Blogger Jateng

Tips Menghilangkan Rasa Takut Pada Setan Atau Jurig

Tips Menghilangkan Rasa Takut Pada Setan Atau Jurig--Secara logika, jurig itu tidak ada. Ketakutan pada jurig hanya halusinasi saja.


Namun bagitu, bagi kaum beriman, jurig itu ada. Sebab bagian dari hal gaib yang niscaya harus percaya sebagai tanda tanda orang yang beriman. Tugas mereka adalah menggoda umat manusia agar goyah keimanannya dan agar terganggu ibadahnya. Jika benar ada, setan akan bersorak sorai saat orang yang digodanya benar-benar merasa takut. Akibatnya hal positif yang hendak dilakukan, misalnya hendak ibadah, lantas batal atau tertunda karena diliputi rasa takut itu

Terlepas dari itu, seringkali perasaan takut membuat seseorang berpikir negatif bahkan hingga panik. Parahnya, perasaan takut akan sesuatu yang tidak tampak membuat seseorang terganggu dalam beribadah. Ini yang menjadi masalah. Terkadang aktivitas di malam hari terpaksa batal hanya karena ada rasa takut. Dan biasanya, rasa takut itu dipicu oleh beberapa hal yaitu: gelap atau kurangnya cahaya, suasana hening atau sepi, bayang-bayang, dan suara-suara yang tidak jelas sumbernya.

Cara mengatasi takut

Islam secara garis besar telah mengajarkan cara mengatasi takut terhadap setan,jurig, atau hal gaib yang sifatnya negatif,  yaitu dengan cara berdoa.

Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi ketakutan macam itu:
1. Membaca doa ta'awwudz,  berlindung dari kejahatan syetan
2. Membaca surat al-falaq dan an-naas
3. Membaca "bismillahi laa yadhurru ma'asmihi syaiun fil ardli wala fissama'i wahuwassami'ul alim" 3x
4. Membaca "audzu bikalimatillahittaamati min syarri ma khalaq" 3x
5. Membaca istigfar sebanyak-banyaknya

Namun, seringkali pula rasa takut disevabkan karena halusinasi. Oleh karena itu, berikut adalah tips untuk mengurangi rasa yang tak beralasan atau halusinasi:
1. Pertebal keyakinan dengan memperbanyak doa dan ibadah
2. Biasakan secara bertahap untuk mendatangi tempat gelap. Buktikan bahwa gelap tak berarti menakutkan
3. Cobalah berada di luar rumah sampai jam 9 malam. Bolehlah diisi dengan hal ringan seperti ngopi atau bercengkrama
4. Biasakan berpamitan dengan berbicara "punten" jika rasa takut melanda ketika pada tempat atau waktu tertentu
5. Meyakini bahwa hal yang gaib yang tak terlihat pasti ada di sekeliling kita. Namun prinsipnya adalah seperti pada tetangga:"masing-masing alam saja dan yang penting tidak saling mengganggu"

Demikian sementara tips yang bisa diberikan. Cara-cara lain bisa ditambahkan sesuai dengan keyakinan dan kebiasaan masing-masing. Wallahu a'lam