Blogger Jateng

Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

Kita semua nyaris tahu bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik sebagai pencegahan penyakit maupun penyembuhan penyakit. Selain dari keterangan hadits Nabi, manfaat madu juga diamini oleh dunia kedokteran modern.



Ada banyak jenis madu. Ada madu tawon. Ada madu nyiruan. Madu tawon biasanya warnanya agak oranye atau oren tua. Madu nyiruan biasanya warnanya kehitam-hitaman dan rasanya agak sedikit pait. Dan ada lagi macam-macam madu yang lain.

Berikut adalah beberapa manfaat dari madu:
1. Meningkatkan stamina
2. Meningkatkan daya tahan/kekebalan/imunitas tubuh
3. Meningkatkan daya pikir
4. Menambah nafsu makan, terutama bisa digunakan bagi anak yang sudah makan
5. Menurunkan panas badan, terutama bagi bayi atau balita
6. Menyehatkan lambung
7. Menjaga kesehatan saraf
8. Menyembuhkan stroke
9. Menyembuhkan maag
10. Menyembuhkan panas dalam, dll

Masih banyak lagi khasiat dari madu yang tidak saya catat di sini. Nah, sekarang bagaimana cara membedakan madu aseli atau palsu. Sebelumnya perlu diketahui bahwa orang-orang yang memalsukan madu sekarang makin canggih. Akan tetapi ada yang tidak bisa dimanipulasi, yaitu unsur air. Kalau madu dirubungi semut, jangan anggap madu itu palsu. Saya sendiri menyaksikan dan anda juga sudah banyak yang tahu bahwa madu aseli sekalipun tentu akan dirubungi semut. Kenapa? Karena madu aseli sekalipun tetap mengandung glukosa, zat gula. Jadi cara atau tanda itu tidak menunjukkan madu tersebut aseli atau palsu.

Ada satu cara yang selalu saya gunakan untuk mengecek madu aseli atau palsu. Yaitu dengan cara dimasukkan ke kulkas atau freezer. Kalau madu asli tentu tidak akan membeku. Meskipun lebih dari seminggu atau bahkan tahunan di taruh di freezer. Nah, kalau madu palsu tentu akan membeku. Kenapa? Karena ada unsur AIR. simple sih.

Tapi jangan salah, ada juga yang campuran antara madu aseli dengan madu palsu alias air gula. Responnya, madu jenis campuran biasanya tetap membeku ketika ditaruh di freezer. Cuma memang waktunya agak lama. Misalnya, madu tersebut baru membeku setelah seminggu. Itu berarti campuran antara madu aseli dengan madu palsu. Sekali lagi, kalau aseli, setahun pun di taruh di freezer tidak akan membeku.

Cara lain mengidentifikasi madu aseli atau bukan adalah dibalur ke muka. Kalau kerasa me kulit ada lengket maka itu palsu. Kenapa? Karena sifat lengket itu menunjukkan ada unsur gula. Demikian.

Ada lagi, ini kata temen saya. Cara membedakan madu aseli atau madu palsu. Yaitu ketika madu itu diperlihatkan ke istri. Kalau istri marah berarti madu aseli. Nah kalau istri tidak marah berarti madu palsu. Hehe...

Silakan yang minat madu aseli hubungi saya. InsyaAllah dijamin aseli.