Blogger Jateng

Peringatan Maulid Nabi SDN pesantren Kota Cirebon

Dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw.  SDN pesantren kota cirebon mengadakan kegiatan penampilan dan ceramah keagamaan.  Selaku ketua panitia, Asep Saepulah, mengatakan bahwa kegiatan peringatan maulid nabi memang rutin dilaksanakan tiap tahun. Menurut beliau, kebiasaan baik tersebut dapat dibilang sebagai tradisi di sekolah SDN pesantren kota cirebon.

Kegiatan peringatan hari besar keagamaan yaitu maulid Nabi Muhammad Saw dilaksanakan hari kamis, 14 November 2019. Bertempat di Halaman belakang SDN pesantren tersebut dihadiri oleh seluruh siswa, dewan guru dan staff. Selain itu dihadiri pula oleh komite sekolah dan banyak orangtua / wali siswa.

Pada kesempatan lain, pak Usmana, selaku kepala sekolah, menyampaikan bahwa diharapkan dari kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai kecintaan dan peneldanan kepada rasulullah Muhammad sejak usia dini.

Kemeriahan tampak dalam penampilan-penampilan atau kreasi siswa. Dari mulai penampilan asmaul husna, doa-doa dan surat surat pendek, tari ahmad ya habibi dan barakallah, serta penampilan grup musik anak kelas enam.

Sambutan antusias menunjukkan betapa apresiasi terhadap kreasi siswa cukup tinggi. Pak wawan, selaku kurikulum mengatakan bahwa sudah saatnya antusiasme anak tersebut dipandang modal besar untuk diolah dan dikembangkan pada kegiatan-kegiatan serupa ke depan.

Bertindak sebagai penceramah ialah ust. Aceng Sunandi,S.Pd.I berasal dari SDN Sumurwuni kota Cirebon. Dalam ceramahnya, beliau menegaskan betapa pentingnya menjadikan nabi sebagai panutan dan idola untuk anak muda. Di tengah gersangnya zaman dan kekeliruan generasi milenial dalam mengambil idola, peringatan maulid nabi semoga menjadi pencerahan dan memberikan motivasi bagi anak muda untuk kembali menjadikan nabi Muhammad lebih dari sekedar icon agama, tetapi juga sebagai teladan dan idola

Berikut adalah foto-foto kegiatannya!