lah akan terbangun generasi emas yang akan mengawal bangsa ini menuju Indonesia Emas 2040.

Emang pada faktanya penerapan nilai-nilai ASN dalam keluarga tentu tidak sama persis penerapannya dengan yang ada di dalam keluarga, namun pada prinsipnya sama.

Langsung saja, mari kita langsung terapkan dalam contoh-contoh riil:
Akuntabilitas
1. Segala aktivitas dilaporkan, terutama aktivitas yang di luar rencana atau di luar dugaan. Atau aktivitas tertentu yang dirasa membutuhkan pelaporan meskipun pelaporan secara lisan
2.