Blogger Jateng

RPP PAI KELAS 1 SD

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

1 dan 2

Tema / Subtema

:

Kasih sayang

Alokasi Waktu

:

2  pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih sayang nabi Muhammad SAW. terhadap ummatnya dengan benar.

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih saying Allah terhadap ummatnya dengan .benar.

 

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.    Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.    Peserta didik menyimak gambar tentang kasih sayang Allah terhadap ummatnya.

3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentanng kasih sayang nabi Muhammad SAW.

4.    Peserta didik menulis ringkasan pelajaran tentang kasih saying Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Modul/Buku tematik

 

C.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Membuat produk cerita gambar tentang suasana alam 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

3 ( tiga )

Tema / Subtema

:

Aku Cinta AlQuran

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN

 

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat mengucapkan lafadz “ Basmallah dengan benar whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih saying Allah terhadap ummatnya dengan .benar.

·         Melalui enjelasan guru peserta didik dapat membiasan mengucapkan basmallah sebelum melakukan kegiatan dengan rutin.

 

E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

5.    Peserta didik mengengucap ulang bacaan basmalah yang dicontohkan guru.

6.    Peserta didik secara kelompok dan perorang mendemonstrasikan bacaan basmallah dengan benar.

7.    Guru menjelaskan penggunaan bacaan basmalah pada setiap kegiatan.

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

3.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

4.    Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

F.   PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Membuat produk cerita gambar tentang suasana alam 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

4 ( Empat )

Tema / Subtema

:

Aku Cinta AlQuran

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

G. TUJUAN PEMBELAJARAN

 

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn benar

·         Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan waktu pembacaan QS. Al-Fatihah dalam kegiatan beribadah.

 

H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

8.    Peserta didik mengengucap QS. Al-Fatihah yang dicontohkan guru.

9.    Peserta didik secara kelompok dan perorang mendemonstrasikan bacaan QS.Al Fatihah dengan benar.

10.             Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang jumlah ayat, arti, dan tempat diturunkannya QS. Al Fatihah

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

5.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

6.    Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

I.     PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan QS. Al-Fatihah   

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

5 ( Lima )

Tema / Subtema

:

Aku Cinta AlQuran

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

J.    TUJUAN PEMBELAJARAN

 

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn benar

·         Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan waktu pembacaan QS. Al-Fatihah dalam kegiatan beribadah.

 

K. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.Peserta didik menghafal QS. Al-Fatihah dengan runtut

11.             Peserta didik menyebutkan jumlah ayat QS. Al Fatihah

12.             Peserta didik menyebutkan tempat diturunkannya QS. Al Fatihah

13.             Peserta didik menyebutkan  uratan bacaan surat Al Fatihah

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

7.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

8.    Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

L.  PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

 

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan QS. Al-Fatihah   

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

6

Tema / Subtema

:

Kasih sayang

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih sayang Allah SWT yang memiliki sifa Ar-Rahman dan Arrahim dengan tepat.

2.      Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan arti ar-Rohman dan Ar-Rohim dengan benar.

 

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

KOMBINASI (JARNASI)

1.    Peserta didik membaca materi yang ada pada modul.

2.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kasih saying dalam kehidupan.

3.    Peserta didik melakukan melakukan kegiatan menyayangi diri sendiri melalui kegiatan olahraga.

4.    Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran tentang kasih saying Allah SWT.

Modul/Buku Tematik, Youtube

Penutup

1.    Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

2.    Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut

Google form

 

C.  PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      

·      Mewarnai gambar yang menunjulkan kasih saying Allah.

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

7 ( Tujuh )

Tema / Subtema

:

Aku Cinta AlQuran

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

M.TUJUAN PEMBELAJARAN

 

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn benar

·         Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan lapal huruf Hijaiyyah dan harakatnya.

 

N.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.Peserta didik mengamati huruf hijaiyah  dalam buku siswa.

3.Peserta didik  mengucapkan lafal huruf hijaiyah

4.Peserta didik menuliskan huruf hijaiyah

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

9.    Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan mengisi penilaian diri

10.             Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

O.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·     Mengisi rubrik tentang huruf hijaiyah.

·      Mendemontrasikan lafal hurup hijaiyah    

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

8 ( Delapan )

Tema / Subtema

:

Iman Kepada Allah

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

P.   TUJUAN PEMBELAJARAN

 

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan arti iman kepada Allah dengan benar

·         Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan tanda-tanda Allah Maha Esa.dengan benar

 

Q.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.Peserta didik mengamati gambar alam ciptaan Allah dalam buku siswa.

3.Peserta didik  menyebutkan tanda-tanda keesaan Allah

 

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

11.             Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan mengisi penilaian diri

12.             Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

R.  PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·     Mengisi rubrik tentang iman kepada Alloh.

·      Menyanyikan lagu Islam Agama ku    

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN ...................

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

9 ( Sembilan )

Tema / Subtema

:

Iman Kepada Allah

Alokasi Waktu

:

1  pertemuan

 

S.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan arti iman kepada Allah dengan benar

·         Melalu penjelasan guru siswa dapat men lapal huruf Hijaiyyah dan harakatnya.

 

T.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

1.Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru

2.Peserta didik mengamati huruf hijaiyah  dalam buku siswa.

3.Peserta didik  mengucapkan lafal huruf hijaiyah

4.Peserta didik menuliskan huruf hijaiyah

 

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

13.             Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan mengisi penilaian diri

14.             Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

U.  PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·     Mengisi rubrik tentang huruf hijaiyah.

·      Mendemontrasikan lafal hurup hijaiyah    

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

10 dan 11

Tema / Subtema

:

Bersih itu Sehat

Alokasi Waktu

:

1         pertemuan

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat memahami tata cara bersuci

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan tata cara mandi dan istinja

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menunjukan tata cara beristinja

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

·         Peserta didik dapat mengamati gambar anak- anak yang sedang berwudu

·         Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru terkait materi ajar “arti bersuci dan macam-macam bersuci.”

·         Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku harus bersihkan badan pakaian dan tempat”. Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) dan mengemukakan jawaban atas perintah tugas secara bergantian. Collaboration

·         Jika memungkinkan dapat juga dibentuk kelompok lima orang untuk mendiskusikan perintah tersebut. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Communication

·         Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

2      Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

3      Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

C.    PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan QS. Al-Fatihah   

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

12

Tema / Subtema

:

Bersih itu Sehat

Alokasi Waktu

:

1         pertemuan

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan tata cara bersih badan

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan tata cara bersih pakaian

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat memperagakan tata cara bersih barang-barang

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menunjukan tatacara bersih tempat

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

HOME VISIT (JARUNJUNG)

·         Peserta didik dapat mengamati gambar anak- anak yang sedang mencuci tangan,gosok gigi,dan memotong kuku dalam buku teks

·         Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut

·         Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut

·     Guru mengajukan pertanyaan siapa yang terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan? Siapa yang terbiasa menggosok gigi? Memotong kuku? Peserta didik mendapat kesempatan yang sama secara merata untuk menceritakan kebiasaannya. Communication

·      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.

·      Demikian juga langkah pembelajaran tentang bersih pakaian, barang barang, tempat ibadah,  dan rumah.

·      Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku membantu orang tuaku di rumah”. Integritas

·      Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar anak sedang bersih-bersih kelas, dan menceritakan secara bergantian. Gotong Royong

·      Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

4      Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

5      Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

D.    PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan QS. Al-Fatihah   

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

13

Tema / Subtema

:

Cinta Nabi dan Rasul

Alokasi Waktu

:

2         pertemuan

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap Pemaaf dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Adam a.s

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

DARING ( JARONAH )

·         Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul

·         Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara bergiliran

KOMBINASI (JARNASI)

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul menggunakan vicon

·         Guru menceritakan kisah singkat Nabi Adam a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi

·         Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat salah”. Religius

·         Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong Royong

·         Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri

 

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

6      Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

7      Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

E.     PENILAIAN

 

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan nama-nama Nabi dan rasul

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

14

Tema / Subtema

:

Cinta Nabi dan Rasul

Alokasi Waktu

:

3         pertemuan

 

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap kerja keras dari kisah Nabi Nuh a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap kerja sama dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Nuh a.s

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

DARING ( JARONAH )

·         Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul

·         Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara bergiliran

KOMBINASI (JARNASI)

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul menggunakan vicon

·         Guru menceritakan kisah singkat Nabi Nuh a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi

·         Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat salah”. Religius

·         Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong Royong

·         Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandir

 

WhatsApp

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

D.    PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan nama-nama Nabi dan rasul

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SDN PESANTREN

Muatan Terpadu

:

PAIBP

Kelas / Semester

:

I  (Satu/1 (satu)

Pembelajaran Ke-

:

15

Tema / Subtema

:

Cinta Nabi dan Rasul

Alokasi Waktu

:

1 pertemuan

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat terpuji dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap kerja keras dari kisah Nabi Hud a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap kerja sama dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s

·         Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Hud a.s

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alat dan Media

Pendahuluan

Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek yang akan dinilai.

WhatsApp

Kegiatan Inti

DARING ( JARONAH )

·         Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul

·         Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara bergiliran

KOMBINASI (JARNASI)

·  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul. Tujuan diutusnya rasul menjadi penjelasan utama. Communication

·  Guru menceritakan kisah singkat Nabi Adam a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi

·  Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat salah”. Integritas

·  Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong Royong

·  Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri

·          

WhatsApp

Modul/Buku Tematik, Slide gambar

Penutup

·         Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri

·         Guru menyimpulkan, materi pelajaran .

Modul/Buku tematik

 

C.    PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

·      Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian diri

 

·     Tugas pada modul

·      Mendemontrasikan bacaan nama-nama Nabi dan rasul

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

USMANA, S.Pd

NIP. 19630413 198305 1 004

 

Cirebon    Juli 2020

Guru PAIBP

 

 

ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

NIP. 19840907 201903 1 004