RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN
Pesantren |
Muatan
Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
V ( Lima)
/ 1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
1 |
Materi |
: |
Belajar Al-Quran
QS. At-Tin |
Alokasi
Waktu |
: |
1
pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp
dan bantuan modul pembelajaran, LKS serta Tayangan di RCTV peserta didik dapat membaca
QS At-Tin dengan benar.
2. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, LKS serta Tayangan di RCTV peserta
didik dapat menyebutkan jumlah ayat QS. At-Tin dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp Aplikasi Zoom |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai QS At-Tin 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang QS At-Tin 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang QS. At-Tin 2. Peserta didik mengerjakan tugas 1 pada modul dan buku PAIBP |
Modul LKS PAI |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di RCTV 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai QS. At-Tin 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
RCTV, Modul, Whatt’s app,Google Classroom |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul LKS PAI |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz Google Form Google Classroom |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin |
·
Penilaian praktek membaca QS. At-Tin |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA,S.Pd. NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
2 |
Tema / Subtema |
: |
Belajar AlQuran QS Attin |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menghafal QS
At-Tin dengan benar.
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan tempat
diturunkannya QS. At-Tin dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mendemonstrasikan bacaan QS
At-Tin 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang hafalan QS At-Tin 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang QS. At-Tin 2. Peserta didik mengerjakan tugas 1 pada modul dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai QS. At-Tin 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Penilaian praktek membaca QS. At-Tin |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
3 |
Tema / Subtema |
: |
Belajar AlQuran QS Attin |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis QS At-Tin dengan
benar.
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan
menulis Kaligrafi ayat dari QS. At-Tin dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 5. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai QS At-Tin 6. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 7. Mengerjakan Tugas mencatat QS At-Tin 8. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 3. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan pada
modul / buku tentang QS. At-Tin 4. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 4. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 5. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai QS. At-Tin 6. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 4. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 5. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 6. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
3. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 4. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Penilaian membuat kaligrafi QS. At-Tin |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
4 |
Tema / Subtema |
: |
Belajar AlQuran QS Attin |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan makna QS At-Tin dengan benar.
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis makna QS. At-Tin dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran
dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai QS At-Tin 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang makna QS At-Tin 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang makna QS. At-Tin 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai QS. At-Tin 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang QS. At-Tin · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis QS. At-Tin |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
5 |
Tema / Subtema |
: |
Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama Allah
SWT. Melalui Asmaul Husna dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis tentang
Asmaul-Husna dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai nama-nama Allah
yang baik 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang Asmaul Husna 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang Asmaul Husna Al Mumit, Al Hayyu. Al Qoyyum, Al-Ahad 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai Asmaul Husna 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang Asmaul Husna · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis Asmaul Husna |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
6 |
Tema / Subtema |
: |
Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama-nama
Kitab Allah dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menuliskan
nama-nama kitab Allah dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai Kitab-Kitab Allah 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang kitab Allah dan
penerimanya 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang Kitab-kitab Allah dan penerimanya 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai Kitab-Kitab Allah 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang Kitab-Kitab Allah · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis tentang Kitab-Kitab Allah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
7 |
Tema / Subtema |
: |
Mengenal nama-nama Allah dan Kitab-Nya |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengenal nama-nama
Kitab Allah dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menuliskan
nama-nama kitab Allah dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai fungsi Kitab-Kitab
Allah 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang fungsi kitab Allah dalam
kehidupan 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang fungsi Kitab-kitab Allah dalam kehidupan 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai fungsi Kitab-Kitab Allah membawa ajaran
terpuji 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang fungsi Kitab-Kitab
Allah · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis tentang fungsi Kitab-Kitab Allah |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
8 |
Tema / Subtema |
: |
Cita-citaku menjadi anak yang saleh |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri
anak salih dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menulis synopsis
tentang sikap jujur dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 5. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah diberikan
mengenai sikap jujur disayang Allah 6. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 7. Mengerjakan Tugas tentang sikap jujur 8. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 3. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang sikap jujur 4. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 4. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 5. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai sikap jujur 6. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 4. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 5. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 6. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
3. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 4. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang sikap jujur · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis sikap jujur |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
9 |
Tema / Subtema |
: |
Cita-citaku menjadi anak yang saleh |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan cara
menghormati orang tua dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan cara
menghormati guru dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai cara menghormati
orang tua dan guru 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang cara menghormati orang tua
dan guru 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang sikap menghormati orang tua dan guru 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai menghormati orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang menghormati orang
tua dan guru · Mengisi rubric penilaian diri |
·
Membuat synopsis sikap hormat kepada orang tua dan guru |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
10 |
Tema / Subtema |
: |
Cita-citaku menjadi anak yang saleh |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan sikap
saling menghargai dengan seksama
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan faidah
saling menghargai dengan benar
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai cara menghargai
orang lain 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang faidah menghargai orang lain 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang sikap menghargai
orang lain 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai menghormati orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang cara menghargai orang lain · Mengisi rubric penilaian |
·
Membuat synopsis sikap menghargai orang lain |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
11 |
Tema / Subtema |
: |
Bulan Ramadan yang indah |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunaikan
kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahanan rukun Islam dengan
benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunaikan salat
tarawifh dan tadarus AlQuran di bulan
Ramadan dengan hidmat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai kewajiban puasa
Ramadan 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang pengertian, syarat dan
rukun puasa Ramadan 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang sikap menghormati orang tua dan guru 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai pengertian, syarat dan rukun puasa Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang puasa Ramadan · Mengisi rubric penilaian tentang Puasa Ramadan |
·
Membuat resume tentang puasa Ramadan |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
12 |
Tema / Subtema |
: |
Bulan Ramadan yang indah |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengidentifikasi
amalan yang mesti diperbanyak pada bulan Ramadan dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan
manfaat puasa Ramadan dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai amalan-amalan di
bulan Ramadan 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang amalan-amalan di bulan
Ramadan 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang tentang amaliah sunah pada bulan Ramadan 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai amaliah Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang amaliah Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas 1 pada modul PAIBP tentang amaliah Ramadan · Mengisi rubric penilaian tentang amaliah Ramadan |
·
Membuat kliping tentang amaliah pada
bulan Ramadan |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
13 |
Tema / Subtema |
: |
Bulan Ramadan yang indah |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengidentifikasi
manfaat puasa Ramadan dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan
manfaat puasa Ramadan dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai manfaat puasa
Ramadan 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang manfaat puasa Ramadan 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang tentang puasa Ramadan 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai manfaat puasa Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang manfaat puasa Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul /Buku PAIBP |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C.PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang keteladanan nabi Daud AS · Mengisi rubrik penilaian tentang keteladanan nabi
Daud AS |
·
Membuat Hand Out tentang manfaat puasa Ramadan |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
14 |
Tema / Subtema |
: |
Rasul Allah Idolaku |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah
teladan Nabi Daud AS dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakankisah
keteladanan nabi Daud AS dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran
dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai kisah keteladanan
nabi Daud AS 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Daud AS 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang keteladanan nabi Daud AS 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai keteladanan nabi Daud AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang keteladanan nabi Daud AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul /Buku PAIBP |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang keteladanan nabi Daud AS · Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi
Daud AS |
·
Membuat Hand Out tentang keteladanan nabi Daud AS. |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
14 |
Tema / Subtema |
: |
Rasul Allah Idolaku |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah
teladan Nabi Sulaeman AS dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah
keteladanan nabi Sulaeman AS dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai kisah keteladanan
nabi Sulaeman AS 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Sulaeman
AS 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang keteladanan nabi Sulaeman AS 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai keteladanan nabi Sulaeman AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang keteladanan nabi Sulaeman AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul /Buku PAIBP |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang keteladanan nabi Sulaeman AS · Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi Sulaeman
AS |
·
Membuat Hand Out tentang keteladanan nabi Sulaeman AS. |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
15 |
Tema / Subtema |
: |
Rasul Allah Idolaku |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah
teladan Nabi Ilyas AS dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp
dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah teladan
nabi Ilyas AS dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai kisah keteladanan
nabi Ilyas AS 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Ilyas AS 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang keteladanan nabi Ilyas AS 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai keteladanan nabi Ilyas AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang keteladanan nabi Ilyas AS 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul /Buku PAIBP |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang keteladanan nabi Ilyas AS · Mengisi rubric penilaian tentang keteladanan nabi Ilyas
AS |
·
Membuat resume tentang keteladanan nabi Ilyas AS. |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
16 |
Tema / Subtema |
: |
Rasul Allah idolaku |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah
teladan nabi Ilyasa As dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah
teladan nabi Ilyasa As dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai keteladanan nabi
Ilyasa As 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Ilyasa As 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang keteladanan nabi Ilyasa As 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai teladan Nabi Ilyasa 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang amaliah Ramadan 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang teladan nabi Ilyasa · Mengisi rubric penilaian tentang sikap teteteladan
nabi Ilyasa As |
·
Membuat kliping tentang sikap teladan
nabi Ilyasa As |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SDN Pesantren |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
V ( Lima) / 1 (satu) |
Pembelajaran Ke- |
: |
16 |
Tema / Subtema |
: |
Rasul Allah idolaku |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan kisah
teladan nabi Muhammad SAW dengan benar
b. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah
teladan nabi Muhammad SAW dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan Inti |
DARING (JARONAH) 1. Peserta didik mengunduh bahan bacaan yang telah
diberikan mengenai teladan nabi
Muhammad SAW 2. Peserta didik memperhatikan infografis yang ada 3. Mengerjakan Tugas tentang keteladanan nabi Muhamad
SAW 4. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
Whatsapp, google classroom, vicon |
LURING (JALURAH) 1. Peserta didik mencari informasi dari bahan bacaan
pada modul / buku tentang keteladanan nabi Muhammad SAW 2. Peserta didik mengerjakan tugas pada modul
dan buku PAIBP |
Modul / Buku Tematik |
|
KOMBINASI (JARNASI) 1. Peserta didik menyimak tayangan di TVRI 2. Peserta didik mengerjakan tugas mengenai teladan Nabi Muhammad SAW 3. Peserta didik dan guru berdiskusi melalui chatt |
TVRI, Modul, Whatt’s app |
|
HOME VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi
guru 2. Peserta didik mengerjakan modul didampingi guru dan
orang tua tentang kisah teladan nabi Muhammad SAW 3. Peserta didik dan guru berdiskusi |
Modul / Buku Tematik |
|
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar
penilaian diri |
· Tugas pada
modul PAIBP tentang teladan nabi Muhammad SAW · Mengisi rubric penilaian tentang sikap teteteladan
nabi Muhammad SAW |
·
Membuat resume tentang sikap teladan nabi
Muhammad SAW |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon, Juli 2020 Guru Kelas ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19810328 201412 1 003 |