Blogger Jateng

Penyakit Lambung; Penyebab Rekomendasi Jadwal Dan Pola Hidup

Penyakit lambung dapat disebabkan banyak hal. Perkembangan jagat kuliner, di samping memanjakan orang, juga menyisakan banyak masalah. Hal itu timbul salah satunya lantaran jenis makanan siap saji atau makanan berbumbu masa kini yang notabene berpengawet dan mengandung zat warna. Hal itu tentu dapat menyebabkan datangnya Penyakit lambung.



Saya pikir, faktor penyebab penyakit lebih banyak dari makanan yang dikonsumsi. Itulah kemudian disebut penyakit lambung. Sebab selain usu, lambung adalah organ penting pencernaan sehingga kesehatan badan amat dipengaruhi kesehatan lambung. Itu selaras dengan keterangan dari Nabi Muhammad Saw., bahwa 90 persen penyakit datang dari makanan, sisanya faktor selain makanan seperti udara, cuaca, atau benturan dari luar.

Salah satu penyakit lumrah karena banyak orang memilikinya adalah penyakit lambung atau biasa disebut maag. Sebuah penyakit yang diidentifikasi sebagai gangguan fungsi lambung. Bisa dicirikan dengan sakit perut, meriang, meriang, susah buang air besar, panas dalam, perih lambung. Itu gejala terdapat gangguan pada lambung. Lebih parah lagi hingga typus, atau bahkan stroke. Naudzubillah.

Penyakit lambung agak sulit dideteksi oleh alat kesehatan sederhana. Dirotgen saja tak akan tampak. Sebab kulit lambung itu tebal. Jangankan kulit lambung manusia, kulit lambung ayam saja cukup tebal dan terdapat bagian kasarnya untuk mencerna makanan. 

Namun, setebal apapun lambung tetap saja organ dalam yang tentu lebih elastis dan lebih lembut dibanding kulit luar atau tulang. Oleh sebab itu perlu dijaga kesehatannya supaya tak terkena penyakit lambung. 

Ada beberapa tips agar terhindar dari penyakit lambung atau menjaga agar lambung tetap sehat. Berikut adalah tipsnya:
1. Minum air putih yang banyak. Dianjurkan air hangat
2. Hindari es
3. Hindari makanan pedas
4. Hindari makanan asam (sunda: aseum)
5. Hindari makanan siap saji seperti mie instant dan semacamnya.
6. Hindari minuman bersoda atau berkarbonasi
7. Hindari minuman beralkohol

Beberapa makanan yg cukup menganggu bagi orang berpenyakit lambung
1. Kacang
2. Jagung karena tekstur cangkang jagung yang keras seperti kaca
3. Bumbu kacang
4. Santan kelapa
5. Cokelat
6. Kopi hitam dengan gula. Kalau kopi hitam tanpa gula relatif aman. Bahkan dalam kadar tertentu baik untuk peredaran darah.
7. Susu, dikarenakan kandungan asamnya yang tinggi

Makanan di atas cukup menganggu pada lambung, terutama orang yang sudah kena maag. Bagi yang punya penyakit lambung, ada saran positif yang sudah dijalani hingga kini oleh penulis. Saran dari orangtua zaman dulu, yaitu minum perasan kunyit dicampur madu. Atau kalau tidak ada madu, maka perasan kunyit dicampur gula aren atau gula kelapa yang asli. Jika perutnya ada kerasa sakit atau ada rasa dingin atau rasa takut menyentuh air itu indikasi lambung terluka maka direkomendasikan kunyit+madu/gula aren+daun sirih 1 lembar. Sirih ini manfaatnya selain ada anti oksidan juga dapat mengobati luka di lambung. Saran obat barusan tanpa resiko apapun alias aman, karena memang alami sekali. 

Berikut adalah rekomendasi jadwal bagi orang yang sudah kena penyakit maag / lambung.

05.00 bangun tidur dan mandi (sebaiknya memang mandi sebelum subub atau sebelum jam 4 pagi karena itu sangat menyehatkan).
05.05 minum air putih hangatnya sedikit senyak segelas atau dua gelas
05.30 olahraga/aktivitas di rumah/mengerakkan badan supaya tidak kaku.
(Sangat tidak dianjurkan tidur lagi karena mempengaruhi kinerja jantung)
06.00 sarapan makanan yang lembek seperti bubur, energen, roti, singkong, minum susu atau teh manis, dll
09.00 / 10.00 makan pagi (wajib makan berupa makanan berat seperti nasi jika tidak puasa)
11.00 / 12.00 ngemil / camilan ringan (lambung sudah menuntut pekerjaan) plus air putih atau bisa juga kopi luwak yang relatif aman.
13.00 / 14.00 makan siang (wajib meski sedikit. Jangan sampai lambung nganggur dan saling bergesekan terlalu lama karena akan menimbulkan perih dan luka lambung)
16.00 ngemil ringan dan tentu jangan lupa perbanyak air putih
18.00 / 19.00 makan malam (sedikit saja) usahakan tiap habis makan tidak tidur jika belum sampai 2 jam
22.00 / 23.00 ngemil ringan plus air putih (jika belum tidur)
01.00 / 02.00 malem ngemil plus air putih (bagi yang melekan)
Dari jam 12.00 malem sampe pagi bagi yang melekan tidak boleh makan makanan berat seperti nasi. Dianjurkan meminum air putih secukupnya saja. Biarkan ginjal rehat jika jam segitu belum tidur. Bahkan ngemil pun secukupnya.

Berikut adalah tambahan atau keterangan lanjutan berupa resep untuk yang kena penyakit maag atau penyakit lambung: 
1. Minum kunyit ( bisa dengan madu atau gula merah) tiap hari atau minimal seminggu dua kali. Bisa diminum sebelum sarapan itu sangat dianjurkan. Pewarna alami kunyit bisa melindungi lapisan kulit tipis lambung sehingga makanan yang dikonsumsi tidak langsung bergesekan dengan lambung melainkan terhalangi oleh lapisan warna kuning kunyit
2. Daun sembung yang diseduh. Manfaatnya menyehatkan lambung, mencegah panas dalam, meregenerasi kerusakan lambung
3. Terutama madu seperti poin satu. Bahkab tanpa kunyit pun manfaat madu sangat baik untuk penyembuhan
4. Saripati singkong. Singkong yang diparut dan diambil airnya. Atau mudahnya bisa membiasakan makan singkong cukup membantu ketahanan lambung dan keamanan dinding lambung
5. Membersihkan lambung bisa dengan minuman beralkali tinggi. Bahasa simpelnya air yang bermuatan Ph tinggi (sifat basa). Asam lambung memang gunanya untuk membantu mencerna makanan. Namun jika berlebihan maka asam lambung akan naik ke tenggorokan hingga kadang menimbulkan batuk kecil. Parahnya menuju paru-paru dan menyebabkan eungap (susah bernafas), atau bahkan ke jantung. Asam lambung itu asamnya tinggi dan basa/Ph nya rendah. Salah satu meredakannya adalah dengan cara menyeimbangkan asam dengan basa/pH. Salah satu cara efektif mendapatkan Ph yang baik untuk lambung itu dari air zamzam. Ph air zamzam itu kisaran 13. Sementara air putih normal yang dapat dikonsumsi itu pH-nya 6. Sampai hari ini belum ada air minum yang pH nya setinggi air zamzam. Namun ada beberapa air alkali yang pH nya 10 seperti Kallio. Dan penulis sampaai hari ini mengonsumsi kallio untuk menjaga kesehatan.

Demikian rekomendasi dan saran semoga bermanfaat. Tulisan ini diramu dari pelbagai pengalaman penulis secara langsung juga hasil diskusi dengan pakar pengobatan alternatif dan dokter, juga hasil pencarian di jagat maya dan buku. Jika ada salah mohon dimaafkan.