RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
1 dan 2 |
Tema / Subtema |
: |
Kasih sayang |
Alokasi Waktu |
: |
2 pertemuan |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan
kasih sayang nabi Muhammad SAW. terhadap ummatnya dengan benar.
·
Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih
saying Allah terhadap ummatnya dengan .benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan
motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1. Peserta didik secara berelompok/individu dikunjungi guru 2. Peserta
didik menyimak gambar tentang
kasih sayang Allah terhadap ummatnya. 3. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentanng kasih sayang nabi
Muhammad SAW. 4.
Peserta didik menulis ringkasan pelajaran tentang
kasih saying Allah dan Nabi Muhammad SAW. |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut |
Modul/Buku tematik |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul |
·
Membuat produk cerita gambar tentang suasana alam |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
3 ( tiga ) |
Tema / Subtema |
: |
Aku Cinta AlQuran |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat mengucapkan
lafadz “ Basmallah dengan benar whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih saying Allah terhadap
ummatnya dengan .benar.
·
Melalui
enjelasan guru peserta didik dapat membiasan mengucapkan basmallah sebelum
melakukan kegiatan dengan rutin.
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan
motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara
berelompok/individu dikunjungi guru 5. Peserta
didik mengengucap
ulang bacaan basmalah yang
dicontohkan guru. 6. Peserta didik secara kelompok dan perorang mendemonstrasikan bacaan
basmallah dengan benar. 7. Guru menjelaskan penggunaan bacaan basmalah pada setiap kegiatan. |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
3. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 4. Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
F. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul |
·
Membuat produk cerita gambar tentang suasana alam |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas / Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
4 ( Empat ) |
Tema / Subtema |
: |
Aku Cinta AlQuran |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
G. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn
benar
·
Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan waktu
pembacaan QS. Al-Fatihah
dalam kegiatan beribadah.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara
berelompok/individu dikunjungi guru 8. Peserta
didik mengengucap
QS. Al-Fatihah yang
dicontohkan guru. 9. Peserta didik secara kelompok dan perorang mendemonstrasikan bacaan
QS.Al Fatihah dengan benar. 10.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
jumlah ayat, arti, dan tempat diturunkannya QS. Al Fatihah |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
5. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 6. Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
I. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan QS. Al-Fatihah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
5 ( Lima ) |
Tema / Subtema |
: |
Aku Cinta AlQuran |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
J. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn
benar
·
Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan waktu
pembacaan QS. Al-Fatihah
dalam kegiatan beribadah.
K.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara berelompok/individu
dikunjungi guru 2.Peserta
didik menghafal
QS. Al-Fatihah dengan runtut 11.
Peserta didik menyebutkan jumlah ayat QS. Al Fatihah 12.
Peserta didik menyebutkan tempat diturunkannya QS.
Al Fatihah 13.
Peserta didik menyebutkan uratan bacaan surat Al Fatihah |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
7. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 8. Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
L. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
||
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan QS. Al-Fatihah |
|
||
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
|||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
6 |
Tema / Subtema |
: |
Kasih sayang |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih sayang Allah SWT yang memiliki sifa
Ar-Rahman dan Arrahim dengan tepat.
2.
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan arti ar-Rohman dan Ar-Rohim dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan
motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
KOMBINASI
(JARNASI) 1. Peserta
didik membaca materi yang ada pada modul. 2. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kasih saying dalam
kehidupan. 3.
Peserta didik melakukan melakukan kegiatan
menyayangi diri sendiri melalui kegiatan olahraga. 4.
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran
tentang kasih saying Allah SWT. |
Modul/Buku Tematik, Youtube |
Penutup |
1. Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 2. Guru menyimpulkan, mengapresiasi dan memberikan tindak lanjut |
Google form |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama daring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul · |
·
Mewarnai gambar yang menunjulkan kasih saying Allah. |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
7 ( Tujuh ) |
Tema / Subtema |
: |
Aku Cinta AlQuran |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
M.TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat melafalkan QS. AlFatihahn
benar
·
Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan lapal huruf Hijaiyyah
dan harakatnya.
N.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara berelompok/individu
dikunjungi guru 2.Peserta
didik mengamati
huruf hijaiyah dalam buku siswa. 3.Peserta didik
mengucapkan lafal huruf hijaiyah 4.Peserta didik menuliskan huruf hijaiyah |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
9. Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan mengisi penilaian diri 10.
Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
O. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul · Mengisi rubrik
tentang huruf hijaiyah. |
·
Mendemontrasikan
lafal hurup hijaiyah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
8 ( Delapan ) |
Tema / Subtema |
: |
Iman Kepada Allah |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
P. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan arti iman kepada Allah dengan
benar
·
Melalu penjelasan guru siswa dapat menyebutkan tanda-tanda
Allah Maha Esa.dengan benar
Q.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan aspek-aspek
yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara berelompok/individu
dikunjungi guru 2.Peserta
didik mengamati
gambar alam ciptaan Allah dalam buku siswa. 3.Peserta didik
menyebutkan tanda-tanda keesaan Allah |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
11.
Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan
mengisi penilaian diri 12.
Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
R. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul · Mengisi rubrik
tentang iman kepada Alloh. |
·
Menyanyikan
lagu Islam Agama ku |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN ................... |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
9 ( Sembilan ) |
Tema / Subtema |
: |
Iman Kepada Allah |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
S. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan arti iman kepada Allah dengan
benar
·
Melalu penjelasan guru siswa dapat men lapal huruf Hijaiyyah dan
harakatnya.
T.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) 1.Peserta didik secara berelompok/individu
dikunjungi guru 2.Peserta
didik mengamati
huruf hijaiyah dalam buku siswa. 3.Peserta didik
mengucapkan lafal huruf hijaiyah 4.Peserta didik menuliskan huruf hijaiyah |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
13.
Peserta didik mengerjakan rubric tes akhir dan
mengisi penilaian diri 14.
Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
U. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama luring dan lembar penilaian diri |
· Tugas pada
modul · Mengisi rubrik
tentang huruf hijaiyah. |
·
Mendemontrasikan
lafal hurup hijaiyah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
10
dan 11 |
Tema / Subtema |
: |
Bersih itu Sehat |
Alokasi Waktu |
: |
1
pertemuan |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat memahami tata cara
bersuci
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan
tata cara mandi dan istinja
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menunjukan tata
cara beristinja
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) ·
Peserta didik dapat mengamati gambar anak- anak yang sedang berwudu ·
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut ·
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru terkait materi ajar “arti bersuci dan macam-macam bersuci.” ·
Pada kolom “sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku harus bersihkan badan pakaian dan
tempat”. Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan
teman sebangku) dan mengemukakan jawaban atas perintah tugas secara
bergantian. Collaboration ·
Jika memungkinkan dapat juga
dibentuk kelompok lima orang untuk mendiskusikan perintah tersebut.
Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Communication ·
Pada kolom “insya Allah aku bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’. Mandiri |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
2 Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 3 Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan QS. Al-Fatihah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
12 |
Tema / Subtema |
: |
Bersih itu Sehat |
Alokasi Waktu |
: |
1
pertemuan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan tata
cara bersih badan
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyimulasikan
tata cara bersih pakaian
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat memperagakan tata
cara bersih barang-barang
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menunjukan
tatacara bersih tempat
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
HOME
VISIT (JARUNJUNG) ·
Peserta didik dapat mengamati gambar anak- anak yang sedang mencuci
tangan,gosok gigi,dan memotong kuku dalam buku teks ·
Peserta didik mengemukakan isi gambar
tersebut ·
Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut ·
Guru
mengajukan pertanyaan siapa yang terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah
makan? Siapa yang terbiasa menggosok gigi? Memotong kuku? Peserta didik
mendapat kesempatan yang sama secara merata untuk menceritakan kebiasaannya. Communication ·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut. ·
Demikian
juga langkah pembelajaran tentang bersih pakaian, barang barang, tempat ibadah, dan rumah. ·
Pada
kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku
membantu orang tuaku di rumah”. Integritas ·
Pada
kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku)
mengamati gambar anak sedang bersih-bersih kelas, dan menceritakan secara
bergantian. Gotong Royong ·
Pada
kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
4 Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 5 Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
D. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan QS. Al-Fatihah |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
13 |
Tema / Subtema |
: |
Cinta Nabi dan Rasul |
Alokasi Waktu |
: |
2
pertemuan |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap
Pemaaf dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menceritakan sikap
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Adam a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah
singkat keteladanan Nabi Adam a.s
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
DARING (
JARONAH ) ·
Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul ·
Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara
bergiliran KOMBINASI
(JARNASI) ·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan
rasul menggunakan vicon ·
Guru menceritakan kisah singkat Nabi Adam a.s. Fokuskan
kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap
mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi ·
Pada kolom “sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat
salah”. Religius ·
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta
didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu
menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada
sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong
Royong ·
Pada kolom “insya Allah aku bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’. Mandiri |
Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
6 Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi penilaian diri 7 Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
E. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan nama-nama Nabi dan rasul |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
14 |
Tema / Subtema |
: |
Cinta Nabi dan Rasul |
Alokasi Waktu |
: |
3
pertemuan |
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s
·
Melalui pembelajaran
jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta
didik dapat menjelaskan sikap kerja keras dari kisah Nabi Nuh a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap kerja sama dari kisah keteladanan Nabi Nuh a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah
singkat keteladanan Nabi Nuh a.s
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
DARING (
JARONAH ) ·
Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul ·
Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara
bergiliran KOMBINASI
(JARNASI) ·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan
rasul menggunakan vicon ·
Guru menceritakan kisah singkat Nabi Nuh a.s. Fokuskan kisah pada sifat
positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap mengakui
kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi ·
Pada kolom “sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat
salah”. Religius ·
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta
didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu
menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada
sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong
Royong ·
Pada kolom “insya Allah aku bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’. Mandir |
WhatsApp Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
D. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan nama-nama Nabi dan rasul |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan |
: |
SDN PESANTREN |
Muatan Terpadu |
: |
PAIBP |
Kelas /
Semester |
: |
I (Satu/1 (satu) |
Pembelajaran
Ke- |
: |
15 |
Tema / Subtema |
: |
Cinta Nabi dan Rasul |
Alokasi Waktu |
: |
1 pertemuan |
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan sifat
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap
kerja keras dari kisah Nabi Hud a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan sikap
kerja sama dari kisah keteladanan Nabi Hud a.s
·
Melalui
pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul
pembelajaran peserta didik dapat menceritakan kisah
singkat keteladanan Nabi Hud a.s
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alat dan Media |
Pendahuluan |
Salam, doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan
aspek-aspek yang akan dinilai. |
WhatsApp |
Kegiatan Inti |
DARING (
JARONAH ) ·
Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul ·
Peserta didik menyanyikan lagu masuk surga dinyanyikan secara
bergiliran KOMBINASI
(JARNASI) ·
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul. Tujuan diutusnya rasul menjadi
penjelasan utama. Communication ·
Guru menceritakan kisah singkat
Nabi Adam a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat
diteladani, terutama sikap mengakui kesalahan, bertobat, dan meminta maaf. Literasi ·
Pada kolom “sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku minta maaf apabila berbuat
salah”. Integritas ·
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta
didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu
menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada
sikap meminta maaf bila berbuat salah atau memafkan bila teman memintanya. Gotong
Royong ·
Pada kolom “insya Allah aku bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’. Mandiri ·
|
WhatsApp Modul/Buku Tematik, Slide gambar |
Penutup |
·
Peserta didik mengerjakan tes akhir dan mengisi
penilaian diri ·
Guru menyimpulkan, materi pelajaran . |
Modul/Buku tematik |
C. PENILAIAN
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan |
·
Pengamatan selama kunjungan rumah dalam penilaian
diri |
· Tugas pada
modul |
·
Mendemontrasikan
bacaan nama-nama Nabi dan rasul |
Mengetahui, Kepala Sekolah USMANA, S.Pd NIP. 19630413 198305 1 004 |
|
Cirebon Juli
2020 Guru PAIBP ASEP SAEPULAH, S.Pd.I NIP. 19840907 201903 1 004 |