Blogger Jateng

RPP PAI SD KELAS 2

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (1)                :     Sikap Jujur Nabi Muhamad Saw

Tema / Topik 1                  :     Nabi Muhamad Saw. Teladanku

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami kisah keteladanan Nabi Muhamad SAW

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhamad Saw.

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan inti

DARING (JARONAH)

·         Peserta didik dapat mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur dilingkungan sekolah dalam dibuku teks

·         Peserta didik dapat membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhamad Saw.

·         Peserta didik dapat menyayikan lagu tentang aku anak jujur

·         Peserta didik dapat mengerjakan tugas 1 pada modul  pada halaman 3

Whatsapp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan teks terakhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyampaikan tugas di rumah kerja sama dengan orang tua, siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

·         Guru menyimpulkan,mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut.

Google form

 

C.                 PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada google form

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (2)                :     Keuntungan sikap jujur

Tema / Topik 1                  :     Nabi Muhamad Saw. Teladanku

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami kisah keteladanan Nabi Muhamad SAW

D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

·         Peserta didik yang mempunyai pengalaman/cerita kehidupan sehari-hari tentang orang yng jujur, atau curang, dipersilahkan bercerita

·         Peserta didik dapat mencari tahu dengan cara bertanya kepada guru

·         Peserta didik dapat mengemukakan isi gambar tersebut baik secara individu maupun kelompok

·         Paserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang isi gambar tersebut

Buku/ modul PAI

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

C.     PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (3)                :     Melafalkan Surat An Nas

Tema / Topik 2                  :     Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan Qur’an surat An Nas dengan benar dan jelas

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan inti

KOMBINASI (JARNASI)

·         Peserta didik dapat menyimak bacaan surat An Nas yang dilafalkan oleh guru

·         Peserta didik dapat melafalkan surat An Nas yang dicontohkan oleh guru melalui vicon

·         Peserta didik dapat melafalkan surat An Nas secara individu atau kelompok

 

Whatsapp dan vicon

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Whatsapp dan vicon

 

C.     PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (4)                :     Menghafal Surat An Nas

Tema / Topik 2                  :     Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menghafal Q.S an Nas dengan benar dan jelas

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

HOME VISIT

·         Peserta didik dapat menyimak bacaan surat An Nas yang dilafalkan oleh guru dan diikuti oleh peserta didik dengan cara mengikuti pola ayat misal ayat 1 dan 3 sebanyak 2 sampai 3 kali dan seterusnya

·         Peserta didik dapat menghafal Q.s an Nas  secara individu

·         Peserta didik dapat mendemonstrasikan hafalannya secara mandiri

Modul / Buku PAI kelas 2

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (5)                :     Pesan surat An Nas

Tema / Topik 2                  :     Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami pesan – pesan pokok surat An Nas

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan inti

DARING

·         Peserta didik dapat mengamati pesan pesan pokok Q.s An Nas pada teks buku PAI kelas 2 Halaman 10

·         Peserta didik dapat menulis pesan – pesan pokok Q.s An Nas yang ada di buku paket  halaman 10

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan soal pada halaman 11

·         Peserta didik dapat mengisi rubrik tentang pesan-pesan surat An Nas

 

Whatsapp

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (6)                :     Lapal Huruf hijaiyyah bersambung

Tema / Topik 2                  :     Asyik Bisa Membaca Al-Qur’an

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

·        Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan mahkharijul huruf

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

HOME VISIT

·         Peserta didik dapat menunjukan huruf hijaiyyah yang bisa disambungkan atau dirangkaikan

·         Peserta didik dapat menyanyikan lagu pada rubrik’ ayo menyanyi

·         Peserta didik dapat mengamati pelafalan huruf hijaiyyah lengkap dengan harakatnya

·         Peserta didik dapat melafalkan  huruf hijaiyyah lengkap dengan harakatnya

·         Peserta didik dapat mengisi rubrik “ Insya Allah aku Bisa dengan bimbingan guru

·         Peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyyah bersambung dengan harakat yang berbeda

Modul / Buku PAI kelas 2

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (7)                :     Yakin Allah itu Ada

Tema / Topik 3                  :     Allah Maha Pencipta

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami makna al-Asmaul  al- Husna: Al Quddus, As- Salam, dan Al-Khalik

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING

·         Peserta didik dapat mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaan Allah SWT didalam buku teks

·         Peserta didik dapat mengemukakan isi gambar tersebut baik secara individu maupun kelompok

·         Peserta didik membuat rumusan ( mencatat ) makna ciptaan Allah SWT dalam kehidupan nyata sehari-hari atau kontekstual

·         Peserta didik menyanyikan lagu Allah SWT, maha pencipta baris perbaris

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan yang ada pada teks ayo berlatih halaman  20

Whatsapp

penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

 

 

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (8)                :     Al Khaliq

Tema / Topik 3                  :     Allah Maha Pencipta

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat melafalkan al asmaul al-Husna: al Qudus, as- Salam, al- Khaliq

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan inti

DARING

·         Peserta didik dapat melafalkan secara berulang – ulang kata Al –Khaliq berikut artinya

·         Peserta didik dapat menentukan gambar yang berkaitan dengan ciptaan Allah SWT

·         Peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban

Whatsapp

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

 

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (9)                :     kerja sama

Tema / Topik 4                  :     Perilaku terpuji

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING

·         Peserta didik dapat mencermati bacaan yang ada pada buku teks

·         Peserta didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut

·         Peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut

·         Peserta didik dapat mencatat ringkasan materi tetang kerja sama

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban

Whatsapp

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

C.     PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

 

 

 

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (10)              :     Tolong menolong

Tema / Topik 4                  :     Perilaku terpuji

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong

E.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

KOMBINASI

·         Peserta didik dapat membentuk kelompok untuk berdiskusi

·         Peserta didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut

·         Peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut

·         Peserta didik dapat mencatat ringkasan materi tolong menolong

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban

Whatsapp

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

F.      PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (11)              :     Bersih dan sehat

Tema / Topik 5                  :     Hidup Bersih dan sehat

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

G.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan arti bersih dan sehat

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan cara hidup bersih dan sehat

H.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

DARING

·         Peserta didik mengamati gambar yang ada pada buku teks

·         Peserta didik dapat membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada gambar tersebut

·         Peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar tersebut

·         Peserta didik dapat mencatat ringkasan materi tetang kerja sama

·         Peserta didik dapat melakukan tepuk tangan islami yang ada pada buku teks

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan dengan cara mencocokan soal dengan jawaban

Whatsapp

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

I.        PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (11)              :     Peduli Lingkungan

Tema / Topik 5                  :     Hidup Bersih dan sehat

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menunjukan contoh perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadist tentang kebersihan dan kesehatan

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

·         Peserta didik dapat menyimak penjelasan singkat guru tentang pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan sekitar

·         Peserta didik dapat diberi kesempatan untuk menanya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar

·         Peserta didik membuat kelompok untuk menanggapi beberapa pertanyaan

·         Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang materi tersebut

·         Peserta didik dapat mengerjakan rubrik” ayo kerjakan” secara berkelompok

Modul/buku PAI

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (12)              :     Tata cara Berwudu

Tema / Topik 5                  :     Ayo Berwudu

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat Menyebutkan syarat wudu

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik menyebutkan rukun wudu

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebutkan sunah wudu

·          Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat menyebut hal yang membatalkan wudu

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

KOMBINASI (JARNASI)

·         Peserta didik dapat menyimak bacaan  dan arti do’a sebelum dan sesudah makan yang dilafalkan oleh guru

·         Peserta didik dapat melafalkan bacaan dan arti do’a sebelum dan sesudah makan yang dicontohkan oleh guru melalui vicon

·         Peserta didik dapat melafalkan bacaan dan arti do’a sebelum dan sesudah makan secara individu atau kelompok

·         Guru memnjelaskan pesan Allah dan Rasul-Nya tentang adab makan dan minum

·         Peserta didik dapat mengerjakan latihan yang ada pada buku PAI

Whatsapp dan vicon Modul/buku PAI

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

C.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan             :     SDN PESANTREN

Mata Pelajaran                   :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester                :     II(Dua) / Ganjil

Pembelajaran (13)              :     Praktek berwudu

Tema / Topik 5                  :     Ayo Berwudu

Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit

 

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat membaca doa sebelum wudu

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat mempraktikan wudu

·          Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran, peserta didik dapat membaca do’a setelah wudu

E.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

Whatsapp dan vicon

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

·         Guru memperagakan pelafalan kalimat sebelum wudu

·         Peserta didik dapat melafalkan bacaan do’a sebelum wudu secara bertahap

·         Peserta didik dapat melafalkan do’a sebelum wudu secara bergantian

·         Peserta didik dapat mendemonstrasikan pelafalan do’a sebelum wudu

Modul/buku PAI

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Quizziz dan kahoot!

F.      PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·         Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

·         Tugas pada modul

·         Tugas pada quiziiz

·         Tes terakhir pada gogle form

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon,     Juli 2020 

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004