Blogger Jateng

RPP PAI SD KELAS 5 TAHUN AJARAN 2020-2021

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

1

Materi

:

Belajar Al-Quran QS. At-Tin

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, LKS serta Tayangan di RCTV peserta didik dapat membaca QS At-Tin dengan benar.

2.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, LKS serta Tayangan di RCTV peserta didik dapat menyebutkan jumlah ayat QS. At-Tin dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp

Aplikasi Zoom

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  QS At-Tin

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang QS At-Tin

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom,

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang QS. At-Tin

2.    Peserta didik mengerjakan tugas 1 pada modul  dan buku PAIBP

Modul

LKS PAI

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di RCTV

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  QS. At-Tin

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

RCTV, Modul, Whatt’s app,Google Classroom

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul

LKS PAI

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz

Google Form

Google Classroom

 

C.  PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin

 

·      Penilaian praktek membaca QS. At-Tin

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA,S.Pd.

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

2

Tema / Subtema

:

Belajar AlQuran QS Attin

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menghafal QS At-Tin dengan benar.

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan tempat diturunkannya  QS. At-Tin dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mendemonstrasikan bacaan   QS At-Tin

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang hafalan QS At-Tin

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang QS. At-Tin

2.    Peserta didik mengerjakan tugas 1 pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  QS. At-Tin

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Penilaian praktek membaca QS. At-Tin

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

3

Tema / Subtema

:

Belajar AlQuran QS Attin

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis QS At-Tin dengan benar.

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan menulis Kaligrafi ayat dari QS. At-Tin dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

5.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  QS At-Tin

6.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

7.    Mengerjakan Tugas mencatat QS At-Tin

8.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

3.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang QS. At-Tin

4.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

4.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

5.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  QS. At-Tin

6.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

4.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

5.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

6.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

3.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

4.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Penilaian membuat kaligrafi QS. At-Tin

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

4

Tema / Subtema

:

Belajar AlQuran QS Attin

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan makna  QS At-Tin dengan benar.

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis   makna  QS. At-Tin dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  QS At-Tin

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang makna QS At-Tin

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang makna QS. At-Tin

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  QS. At-Tin

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  QS. At-Tin

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

5

Tema / Subtema

:

Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama Allah SWT. Melalui Asmaul Husna dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis tentang Asmaul-Husna  dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  nama-nama Allah yang baik

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang Asmaul Husna

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang Asmaul Husna Al Mumit, Al Hayyu. Al Qoyyum, Al-Ahad

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  Asmaul Husna

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang Asmaul Husna

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  Asmaul Husna

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

6

Tema / Subtema

:

Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama-nama Kitab Allah  dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menuliskan nama-nama  kitab Allah  dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  Kitab-Kitab Allah

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang kitab Allah dan penerimanya

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang Kitab-kitab Allah dan penerimanya

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  Kitab-Kitab Allah

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang Kitab-Kitab Allah

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  tentang Kitab-Kitab Allah

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

7

Tema / Subtema

:

Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama-nama Kitab Allah  dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menuliskan nama-nama  kitab Allah  dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  fungsi Kitab-Kitab Allah

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang fungsi kitab Allah dalam kehidupan

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang fungsi Kitab-kitab Allah dalam kehidupan

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  fungsi Kitab-Kitab Allah membawa ajaran terpuji

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang fungsi Kitab-Kitab Allah

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  tentang fungsi Kitab-Kitab Allah

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

8

Tema / Subtema

:

Cita-citaku menjadi anak yang saleh

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri anak salih dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis tentang sikap jujur dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

5.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  sikap jujur disayang Allah

6.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

7.    Mengerjakan Tugas tentang sikap jujur

8.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

3.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang sikap jujur

4.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

4.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

5.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  sikap jujur

6.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

4.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

5.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

6.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

3.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

4.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang sikap jujur

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  sikap jujur

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

9

Tema / Subtema

:

Cita-citaku menjadi anak yang saleh

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan cara menghormati orang tua dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan cara menghormati guru dengan tepat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  cara menghormati orang tua dan guru

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang cara menghormati orang tua dan guru

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang sikap menghormati orang tua dan guru

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  menghormati orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang menghormati orang tua dan guru

·     Mengisi rubric penilaian diri

·      Membuat synopsis  sikap hormat kepada orang tua dan guru

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

10

Tema / Subtema

:

Cita-citaku menjadi anak yang saleh

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan sikap saling menghargai dengan seksama

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan faidah saling menghargai dengan benar

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  cara menghargai orang lain

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang faidah  menghargai orang lain

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang sikap menghargai  orang lain

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  menghormati orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang cara menghargai orang lain

·     Mengisi rubric penilaian

·      Membuat synopsis  sikap menghargai orang lain

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

11

Tema / Subtema

:

Bulan Ramadan yang indah

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunaikan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahanan rukun Islam dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunaikan salat tarawifh dan tadarus AlQuran  di bulan Ramadan  dengan hidmat.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  kewajiban puasa Ramadan

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang pengertian, syarat dan rukun puasa Ramadan

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang sikap menghormati orang tua dan guru

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  pengertian, syarat dan rukun puasa Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang puasa Ramadan

·     Mengisi rubric penilaian tentang Puasa Ramadan

·      Membuat resume tentang puasa Ramadan  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

12

Tema / Subtema

:

Bulan Ramadan yang indah

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengidentifikasi amalan yang mesti diperbanyak pada bulan Ramadan dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan manfaat puasa Ramadan  dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  amalan-amalan di bulan Ramadan

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang amalan-amalan di bulan Ramadan

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang tentang amaliah sunah pada bulan Ramadan

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  amaliah Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang amaliah Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas 1 pada modul PAIBP tentang amaliah Ramadan

·     Mengisi rubric penilaian tentang amaliah Ramadan

·      Membuat kliping tentang amaliah pada bulan Ramadan  

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

13

Tema / Subtema

:

Bulan Ramadan yang indah

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat puasa Ramadan dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan manfaat puasa Ramadan  dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  manfaat puasa Ramadan

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang manfaat puasa Ramadan

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang tentang puasa Ramadan

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  manfaat puasa Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang manfaat puasa Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul /Buku PAIBP

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang keteladanan nabi Daud AS

·     Mengisi rubrik penilaian tentang keteladanan nabi Daud AS

·      Membuat Hand Out tentang  manfaat puasa Ramadan  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

14

Tema / Subtema

:

Rasul Allah Idolaku

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah teladan Nabi Daud AS dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakankisah keteladanan nabi Daud AS dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  kisah keteladanan nabi Daud AS

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Daud AS

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang keteladanan nabi Daud AS

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  keteladanan nabi Daud AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang keteladanan nabi Daud AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul /Buku PAIBP

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang keteladanan nabi Daud AS

·     Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi Daud AS

·      Membuat Hand Out tentang  keteladanan nabi Daud AS.  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

14

Tema / Subtema

:

Rasul Allah Idolaku

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah teladan Nabi Sulaeman AS dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan nabi Sulaeman AS dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  kisah keteladanan nabi Sulaeman  AS

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Sulaeman AS

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang keteladanan nabi Sulaeman AS

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  keteladanan nabi Sulaeman AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang keteladanan nabi Sulaeman AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul /Buku PAIBP

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang keteladanan nabi Sulaeman AS

·     Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi Sulaeman AS

·      Membuat Hand Out tentang  keteladanan nabi Sulaeman AS.  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

15

Tema / Subtema

:

Rasul Allah Idolaku

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah teladan Nabi Ilyas AS dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah teladan nabi Ilyas AS dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  kisah keteladanan nabi  Ilyas AS

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Ilyas  AS

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang keteladanan nabi Ilyas  AS

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  keteladanan nabi  Ilyas  AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang keteladanan nabi Ilyas AS

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul /Buku PAIBP

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang keteladanan nabi Ilyas AS

·     Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi Ilyas AS

·      Membuat resume tentang  keteladanan nabi Ilyas AS.  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

16

Tema / Subtema

:

Rasul Allah idolaku

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah teladan  nabi Ilyasa As dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah teladan nabi Ilyasa As  dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  keteladanan nabi Ilyasa As

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Ilyasa As

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang keteladanan nabi Ilyasa As

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  teladan Nabi Ilyasa

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang amaliah Ramadan

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang teladan nabi Ilyasa

·     Mengisi rubric penilaian tentang sikap teteteladan nabi Ilyasa As

·      Membuat kliping tentang sikap teladan nabi Ilyasa As  

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

Satuan Pendidikan

:

SDN Pesantren

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

V ( Lima) / 1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

16

Tema / Subtema

:

Rasul Allah idolaku

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.       Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah teladan  nabi Muhammad SAW dengan benar

b.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah teladan nabi Muhammad SAW dengan benar.

 

B.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING (JARONAH)

1.    Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan mengenai  teladan nabi Muhammad SAW

2.    Peserta didik memperhatikan infografis yang ada

3.    Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Muhamad SAW

4.    Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

Whatsapp, google classroom, vicon

LURING (JALURAH)

1.    Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada modul / buku tentang keteladanan nabi Muhammad SAW

2.    Peserta didik mengerjakan tugas  pada modul  dan buku PAIBP

Modul / Buku Tematik

KOMBINASI (JARNASI)

1.     Peserta didik menyimak tayangan di TVRI

2.     Peserta didik mengerjakan tugas mengenai  teladan Nabi Muhammad SAW

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt

TVRI, Modul, Whatt’s app

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.     Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.     Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan orang tua tentang kisah teladan nabi Muhammad SAW

3.     Peserta didik dan guru berdiskusi

Modul / Buku Tematik

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas  pada modul PAIBP tentang teladan nabi Muhammad SAW

·     Mengisi rubric penilaian tentang sikap teteteladan nabi Muhammad SAW

·      Membuat resume tentang sikap teladan nabi Muhammad SAW  

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru Kelas

 

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19810328 201412 1 003