RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (1) : Sikap Jujur Nabi Muhamad Saw
Tema / Topik 1 : Nabi Muhamad Saw. Teladanku
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami kisah keteladanan Nabi
Muhamad SAW
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhamad Saw.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
inti |
DARING (JARONAH) ·
Peserta
didik dapat mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur
dilingkungan sekolah dalam dibuku teks ·
Peserta
didik dapat membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhamad Saw. ·
Peserta
didik dapat menyayikan lagu tentang aku anak jujur ·
Peserta
didik dapat mengerjakan tugas 1 pada modul pada
halaman 3 |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan teks terakhir dan
mengisi penilaian diri ·
Guru
menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan
tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. ·
Guru menyimpulkan,mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut. |
Google form |
C.
PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
|||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada google form |
|
|
|||||
|
|
|
||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (2) : Keuntungan sikap jujur
Tema / Topik 1 : Nabi Muhamad Saw. Teladanku
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami kisah keteladanan Nabi
Muhamad SAW
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
inti |
HOME VISIT (JARUNJUNG) ·
Peserta
didik yang mempunyai pengalaman/cerita kehidupan sehari-hari tentang orang
yng jujur, atau curang, dipersilahkan bercerita ·
Peserta
didik dapat mencari tahu dengan cara bertanya kepada guru ·
Peserta
didik dapat mengemukakan isi gambar tersebut baik secara individu maupun
kelompok ·
Paserta
didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut |
Buku/
modul PAI |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
|
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
|
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon,
Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
|||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (3) : Melafalkan Surat An Nas
Tema / Topik 2 : Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan Qur’an surat An Nas
dengan benar dan jelas
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
inti |
KOMBINASI (JARNASI) ·
Peserta
didik dapat menyimak bacaan surat An Nas yang dilafalkan oleh guru ·
Peserta
didik dapat melafalkan surat An Nas yang dicontohkan oleh guru melalui vicon ·
Peserta
didik dapat melafalkan surat An Nas secara individu atau kelompok |
Whatsapp dan vicon |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Whatsapp dan vicon |
C. PENILAIAN
|
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
|
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon,
Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
|||
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (4) : Menghafal Surat An Nas
Tema / Topik 2 : Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menghafal Q.S an Nas dengan
benar dan jelas
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
HOME VISIT ·
Peserta
didik dapat menyimak bacaan surat An Nas yang dilafalkan oleh guru dan
diikuti oleh peserta didik dengan cara mengikuti pola ayat misal ayat 1 dan 3
sebanyak 2 sampai 3 kali dan seterusnya ·
Peserta
didik dapat menghafal Q.s an Nas
secara individu ·
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan hafalannya secara mandiri |
Modul / Buku PAI kelas 2 |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (5) : Pesan surat An Nas
Tema / Topik 2 : Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami pesan – pesan pokok
surat An Nas
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
inti |
DARING ·
Peserta
didik dapat mengamati pesan pesan pokok Q.s An Nas pada teks buku PAI kelas 2
Halaman 10 ·
Peserta
didik dapat menulis pesan – pesan pokok Q.s An Nas yang ada di buku
paket halaman 10 ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan soal pada halaman 11 ·
Peserta
didik dapat mengisi rubrik tentang pesan-pesan surat An Nas |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
|||||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
|||||||
|
|
|
||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (6) : Lapal Huruf hijaiyyah bersambung
Tema / Topik 2 : Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengetahui huruf hijaiyyah
bersambung sesuai dengan makharijul huruf
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah
bersambung sesuai dengan mahkharijul huruf
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
HOME VISIT ·
Peserta
didik dapat menunjukan huruf hijaiyyah yang bisa disambungkan atau
dirangkaikan ·
Peserta
didik dapat menyanyikan lagu pada rubrik’ ayo menyanyi ·
Peserta
didik dapat mengamati pelafalan huruf hijaiyyah lengkap dengan harakatnya ·
Peserta
didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah
lengkap dengan harakatnya ·
Peserta
didik dapat mengisi rubrik “ Insya Allah aku Bisa dengan bimbingan guru ·
Peserta
didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah bersambung dengan harakat yang berbeda |
Modul / Buku PAI kelas 2 |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||||||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
||||||||
|
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (7) : Yakin Allah itu Ada
Tema / Topik 3 : Allah Maha Pencipta
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami makna al-Asmaul al- Husna: Al Quddus, As- Salam, dan
Al-Khalik
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
DARING ·
Peserta
didik dapat mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaan Allah SWT
didalam buku teks ·
Peserta
didik dapat mengemukakan isi gambar tersebut baik secara individu maupun
kelompok ·
Peserta
didik membuat rumusan ( mencatat ) makna ciptaan Allah SWT dalam kehidupan
nyata sehari-hari atau kontekstual ·
Peserta
didik menyanyikan lagu Allah SWT, maha pencipta baris perbaris ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan yang ada pada teks ayo berlatih halaman 20 |
Whatsapp |
penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
|
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
|
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon,
Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
|||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (8) : Al Khaliq
Tema / Topik 3 : Allah Maha Pencipta
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan al asmaul
al-Husna: al Qudus, as- Salam, al- Khaliq
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
inti |
DARING ·
Peserta
didik dapat melafalkan secara berulang – ulang kata Al –Khaliq berikut
artinya ·
Peserta
didik dapat menentukan gambar yang berkaitan dengan ciptaan Allah SWT ·
Peserta
didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (9) : kerja sama
Tema / Topik 4 : Perilaku terpuji
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami sikap kerja sama
dan saling tolong menolong
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mencontohkan sikap kerja
sama dan saling tolong menolong
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
DARING ·
Peserta
didik dapat mencermati bacaan yang ada pada buku teks ·
Peserta
didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut ·
Peserta
didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut ·
Peserta
didik dapat mencatat ringkasan materi tetang kerja sama ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian
diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
|
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||
|
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon,
Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (10) : Tolong menolong
Tema / Topik 4 : Perilaku terpuji
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami sikap kerja sama
dan saling tolong menolong
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mencontohkan sikap kerja
sama dan saling tolong menolong
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
KOMBINASI ·
Peserta
didik dapat membentuk kelompok untuk berdiskusi ·
Peserta
didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut ·
Peserta
didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut ·
Peserta
didik dapat mencatat ringkasan materi tolong menolong ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
F. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||||||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
||||||||
|
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (11) : Bersih dan sehat
Tema / Topik 5 : Hidup Bersih dan sehat
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
G.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan arti bersih dan
sehat
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan cara hidup
bersih dan sehat
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
DARING ·
Peserta
didik mengamati gambar yang ada pada buku teks ·
Peserta
didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut ·
Peserta
didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut ·
Peserta
didik dapat mencatat ringkasan materi tetang kerja sama ·
Peserta
didik dapat melakukan tepuk tangan islami yang ada pada buku teks ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban |
Whatsapp |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
I.
PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||||||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
||||||||
|
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (11) : Peduli Lingkungan
Tema / Topik 5 : Hidup Bersih dan sehat
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunjukan contoh perilaku
hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadist tentang
kebersihan dan kesehatan
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
HOME VISIT (JARUNJUNG) ·
Peserta
didik dapat menyimak penjelasan singkat guru tentang pentingnya menjaga dan
memelihara lingkungan sekitar ·
Peserta
didik dapat diberi kesempatan untuk menanya tentang pentingnya menjaga
kebersihan lingkungan sekitar ·
Peserta
didik membuat kelompok untuk menanggapi beberapa pertanyaan ·
Peserta
didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang materi tersebut ·
Peserta
didik dapat mengerjakan rubrik” ayo kerjakan” secara berkelompok |
Modul/buku
PAI |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (12) : Tata cara Berwudu
Tema / Topik 5 : Ayo Berwudu
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat Menyebutkan syarat wudu
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik menyebutkan rukun wudu
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan sunah wudu
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebut hal yang
membatalkan wudu
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
KOMBINASI (JARNASI) ·
Peserta
didik dapat menyimak bacaan dan arti
do’a sebelum dan sesudah makan yang dilafalkan oleh guru ·
Peserta
didik dapat melafalkan bacaan dan arti do’a sebelum dan sesudah makan yang
dicontohkan oleh guru melalui vicon ·
Peserta
didik dapat melafalkan bacaan dan arti do’a sebelum dan sesudah makan secara
individu atau kelompok ·
Guru
memnjelaskan pesan Allah dan Rasul-Nya tentang adab makan dan minum ·
Peserta
didik dapat mengerjakan latihan yang ada pada buku PAI |
Whatsapp dan vicon Modul/buku
PAI |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||||||||
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
|
||||||||
|
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN PESANTREN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /
Semester : II(Dua) / Ganjil
Pembelajaran (13) : Praktek berwudu
Tema / Topik 5 : Ayo Berwudu
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat membaca doa sebelum wudu
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mempraktikan wudu
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat membaca do’a setelah wudu
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan
pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai. |
Whatsapp dan vicon |
Kegiatan
Inti |
HOME VISIT (JARUNJUNG) ·
Guru
memperagakan pelafalan kalimat sebelum wudu ·
Peserta
didik dapat melafalkan bacaan do’a sebelum wudu secara bertahap ·
Peserta
didik dapat melafalkan do’a sebelum wudu secara bergantian ·
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan pelafalan do’a sebelum wudu |
Modul/buku
PAI |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan
tindak lanjut |
Quizziz dan kahoot! |
F. PENILAIAN
|
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
|
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
·
Tugas pada modul ·
Tugas pada quiziiz ·
Tes terakhir pada gogle form |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon,
Juli 2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
|||