Blogger Jateng

Tips Dan Trik Menghadapi SKB CPNS


Bismillah. Tulisan in saya buat dadakan untuk melengkapi referensi para pejuang CPNS 2020. Selain pengalaman pribadi Menghadapi dan lulus tes SKB CPNS 2018, beberapa pengalaman seangkatan juga saya tuliskan di sini.

Tips Dan trik ini lebih khusus untuk formasi guru PAI. Namun demikian, bolehlah ditelaah bagi formasi apapun sebagai pengetahuan siapa tahu Ada yang dapat diambil Dan bermanfaat. Agar kalian para pejuang CPNS 2020 tidak gagap Menghadapi tes.

Berikut adalah cuplikan beberapa pengalamannya.

Saeful Anwar,
CPNS 2019, GPAI SDN larangan Kota Cirebon
"Saya pikir akan mengerjakan soal keguruan, ternyata mayoritas materi SKB tentang materi keagamaan seperti fiqh,Alquran, Hadits, bahkan hingga waris"

Dodi Daswandi,
CPNS 2019, GPAI SDN Kebon Pelok Kota Cirebon
"Pelajari saja materi MA atau Aliyah. Dan empat kompetensi guru, seperti kompetensi pedagogik"

Nur Laelasari,
CPNS 2019, GPAI SDN Argasunya Kota Cirebon
"Tak Ada yang spesial yang saya persiapkan. Saya pelajari semua utk menyambut takdir Allah. Sisanya Allah yang menentukan"

Udan Tirta,
CPNS 2019, GPAI SDN Nusantara Jaya
Tips & trik belajar:
"Dari awal SKD saya udah gabung di grup peserta CPNS Indonesia, baik di FB, Twitter, WA maupun IG. Keuntungannya kita bisa saling share info soal yang keluar pas SKD & SKB, dari situlah kita dapat banyak sumber kisi-kisi soal yang keluar. Saya catat & rangkum semua itu. Alhamdulillah pas waktu tes pertanyaannya tidak jauh dari apa yg di share temen di grup"

Aceng Sunandi,
CPNS 2019, GPAI SDN Pangrango
"Berlatih dengan serius bisa dari buku, atau media lain seperti Youtub dll.  berdoa, optimis, dan anggap ini tes terakhir dan tidak ada kesempatan lagi selain tahun ini supaya muncul semangatnya"

Idi Sobandi,
CPNS GPAI SDN Galunggung
"Saya belajar seperti yang lain. Catatan bahwa DOA Dan ridho orangtua menjadi sangat penting"

Mukti Mustari
CPNS 2019, GPAI SDN Pangrango Kota Cirebon
"Belajar fokus materi keagamaan Dan keguruan. Terus jangan Lupa ngopi biar Kita gak grasa grusu alias santai and slow"

Ahmad Yani
GPAI Kota Cirebon

Hal-hal yang saya kerjakan ketika mau tes SKB di Bandung
1. Niat, semoga niat mengikuti tes CPNS khususnya SKB bukan untuk materi, jabatan ataupun yag lainnya. Niatnya itu mengabdi untuk menjalankan amanah sebaik-baiknya.

2. Persiapan materi
SKB (Seleksi kompetensi Bidang) sesuai dengan kualifikasi formasi yang dilamar. Saya membeli buku sesuai jurusan saya yaitu soal tes CPNS Agama, sayang bukunya gak dibawa akhirnya nilai saya anjlok. Soal-soalnya ada yang sama dari buku tersebut. Kalau guru kelas kuasai tentang Teori Pembelajaran seperti Piaget, Maslow, Thorndike dll (bisa juga search dari web tentang pendidikan). Saya masih ingat ada Pembelajaran TIK juga dihubungkan dengan pembelajaran. Intinya kuasai materi sesuai jurusan. Banyak latihan. Kata guru saya belajar itu tidak perlu dihafal cukup sehari dibaca aja misal 2 jam per hari dan harus rutin. Karena kalau dihafal kepala akan pusing. Dan akhirnya hafalan buyar saat tes.

3. Memohon ampun atas segala kesalahan dan juga memohon do'a agar dimudahkan ketika menghadapi SKB baik kepada orangtua, saudara, dan teman

4. Mengecek / Survey tempat tes SKB. Ini diperlukan saat kita mau tes agar kita bisa tenang menuju 'Tempat Berjuang' karena sudah mengetahui tempat tsb.

5. Tawakkal (menyerahkan diri) semua persiapan, do'a dan hasil perjuangan kita kepada Allah Swt. Jangan patah semangat,  mudah menyerah dan putus asa. Ingat,  Allah Maha Melihat atas semua usaha kita, pantas tidaknya kita lulus seberapa jauh usaha yang dilakukan.

Mungkin itu pengalaman waktu saya mengikuti SKB. Maaf jika ada kesalahan. Semoga bermanfaat.

Sekian dulu cuplikan beberapa komentar teman-teman saya yang, alhamdulillah, sekarang sudah lulus tes Dan sudah melewati fase CPNS menjadi PNS.

Terimakasih sudah menyimak tulisan ini. Jangan Lupa klik like.