Blogger Jateng

Info PPG PAI 2021 Dalam Jabatan Daring (Bagian 1)


Pengalaman PPG PAI 2021 Dalam Jabatan Daring secara daring ini saya share mudah mudahan bisa menjadi referensi bermanfaat kepada pembaca yang hendak melaksanakan PPG Daring Seperti saya.

Kebetulan saya adalah salah satu peserta PPG PAI 2021 Dalam Jabatan Daring. Pengalaman PPG PAI 2021 Daring ini akan saya buat dalam tahap tahap agar memudahkan pembaca untuk mengaksesnya.

Saya adalah guru PAI yang bertugas di Sekolah Dasar di Kota Cirebon. Saya memulai PPG sesuai jadwal yaitu tanggal 23 Agustus 2021. Namun sehari sebelumnya, kami semua rekan rekan peserta diminta mengikuti orientasi kegiatan melalui zoom meeting. 

LPTK saya kebetulan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pengalaman PPG PAI 2021 Dalam Jabatan Daring ini saya mulai sejak surat keputusan PPG dari Kemenag pusat terbit. Kemudian saya dan rekan-rekan seangkatan diminta lapor diri ke LPTK yaitu kampus IAIN Syekh Nurjati. Lapor diri yang diminta yaitu menyetor berkas secara langsung ke IAIN dan secara online upload berkas melalui link. Rekan seangkatan banyak juga yang mengirim berkas hard file melalui POS. 

Setelah saya lapor diri, pengalaman PPG PAI 2021 Dalam Jabatan Daring berlanjut dengan informasi WA Grup dari pihak LPTK bahwa para peserta yaitu para guru diminta mengikuti zoom meeting dalam rangka pembukaan kegiatan. 

Selain informasi itu, juga para peserta diminta log in siaga pendis khusus PPG untuk mengecek apakah akun sudah aktif atau belum. (bisa di cek di situs ini PPG SIAGA PENDIS). Karena melalui laman itulah semua kegiatan PPG PAI 2021 Dilakukan dan terekam. Semua aktivitas termasuk upload tugas, forum diskusi, penyampaian materi dan bahkan nilai tercantum disitu.

Langkah pertama saya ketika sudah tercatat sebagai peserta PPG, saya diminta log in dan mengupdate profil saya di SPACE. SPACE adalah aplikasi khusus yang dibuat oleh Kemenag RI untuk pelaksanaan PPG. Hanya Peserta saja yang bisa mengakses situs itu. Jika belum terdaftar atau tidak bisa log in di SPACE berarti belum resmi terdaftar sebagai peserta PPG.



KUMPULAN SOAL-SOAL PPG PAI LAINNYA SILAKAN KLIK LABEL PPG PAI DALJAB DI SAMPING KIRI BLOG